Mudahnya Belajar Desain Grafis Secara Online

Sebagai seorang pendidik di sekolah, setiap empat tahun sekali kami harus melakukan reakreditasi sekolah. Akreditasi ini penting untuk melakukan verifikasi ulang mengenai 8 standar yang harus dimiliki sekolah. Salah satu standar tersebut adalah mengenai pendidik dan tenaga kependidikan. Setiap pendidik harus memiliki background pendidikan yang sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya, nah khusus untuk sekolah kejuruan, pendidik juga perlu memiliki sertifikat keahlian sesuai dengan bidangnya.

Aku lalu googling untuk mencari informasi mengenai kursus yang bisa memberikanku sertifikat, kenapa sih aku nyarinya googling? Pertama karena aku pengen mencari kursus yang bisa secara flexible aku ikutin, yang kedua, aku bisa mengikuti mode pembelajaran tersebut secara remote dengan memanfaatkan e-learning yang disediakan oleh lembaga kursus tersebut. Dan akupun bertemu dengan Udemy, nah apa itu Udemy?

Platform e-learning Online Global Udemy

Mudahnya Belajar Desain Grafis Secara Online 1

Udemy adalah sebuah platform e-learning yang diinisiasi sejak 2007 di Turki, kemudian dilaunching pada tahun 2010, saat ini Udemy beroperasi secara global, saat ini terdapat lebih dari 100.000 jenis kursus dengan berbagai disiplin ilmu berbeda dan disajikan dalam berbagai format bahasa. Artinya, sertifikat di Udemy dikenal dan diakui secara luas di dunia. Beberapa platform global juga menggunakan Udemy sebagai platform e-learning untuk meningkatkan kemampuan karyawan perusahaan mereka, antara lain Booking.com, Volkswagen, Adidas, Mercedes Benz, Pinterest dan Eventbrite. Wah perusahaan kelas dunia semua itu.

10 Alasan Memilih e-Learning Udemy

  1. Memiliki 100000 course
  2. Tersedia dalam beragam bahasa dunia
  3. Menggunakan pendekatan multimedia
  4. Mendukung kemampuan blended learning
  5. Duration engagement and flexible
  6. Tersedia feedback dan bisa berkonsultasi dengan tutor
  7. Dipercaya klien skala global
  8. Tersedia dalam format web, android dan iOS
  9. Tersedia e-sertifikat untuk siswa yang menyelesaikan kursus
  10. Biaya terjangkau, mudah bisa lewat Alfamart

Kemampuan blended learning adalah kemampuan sebuah e-learning untuk memberikan kontrol pada peserta kursus untuk secara mandiri menentukan kendali terhadap waktu, tempat, urutan dan kecepatan belajar. Blended learning memfasilitasi keunikan tiap peserta kursus yang memiliki karakter berbeda dengan outcome yang setara, peserta kursus memiliki kebebasan dalam mengakses materi yang diinginkan terlebih dahulu. Di Udemy, setiap peserta dapat mengikuti proses kursus sesuai dengan kemampuannya, apakah bertipe fast learner ataupun slow learner. Kita juga bisa secara fleksibel mengatur waktu. Tidak terikat dengan jam-jam tertentu atau tahapan-tahapan tertentu. Meskipun demikian untuk mengontrol pembelajaran dapat mencapai goal sesuai target waktu, maka kursus di Udemy memiliki batas waktu kursus. Yakni 1 bulan sejak diaktifkan, selama durasi waktu tersebut peserta kursus bebas mengeksplorasi konten yang ada di dalamnya. Dan sebagai seorang pendidik, hal semacam ini tentu menarik, konsep belajar di Udemy ini selaras dengan kebutuhan pendidikan yang lebih menekankan pada konsep student centered learning.

Aku tertarik untuk melihat apakah ada course yang bisa aku enroll disana, dan ternyata banyak yang berkaitan dengan dunia IT serta menggunakan bahasa Indonesia sebagai pengantar, karena salah satu mata pelajaran di sekolahku adalah desain grafis, yang diajarkan untuk siswa kelas X jurusan TKJ, so aku merasa perlu untuk membekali diriku dengan sertifikat keahlian yang berhubungan dengan desain grafis di Udemy.

Belajar Desain Grafis Online di Udemy

Mudahnya Belajar Desain Grafis Secara Online 2

Course yang aku enroll di Udemy adalah Belajar Desain Grafis Untuk Pemula yang diampu oleh Jubilee Entreprise, nama yang tidak asing buat para mahasiswa dan pekerja di bidang IT sebagai salah satu penyedia buku-buku tutorial dan best practice mengenai dunia IT. Nah sebelum memutuskan untuk mengikuti sebuah course, kita bisa melihat nih informasi apa aja terkait kursus, secara general aku bagi menjadi empat

  1. Learning Objective – Kita bisa melihat kemampuan apa saja yang ditawarkan dalam course jika kita memilihnya. Dengan melihat learning objective ini kita bisa menentukan apakah sebuah course memang cocok dengan kebutuhan belajar kita
  2. Terms – Syarat apa yang harus kita miliki untuk mengikuti course, untuk Desain Grafis Pemula ini syaratnya hanya memiliki software Corel Draw dan Adobe Photoshop serta kemampuan menggunakan mouse, mudah banget bukan?
  3. Description – memberikan informasi detail tentang kursus, latar belakang, proses pembelajaran serta outcome yang diharapkan.
  4. Suitable For – Course tersebut cocok untuk orang-orang yang bergerak di bidang apa? profesi apa dan kebutuhan apa disajikan disini

Di course yang aku enroll ini. Course terdiri dari 12 tahapan belajar dibagi menjadi empat bagian untuk lebih memudahkan peserta kursus mengikuti pembelajaran. Pembagian tahap ini juga agar peserta bisa memiliki target pencapaian sendiri terhadap materi yang diikuti. Adapun keempat bagian tersebut adalah

  1. Dasar Menggambar dengan Corel Draw
  2. Desain Lanjutan
  3. Desain Logo
  4. Desain dengan Photoshop

Mudahnya Belajar Desain Grafis Secara Online 3

Karena menganut pembelajaran blended learning, kita bisa memilih materi apa yang mau dipelajari terlebih dahulu, tidak harus urut. Trus kapan aja kita mau belajar, kapan mau berhenti untuk melakukan kerjaan di dunia nyata, kita sendiri yang mengaturnya. Di materi pertama tentang dasar menggambar terdapat dua video, di video pertama memang bener-bener dasar materinya. Meski begitu, esensi penggunaan berbagai tools Corel Draw dibahas disini.

Oke biar lebih enak biar ak jabarin disini

Aku akan menggambar kepala kerbau ya… Caranya cukup mudah hanya dengan membuat tiga buah bentuk elips menggunakan oval tools

Mudahnya Belajar Desain Grafis Secara Online 4

Dua oval di bagian atas sengaja aku tumpuk, kenapa? Karena kedua bagian ini akan aku merger dengan teknik back minus front. Yaitu bidang di bagian bawah akan dikurangi bidang bagian atas. Hasilnya adalah seperti ini.

Mudahnya Belajar Desain Grafis Secara Online 5

Selanjutnya untuk menggambar mata, kita cukup membuat dua buah lingkaran menggunakan oval tools. Pastikan kalian memencet tombol shift agar bentuk lingkarannya bulat penuh. Lingkaran bagian atas aku kasih warna hitam dan bagian bawah warna putih untuk membentuk mata. Selepas itu aku seleksi kedua lingkaran mata dan pencet CTRL+D untuk membuat duplikat mata dengan bentuk dan ukuran yang sama

Mudahnya Belajar Desain Grafis Secara Online 6

Untuk membuat mulut, kita bisa menggunakan line tool. Yup bentuknya garis aja gak masalah, karena di corel draw semua obyek vektor nantinya bisa kita rekayasa sedemikian rupa sesuai keinginan kita.

Mudahnya Belajar Desain Grafis Secara Online 7

Aku menggunakan shape tool untuk membentuk mulut dari lingkaran dengan cara mengarahkan arm angle nya seperti di bawah.

Mudahnya Belajar Desain Grafis Secara Online 8

Mudah bukan? Selanjutnya tinggal diteruskan dengan pewarnaan aja sih.

Materi kedua udah langsung membuatku terpukau karena menampilkan teknik pembuatan obyek yang menurut aku lumayan susah buat pemula. Ya sebenernya enggak susah sih, tapi membutuhkan endurance dari peserta untuk membuat ratusan obyek latar untuk mendukung desain teks. Ternyata, setelah menonton videonya, tidak sesulit yang dibayangkan, dan instruktur bisa menyampaikan materi tersebut dengan ringan, mudah diikuti, efisien dalam pengerjaan. Banyak bocoran teknik desain yang lebih efektif dan efisien yang bisa aku terapkan nantinya di kelasku sendiri.

Mudahnya Belajar Desain Grafis Secara Online 9

Oh ya jika kita sudah menyelesaikan kursus maka Udemy akan memberikan notifikasi resmi via email bahwa kita telah menyelesaikan semua tahapan kursus dan berhak memperoleh sertifikat. Kita juga bisa menyimpan e-sertifikat ini yang nantinya bisa kita gunakan sebagai bukti fisik bahwa kita telah memiliki kemampuan desain grafis untuk pemula.

belajar desain grafis online

Selanjutnya aku pengen ambil course Menggambar dengan Adobe Ilustrator dan Ilustrator Master Class, di Indonesia kebanyakan orang menggambar vektor menggunakan Corel Draw, sementara di luar negeri, kebanyakan ilustrator malah menggunakan Adobe untuk membuat gambar berbasis vektor. Jadi boleh banget nih buat referensi siswa-siswaku belajar nantinya. Siapa tahu? mereka butuh skill ini di kemudian hari.

Kita bisa mencari course lain sesuai yang kita butuhkan, mulai dari teknik, finansial, pengembangan diri, kesehatan dan masih banyak lagi. Materi yang diberikan bersifat praktis dan applicable, selain itu, adanya sertifikat resmi sebagai bukti kita telah mengikuti kursus bisa kita gunakan untuk menambah portofolio saat melamar pekerjaan. Udemy dapat kita gunakan sebagai komplemen dalam bidang pendidikan guna melengkapi hard maupun soft skill anak-anak kita agar memiliki tambahan kemampuan selain yang mereka dapatkan di pendidikan formal.

Kita juga bisa menjual keahlian kita dengan mendaftar sebagai pengajar di Udemy. Bidang coursenya luas, apapun keahlian kita, bisa kita jual di Udemy. Mantep juga ya? Siapa tahu ada yang butuh ilmu soal blogging dan bisa dijual pengetahuanku tentang blogging di Udemy hehehe

10 Comments

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.