Mengukur jarak dengan sensor HC SR04 Arduino

Sensor ultrasonik sering digunakan untuk mengukur jarak, beberapa contoh sensor ini adalah sensor Parallax Ping))), SRF05, SRF06, SDM IO dan HC SR04. Cara kerjanya adalah menembakkan gelombang ultrasonik melalui transmitter dan kemudian pantulannya ditangkap oleh receiver.

Jarak diukur menggunakan rumus fisika S = V*t, karena sistem kerja sensor ini menembakkan gelombang ke obyek dan menunggu pantulannya maka waktu tempuhnya dua kali, sehingga untuk mengetahui jarak sebenarnya harus dibagi dua, setengah adalah waktu gelombang ditembakkan dan mengenai obyek, setengahnya adalah pantulan gelombang dari obyek yang kembali ke receiver.

HC-SR04 Mengukur jarak dengan sensor HC SR04 Arduino  wallpaperSensor ultrasonik/sonar digunakan untuk mengukur kedalaman air laut, dengan bantuan sensor ini, kita dapat mengukur kedalaman laut tanpa harus turun sampai ke dasar laut. Cukup menembakkan gelombang sonar dan menunggu pantulannya. Prinsip ini kurang lebih sama dengan yang akan dibahas pada postingan ini.

Untuk membuat pengukur jarak menggunakan HC SR04 dan Arduino, hanya dibutuhkan dua komponen tersebut ditambah dengan kabel jumper untuk koneksi HC SR04 dengan arduino. Pin Echo dihubungkan dengan pin 13 arduino, sementara pin trigger pada pin 12. VCC 5V dan Ground juga dihubungkan denganĀ board arduino.

#define trig 12
#define ech 13

void setup() {
Serial.begin (9600);
pinMode(trig, OUTPUT);
pinMode(ech, INPUT);
}

void loop() {
long waktu, jarak;
digitalWrite(trig, LOW);
delayMicroseconds(2);
digitalWrite(trig, HIGH);
delayMicroseconds(10);
digitalWrite(trig, LOW);
waktu = pulseIn(ech, HIGH);
jarak = (waktu/2) / 29.1;
if (jarak >= 2000 || jarak <= 0){
Serial.println("Out of Range");
}
else {
Serial.print(jarak);
Serial.println(" cm");
}
delay(500);
}

arduino-hc-sr04-sensor-ultrasonik Mengukur jarak dengan sensor HC SR04 Arduino  wallpaper

Dari hasil percobaan, sensor bisa mengukur dengan baik dan cukup stabil dari rentang jarak 2 cm sampai sejauh 2,3 meter, habis itu data yang terkirim terbilang lumayan, lumayan ngaco maksudnya.

BACA JUGA:   Harga Arduino murah dan jenis-jenis boardnya

 

rumus sensor jarak, Rumus sensor pir, mengukur jarak dengan sensor ultrasonik dan arduino, rumus sensor ultrasonik pada program, rangkaian hc sr 04, Pengukur jarak atau kedalaman air dgn avr atmel, mengukur jarak dengan arduino, sensor kedalaman air, perbedaan sensor ultrasonik ping dan sr04 pdf, mengukur kedalaman air dengan arduino

anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

2 tanggapan untuk “Mengukur jarak dengan sensor HC SR04 Arduino

  • Januari 29, 2017 pada 11:54 pm
    Permalink

    tolong berikan penjelasannya gan bagian code dibawah ini
    jarak = (waktu/2) / 29.1;

    Balas
    • Januari 30, 2017 pada 1:05 pm
      Permalink

      hallo mas Aron, rumus jarak = waktu/2 itu karena ada waktu sonar ditembakkan dan dipantulkan kembali ke sensor. Sementara 29.1 itu hanya kalibrasi manual mas buat mendapatkan angka yang mendekati angka real.

      Balas

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: