Menikmati Secangkir Zuppa Soup di Penghujung Senja

zuppa soup jogja

Sore itu, aku menyempatkan diri untuk datang ke Jl. Mawar, utara Instiper Jogja. Tempat yang aku tuju adalah Zefa Soup Limasan. Yang membawaku sore itu adalah secangkir Zuppa Soup yang disajikan di rumah makan bergaya Joglo limasan tersebut. Terus terang saja aku belum pernah menikmati Zuppa Soup sebelumnya. Sebenernya, menu ini tidak terlalu asing buatku, karena beberapa kali sempat menjumpainya di tempat lain. Hanya saja, aku belum pernah mencoba mencicipinya.

Tak kenal maka tak sayang, mungkin itu istilah tepat dengan perjumpaanku di Zefa Soup Limasan ini. Untuk orang yang belum pernah melihatnya, mungkin agak bingung melihatnya, namanya sup, tapi bentuknya roti, dan disajikan di sebuah cangkir. Mbingungi kan? Well, zuppa sup adalah menu yang cukup unik, menu ini adalah sup cream yang diatasnya ditutup dengan kue pastry, untuk menikmati Zuppa sup, menurut mbak Dian selaku owner Zefa Soup Limasan, cara memakannya adalah dengan menusuk bagian tengah roti, setelah roti berlubang, kita bisa mengambil soupnya dari lubang tersebut. Pastry yang jatuh ke kuah soup akan melebur dengan kuah tanpa perlu diaduk. Kue tersebut akan kita perlebar lubangnya dari tengah sampai ke tepi cangkir.

Mbak Dian juga memberikan tips, agar soup tetap kental, sebaiknya sup tidak diaduk, cukup dibiarkan karena roti pastry akan terlarut sendirinya. Ya, bahan Zuppa sup sendiri berasal dari 3/4 cream susu dan 1/4 nya adalah maizena. Ada tujuh varian rasa sup yang ditawarkan disini yakni

  • original
  • cheese
  • sausage
  • cheese sausage
  • meat ball (beef/shrimp)
  • tuna / crab meat ball
  • dan crab

Harga yang ditawarkan cukup terjangkau mulai dari 14.500 hingga 19.500 rupiah saja, selain Zuppa, di Zefa Soup Limasan juga menyajikan menu lain seperti Pasta, CHicken, Pizza, Fries, serta untuk mereka yang lebih menyukai menu lokal ada pilihan menu penyetan. Untuk minumnya sendiri aku milih es Selasih Jeruk, yang agak semu-semu asem manis.

Rasa Zuppa Soup nya gimana nih?

Aku nyobain dua menu, pertama Tuna meat Ball dan kedua Nasi Ayam Penyet, maklum lah orang jawa, tep ngaku gak makan klo belum kena nasi mulutnya. Untuk Tuna Meat Ball nya enak, soup ini tidak terlalu kentara rasa creamnya, perfect banget buat orang yang gak terlalu doyan sama susu kayak aku. Di dalam soup ada tuna, potongan ayam, roti, n klo gak salah sih, juga ada jagung manisnya. Kuahnya tetep kental karena gak diaduk, sssst mbak Dian ngasih taunya setelah supku abis, jadi cara makanku udah bener yess.

zuppa soup jogja

Menu kedua Nasi Ayam penyet, disini kita dapet potongan ayam (dada) kemudian sambel korek, lalapan dan tumis tahu kacang panjang. Ayamnya enak, sambel koreknya sebenernya enak banget tapi aku gak berani makan banyak, karena nih perut gak terlalu tahan sama pedasnya.

Ambience nya lebih terkesan njawani, karena menggunakan rumah limasan dan beberapa ornamen yang jawa sekali. Dan sepertinya memang lagi trend nya seperti ini di Jogja, konsep bangunan resto tradisional tapi menu modern. Buat kalian yang ingin mampir bisa banget ke Zefa Soup Limasan Jl. Mawar, Maguwo. Atau bisa juga ikutin maps di bawah ini

 

https://anotherorion com/menikmati-secangkir-zuppa-soup-di-penghujung-senja/, zupa soup walpaperr

6 Komentar

  1. Amy Balas

    Mbak Dian bilangnya tidak menggunakan krim karena terlalu eneg, jadi kaldu yang dikentalkan dengan maizena ditambah susu murni dan maizena. Kalo cream itu kepala susu, lain lagi.

    Maklum gak doyan susu ya, jadi dairy prioduct begini seperti sama semua.

    Pastry nya jenis puff pastry yang asin, yang manis juga ada soalnya..

    Nice post…

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.