OSI Layer 1: Physical


OSI Layer adalah sebuah protokol yang digunakan dalam dunia networking. Meski keberadaan OSI layer secara nyata masih diperdebatkan, tetapi protokol ini dapat digunakan sebagai sarana pendekatan untuk memahami bagaimana transfer data dari sebuah perangkat ke perangkat lain dapat terjadi.

OSI layer terdiri dari tujuh lapisan, yang dikenal dengan 7 lapis OSI layer. Yaitu Application (7) Presentation (6) Session (5) Transport(4) Network (3) Data Link(2) Physical(1). Lapis terbawah OSI layer adalah physical layer.

hub OSI Layer 1: Physical  wallpaperPhysical layer/ layer fisik adalah satu-satunya lapisan dalam OSI layer yang dapat di indra oleh manusia. Lapisan fisik adalah media penghantar pada komunikasi jaringan.

Jenis kabel, standar konektor, aliran listrik dan pengiriman sinyal dalam kode biner merupakan area kerja dari layer fisik. Sementara perangkat jaringan yang berjalan di layer fisik adalah Repeater dan Hub.

Pada media penghantar, semakin jauh jarak sebuah penghantar maka sinyal listrik yang melaluinya akan semakin melemah, Repeater berfungsi untuk menduplikasi/memperkuat sinyal listrik yang datang dan meneruskannya sehingga jarak yang dapat ditempuh sinyal semakin jauh. Untuk kabel penghantar berjenis UTP/STP setidaknya memerlukan bantuan sebuah repeater untuk menjangkau perangkat yang lebih dari seratus meter.

Hub merupakan salah satu central device pada jaringan bertopologi star. Fungsi hub sama seperti repeater, yaitu meneruskan sinyal yang masuk dan memperkuatnya. Yang membedakan hub dengan repeater adalah, hub merupakan repeater multiport, sehingga hub dapat meneruskan sinyal ke beberapa tujuan sekaligus.

BACA JUGA:   Jenis Protokol Komunikasi Komputer Terapan Jaringan

Kelemahan dari perangkat layer fisik adalah ketidakmampuan mereka membaca tujuan data. Ketika hub menerima pesan maka hub akan meneruskan pesan tersebut pada semua komputer yang terhubung dengannya, tanpa mempedulikan apakah komputer2 tersebut memang yang berhak menerima pesan. Metode duplikasi pesan semacam ini disebut broadcast, seperti halnya siaran televisi yang dipancarkan ke antena penerimanya, tanpa sensor dan dapat dilihat siapa saja.

Jika terlalu banyak komputer terhubung dengan hub dan lalu lintas pengiriman data cukup sibuk, maka dapat dipastikan jaringan akan mengalami kemacetan yang dikarenakan pesan broadcast yang disebarkan oleh hub. Oleh karena itu, perangkat layer 1 hanya direkomendasikan untuk jaringan lokal dengan jumlah komputer sedikit dan traffic yang longgar.


Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

2 thoughts on “OSI Layer 1: Physical

    rawins

    (September 29, 2013 - 1:19 pm)

    Pak guru jian…
    Kuise suwe suwe njlimet.
    Aja ngasi bahas integral diferensial ya, mbok ra teyeng njawab 😀

Berikan tanggapan anda