peran serta korindo untuk pembangunan

Partisipasi KORINDO Dalam Pembangunan Daerah Perbatasan dan Pedalaman Indonesia

Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan kebijakan mengenai pelarangan ekspor hardwood dan industri pengolahan sekunder sejak tahun 1983. Sejak saat itu pula, KORINDO bergerak mengembangkan sumber daya hutan menjadi lebih baik hingga bisa menopang ekonomi Indonesia. Pihak perusahaan sendiri sudah mengubah pengembangan industri hardwood menjadi plywood atau veneer di tahun 1979.

Profil Perusahaan KORINDO

Mungkin sebagian besar orang awam dengan nama perusahaan besar yang telah berdiri di Indonesia sejak tahun 1969 dan telah beroperasi hampir 50 tahun. Ya, perusahaan ini telah berkecimpung dalam industri kertas koran pada tahun 1984, perkebunan kayu sejak tahun 1993 dan perkebunan sawit pada tahun 1995.

Perusahaan KORINDO memiliki kebijakan terkait tanggung jawab sosial perusahaan pada pengembangan sumber daya hutan yang bisa memberikan nilai ekonomi lebih. Berbagai bisnis yang dibangun oleh perusahaan memiliki tujuan pengelolaan hutan alam dan hutan tanaman yang lestari dari aspek produksi, lingkungan dan sosial. Jadi, perusahaan menjamin tidak ada pencemaran lingkungan yang merusak alam dan kehidupan masyarakat lokal setempat.

Peran KORINDO Dalam Membangun dan Mensejahterakan Masyarakat Indonesia

Perusahaan bonafit yang berumur separuh abad ini telah berkomitmen melestarikan sumber daya alam khususnya kehutanan yang ada di Indonesia. Tak mengherankan kalau perusahaan membangun kompleks pengolahan kayu kolektif di Kalimantan Tengah pada tahun 2013 dan 2016 yang lalu. Selain itu, perusahaan mengoptimalkan semua sumber daya alam yang dimiliki Indonesia dengan wawasan lingkungan.

peran serta korindo untuk pembangunan

Bukti konkrit usaha perusahaan ini membangun ekonomi bangsa tanpa merusak alam adalah memproduksi minyak kelapa sawit sebagai komoditas penting di Indonesia. Produksi minyak kelapa sawit berada di daerah Maluku dan Papua. Selain itu, produksi perkebunan karet di Pulau Buru bakal diperluas menjadi lebih dari 27 ribu ha untuk memenuhi permintaan dari importir karet khususnya India.

Perusahaan akan membangun fasilitas-fasilitas pengolahan yang lebih memadai yang akan dikelola bersama dengan pemerintah daerah. Tentu perkembangan baik ini bisa memberikan lapangan pekerjaan lebih banyak lagi kepada masyarakat sekitar. Segala hal yang dilakukan perusahaan mulai aspek produksi hingga distribusi dijalankan tanpa mengabaikan prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

Pihak perusahaan akan mengontrol prosedur tersebut dijalankan dengan benar dan tidak merusak alam. KORINDO semaksimal mungkin akan meminimalisir efek operasional pabrik bagi lingkungan sekitar. Tim terbaik perusahaan yang didukung tenaga ahli akan selalu mengecek standar air, tidak menggunakan bahan klorin dan menggunakan air yang diijinkan pemerintah lokal.

Kini perusahaan yang selalu mengutamakan prinsip tebang pilih demi menjaga kelestarian hutan ini telah mengembangkan bisnis lebih maju. Perusahaan membangun layanan finansial yang bisa dimanfaatkan masyarakat Indonesia seiring perkembangan dunia yang modern. KORINDO grup menjalankan pasar modal dan membangun kesejahteraan Indonesia lewat layanan multi finansial.

program CSC Korindo

Layanan finansial yang lebih luas ini mencakup layanan pinjaman, anjak piutang dan pembiayaan konsumen. Selain itu, perusahaan juga menjamin stabilitas bisnis dari berbagai risiko dengan mendirikan perusahaan asuransi sejak tahun 1998. Asuransi akan membantu para klien berupa jaminan asuransi dari berbagai risiko properti, liabilitas dan bencana alam yang sering terjadi di Indonesia seperti gempa bumi, gunung meletus, banjir, tsunami dan lain-lain.

KORINDO turut serta membangun negeri lewat beragam aktivitas sosial

Tak hanya memiliki tujuan profit oriented saja, KORINDO berupaya mewujudkan kesejahteraan menyeluruh bagi seluruh masyarakat di Indonesia khususnya warga yang berada di pedalaman dan perbatasan. Selama ini, masyarakat lokal yang hidup di daerah terluar kurang mendapatkan kehidupan yang layak akibat minimnya sarana dan prasarana memadai.

Lewat kegiatan sosial yang sering diadakan, perusahaan berkeinginan mengajak seluruh masyarakat lokal memiliki pengembangan potensi diri hingga menopang perekonomian Indoenesia lebih baik lagi. Lalu, apa saja kegiatan sosial yang menjadi agenda rutin perusahaan?

Salah satu bukti nyata tekad KORINDO mewujudkan program kebijakan pemerintah pusat adalah menyediakan sebagian lahan di Papua untuk ditanami padi oleh penduduk lokal. Kebijakan ini sesuai dengan program kerja Nawa Cita Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa tertinggal.

Tujuan program ini adalah memeratakan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia sesuai dengan sila kelima Pancasila. Bantuan yang diberikan oleh perusahaan berupa 10 hektare lahan perkebunan sawit yang diubah menjadi sawah, traktor, pupuk, alat semprot dan berbagai perlengkapan pertanian. Perusahaan ingin menciptakan sentra ketahanan pangan di daerah terisolasi.

Perusahaan juga membantu masyarakat Papua belajar bercocok tanam sayuran guna memenuhi kebutuhan harian dan menambah penghasilan. Pemberian bibit sayuran dan alat bercocok tanam merupakan bukti nyata pengembangan program mensejahterakan masyarakat di titik terluar Indonesia. Perusahaan juga akan melakukan pengontrolan dan pendampingan pada masyarakat ini.

Bakti sosial perusahaan juga tak hanya mendongkrak semangat masyarakat memiliki penghasilan dan kehidupan yang layak saja. KORINDO grup turut serta membangun berbagai fasilitas penunjang yang bisa dimanfaatkan masyarakat yang tinggal di pedalaman dan perbatasan seperti akses jalan, jembatan hingga klinik kesehatan.

Salah satu bukti tekad perusahaan membangun Indonesia tertinggal menjadi lebih maju dan berkembang dengan membangun klinik Asiki di Papua. Bersama dengan KOICA, KORINDO grup membangun klinik yang bisa mendekatkan masyarakat dengan pusat kesehatan dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat. Klinik Asiki sendiri pernah meraih predikat klinik terbaik se-Papua berkat fasilitas kesehatan yang setara dengan puskesmas di kota besar.

Yayasan KORINDO Menjadi Bukti Eksistensi Membangun Negara Indonesia Lebih Maju

Yayasan KORINDO telah memberikan sumbangsih bagi kemajuan dunia pendidikan di Indonesia. Sampai saat ini, pihak yayasan telah memberikan bantuan pendidikan kepada anak-anak Indonesia untuk mendapatkan beasiswa bagi mahasiswa pendidikan S1 dan S2 untuk melanjutkan kuliah ke Korea Selatan. Program studi ke Korea Selatan merupakan tradisi perusahaan sebagai dukungan pihak swasta terhadap program pendidikan pemerintah.

Program CSC  atau Corporate Social Contribution merupakan salah satu bentuk kasih yayasan KORINDO yang peduli dengan segala masalah sosial di Indonesia. Yayasan memberikan bantuan kepada para korban bencana alam di Indonesia seperti tsunami Palu di Panti Asuhan Pondok Taruna, Cipayung, Jakarta Timur pada 20 Desember 2018. Bantuan berupa sembako dan kebutuhan lain diharapkan bisa meringankan beban para korban bencana alam.

Sejak dibangun tahun 1969, KORINDO menjadi salah satu perusahaan terbaik di Indonesia yang mampu mengembangkan pertumbuhan ekonomi mikro dan makro tanpa mengesampingkan kelestarian alam. Segala kebijakan dibuat berdasarkan peraturan pemerintah demi mendukung lingkungan yang lebih baik. Tak hanya bisa meningkatkan kelestarian lingkungan sekitar, perusahaan juga turut serta membangun perekonomian dan kehidupan daerah tertinggal.

Sudah saatnya bagi penerus bangsa optimis dan melanjutkan pembangunan ekonomi di daerah tertinggal, terdalam dan terluar dari Indonesia. Karena kalau bukan kita yang membantu saudara di pedalaman dan perbatasan, siapa lagi? 

**all images courtesy Korindonews.com**

BACA JUGA:   Sari Husada Berbagi Impian

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.