Pamrih

Manusia memiliki keinginan, sesuatu yang ia harapkan dapat tercapai. Keinginan manusia itu kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yang pertama adalah cita – cita, dan yang kedua adalah pamrih.

Cita – cita adalah keinginan manusia yang ia harapkan dapat ia capai dari dirinya sendiri. Sementara pamrih adalah keinginan manusia yang ia capai dari orang lain. Jadi manusia itu adalah makhluk berpamrih.

Pamrih? salahkah? kayaknya terlalu naif kalau aku bilang pamrih adalah sesuatu yang forbidden untuk dibahas dalam dunia manusia. Ya kita belajar karena pamrih, kita berusaha karena mengharapkan pamrih juga. Baik itu dari segi perasaan, ucapan, tindakan, baik bersifat moral maupun materi kita semua melakukannya.

siluet-cinta Pamrih  wallpaper

Bohong kalau kita bersikap baik pada orang lain karena kita tidak berharap hal yang sama. Ya kita bersikap baik karena kita berharap iapun bersikap yang sama dengan kita. Syukur seandainya ia membalasnya dengan lebih baik lagi.

Dalam hidup bersosialisasi di masyarakat, kita dihadapkan pada kenyataan akankah menjadi orang berguna atau tidak, apakah kita memberikan mereka manfaat atau sebaliknya. Disini harga martabat kita ditawarkan, jika kita berharap dihargai dalam lingkungan kita, maka kita harus berusaha melakukan hal yang membuat kita dihargai, entah dalam bentuk materi, leadership, kreativitas dan masih banyak lagi.

sand_clock1-300x289 Pamrih  wallpaperDan aku menyadari, berharap pada manusia kebanyakan akan membuat kita kecewa, maka Tuhan memang mengajarkan kita agar hanya berpamrih kepadaNya. Ya, aku hanya seorang manusia, dan aku merasakan kekecewaan itu karena aku berpamrih padanya.  Yah terkadang ikhlas itu hanya kurasakan di lidah bukan di hati, ah haruskah aku belajar tentang ilmu ikhlas? haruskah aku hanya berpamrih kepadaNya saja?

BACA JUGA:   Ceker Ayam

Entahlah, mungkin waktu akan membawakan jawabannya untukku.

gambar property dia dan dia

manusia makhluk berpamrih, pamrih adalah, siluet lelaki, wallpaper waktu, cinta siluet, gambar siluet manusia, hanya berharap kepadanya tidak akan kecewa, suka pamrih adalah, suliet cinta

anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

10 tanggapan untuk “Pamrih

  • Juli 23, 2012 pada 9:11 pm
    Permalink

    yang susah itu berbuat baik sama orang lain , tapi berharap pamri sama tuhan … maaf kalo sotoy . hehe salam kenal

    Balas
    • Juli 24, 2012 pada 3:33 am
      Permalink

      memang lebih susah dijalankan kok mas 🙂 maturnuwun sudah berbagi pandangannya

      Balas
  • Juli 23, 2012 pada 1:36 pm
    Permalink

    bener-bener tuh.
    intinya g boleh pamrih ke arah horizontal (sesama) tapi ke arah vertikal (Tuhan), gitukan?
    hehe

    Balas
    • Juli 23, 2012 pada 2:18 pm
      Permalink

      betul betul betul, tapi suer deh susah klo bener2 bisa all out cuma pamrih sama Tuhan

      Balas
    • Juli 23, 2012 pada 2:38 am
      Permalink

      😛

      Balas
  • Juli 22, 2012 pada 11:51 am
    Permalink

    Mmmm… semua hanya alloh yg bs nilai, un tingkat keikhlasan seseorang. Seperti yg gw bilang sebelumnya kita tuh bukan malaikat yg selalu berbuat baik. Tapi kita juga bukan setang yang mendadak mencintai diri sendiri ketimbang org lain*hubnya apa y?

    Intinya atu un…
    bersyukurlah dgn apa yg kt punya. Okeeeh?
    ceeeeeeeeeerssssss 😉

    Balas
    • Juli 22, 2012 pada 12:29 pm
      Permalink

      iya tul gw kan bukan setang 😛

      n_n tararenkyu ya gak sia2 gw punya adek onlen kek lu deh, bisa gw ajakin curcol

      Balas
  • Juli 22, 2012 pada 9:49 am
    Permalink

    kalau ikhlas itu terucap katanya sih gak ikhlas, jd yg tahu ikhlas atau enggak yah biara Allah ajah yg nilai, seng penting tetap berbuat baik pada siapapun sekalipun pada orang yg udah membuat kita kecewa, emang tak mudah mempraktekannya tp gak ada salahnya utk terus berbuat baik…semangat priyooo……….

    Balas
    • Juli 22, 2012 pada 11:15 am
      Permalink

      maturnuwun ras, kamu emang temen yang baik n_n

      Balas

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: