Para Ibu Jangan Pernah Mencuci Botol Bayi dengan Deterjen Sembarangan

cara mencuci botol bayi dengan aman

Produk pembersih untuk perlengkapan bayi memang lebih kompleks dibandingkan dengan produk pembersih untuk perlengkapan orang dewasa. Hal ini dikarenakan bayi memang memiliki perlengkapan yang lebih banyak sehingga masing-masing perlengkapan tersebut membutuhkan cara perawatan dan membersihkan yang berbeda-beda. Contohnya adalah pakaian bayi yang tidak boleh dicuci menggunakan mesin cuci untuk menjaga kualitas serat kainnya. Pakaian bayi umumnya dibuat dari kain yang halus dan tipis untuk menjaga kesejukan kulit bayi, pakaian tersebut akan mudah rusak jika dicuci menggunakan mesin cuci dan deterjen biasa yang bersifat panas. Untuk itu di ciptakanlah deterjen khusus baju bayi yang bukan hanya efektif mengangkat noda namun juga melembutkan serat kain dan membunuh kuman.

Namun meski sudah diformulasikan khusus untuk penggunaan pada perlengkapan bayi, deterjen khusus bayi juga tak boleh digunakan untuk mencuci kebutuhan bayi lainnya seperti botol susu dan perlengkapan makan. Deterjen mengandung sabun atau busa yang tak boleh tertelan meski dalam bentuk residu atau sisa oleh bayi. Untuk penggunaan pada botol susu yang lebih sulit dicuci dibandingkan pakaian, resiko tersebut lebih besar jika menggunakan deterjen. Karenanya, diciptakan lagi pencuci khusus botol bayi yang mengandung bahan aktif alami untuk membersihkan botol dari sisa dan noda susu serta menghilangkan bau amis.

cara mencuci botol bayi dengan aman

 Sabun botol susu bayi yang baik adalah yang berbentuk cair sehingga lebih mudah diaplikasikan untuk membersihkan botol yang memiliki dimensi unik. Sebaiknya tidak mengandung bahan pencuci kimia yang bisa membahayakan jika cara bilas tidak sempurna dan masuk ke dalam saluran cerna bayi. Kini sudah hadir Sleek Bottle Nipple Cleaner yang bisa Anda andalkan untuk membersihkan botol susu bayi dan dot dari sisa noda susu serta bau amis yang tak sedap. Anda bisa merendam botol yang sudah dipisahkan terlebih dahulu dari dotnya untuk hasil yang maksimal.

 Selain produk pembersih kebutuhan bayi di atas, masih banyak lagi produk pembersih lain seperti liquid soap hingga tissue higienis yang harus Anda miliki. semakin lengkap produk pembersih yang dimiliki dan semakin rajin Anda membersihkan perlengkapan bayi, diharapkan kesehatan si kecil akan lebih terjaga dan optimal untuk pertumbuhannya.

2 thoughts on “Para Ibu Jangan Pernah Mencuci Botol Bayi dengan Deterjen Sembarangan

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.