Peralatan Wajib Konten Kreator agar Kontennya Berkualitas

peralatan yang wajib dimiliki content creator

Saat ini semakin banyak orang yang ingin menjadi content creator. Profesi ini sangat menjanjikan di era digital seperti sekarang dan mendatang. Namun untuk menjadi content creator, ada alat-alat yang harus dimiliki dan harganya pun tidak bisa dibilang murah. Beruntungnya, sekarang Anda bisa memanfaatkan keuntungan kartu kredit untuk belanja online.

Kartu kredit dapat membantu Anda dalam membeli berbagai peralatan yang bisa mendukung kegiatan pembuatan konten. Menjadi konten kreator di era sekarang terbukti dapat menghasilkan banyak uang. Apalagi kalo kita kreatif dan ulet dalam menjalaninya.

Dengan peralatan dan perlengkapan yang mendukung, content creator bisa membuat konten yang berkualitas dari segi audio dan visual. Ada banyak barang yang perlu Anda beli agar semakin produktif ngonten. Anda bisa memanfaatkan keuntungan kartu kredit supaya pembelian alat bisa lebih ringan bagi pengeluaran Anda. 

Keuntungan Kartu Kredit 

Sudah banyak yang merasakan keuntungan memiliki kartu kredit. Jika Anda belum punya kartu kredit, segera miliki agar bisa memanfaatkan berbagai layanannya untuk kebutuhan transaksi keuangan. Berikut alasan pentingnya penggunaan kartu kredit. 

  • Bisa menikmati berbagai promo menarik yang disediakan pihak bank.
  • Bersifat praktis, mudah dibawa serta bisa digunakan di mana pun dan kapan pun.
  • Transaksi lebih mudah walaupun belum memiliki uang.
  • Mempermudah urusan pembayaran tagihan.
  • Dapat menggunakan dana yang lebih besar dari yang dimiliki.
  • Terhindar dari risiko kehilangan uang.

Ada beragam jenis-jenis kartu kredit. Anda bisa memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda. Itu semua demi kenyamanan dan keamanan Anda mengelola keuangan.

Apa Itu Content Creator?

Konten Kreator adalah orang yang membuat konten baik dalam bentuk video, gambar, teks, atau lagu. Konten yang dibuat ada berbagai jenis, mulai dari konten edukasi hingga konten hiburan. Konten tersebut kemudian dibagikan melalui media sosial, bisa berupa YouTube, Twitter, TikTok, Instagram, Facebook, atau blog.

Pembuat konten bisa menjadi pekerjaan full-time atau pekerjaan paruh waktu/part-time. Anda dapat bekerja di perusahaan atau agensi. Namun jika Anda tidak menyukai sistem kerja terikat dan lebih suka bekerja sendiri, Anda juga bisa menjadi konten kreator freelancer.

Jenis Konten YouTube yang Banyak Disukai

Sebelum mulai membuat konten, pasti Anda bertanya-tanya apa konten yang banyak dilihat oleh audiens. Berikut ini jenis-jenis konten YouTube yang paling disukai oleh netizen.

  • Produk Review

Konten ini berisikan review suatu produk, bisa dalam bentuk video atau teks. Biasanya orang-orang akan menonton konten ini sebagai rujukan sebelum membeli suatu barang. Misalnya konten yang mengulas produk smartphone, laptop, kosmetik, makanan, dan lain sebagainya.

  • Video Vlog

Video vlog adalah konten yang berisikan video sederhana berupa dokumentasi kehidupan sehari-hari si pembuat konten. Konten vlog bersifat autentik atau original. Pembuatannya pun tidak terpatok pada skrip naskah karena dilakukan secara spontan dan mengalir. Konten kreator vlog biasanya fokus pada satu topik, misalnya travelling, kuliner, dan sebagainya.

  • Gaming

Hingga saat ini, konten gaming tetap menjadi konten yang sangat diminati oleh penonton di YouTube. Banyaknya orang Indonesia yang suka main game memuat konten gaming banyak disukai. 

Setelah mengetahui tiga jenis konten yang paling banyak ditonton di YouTube, Anda pasti sudah punya gambaran akan membuat konten apa. Pastikan konten yang Anda buat sesuai dengan minat atau keahlian Anda. Namun Anda juga bisa membuat konten selain rekomendasi di atas. 

Peralatan yang Wajib Dimiliki Konten Kreator

peralatan wajib content creator

Konten kreator membutuhkan gear atau alat untuk memproduksi konten. Berikut sejumlah peralatan yang wajib Anda miliki sebelum membuat konten YouTube atau socmed.

  • Kamera atau Smartphone

Dari sisi perlengkapan pemula hingga pembuat konten profesional, mereka pasti memiliki kamera untuk merekam video atau mengambil gambar. Tanpa kamera DSLR pun Anda juga bisa memakai smartphone untuk mengambil video. Sekarang sudah banyak smartphone yang dilengkapi dengan kamera resolusi tinggi. 

Tentunya ada spesifikasi kamera terbaik untuk menghasilkan video. Anda dapat mencari tahu informasi kamera atau bertanya pada konten kreator yang lain. Perhatikan juga harga perangkat kamera yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak perlu menggunakan kamera yang harganya puluhan juta karena pembuat konten juga harus fokus mengoptimalkan semua fungsi hingga hasil rekaman. 

  • Microphone

Bisa diperhitungkan pembuatan konten berbentuk video membutuhkan kualitas audio lebih baik. Seperti halnya membuat konten YouTube ataupun lainnya, tentu membutuhkan suara berkualitas atau hasilnya jernih. Microphone berfungsi sebagai perekam suara untuk menghasilkan video yang berkualitas.

Percuma video Anda menyajikan visual yang bagus apabila audio yang dikeluarkan jelek. Hal ini akan mengganggu kenyamanan netizen saat menonton konten Anda. Begitu pula sebaliknya, audio bagus tapi visual buruk juga membuat konten Anda kurang berkualitas. Jadi Anda perlu memaksimalkan kedua elemen tersebut sebaik mungkin. 

  • Laptop atau PC

Laptop atau PC berfungsi untuk mengedit video yang Anda rekam. Pilihlah laptop dengan spesifikasi tinggi yang mendukung aplikasi edit video. Laptop yang disarankan, yakni memiliki spesifikasi RAM minimal 8GB, kemudian ROM lebih besar bisa memakai jenis SSD di atas 500 GB. Perangkat PC komputer juga wajib memenuhi spesifikasi berkapasitas RAM mencapai 12GB.

Untuk menghasilkan konten video yang berkualitas, seorang konten kreator harus memiliki alat yang bagus juga. Alat-alat bagus umumnya dijual dengan harga tinggi. Untuk membantu memenuhi tujuan pembelian tersebut, Anda bisa menggunakan kartu kredit. 

Kartu Kredit PermataShoppingCard

Kartu kredit memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin membeli berbagai peralatan pendukung konten kreator. PermataShoppingCard bisa menjadi pilihan kartu kredit terbaik untuk memenuhi kebutuhan belanja Anda. Kartu kedit dari PermataBank ini bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui mobile banking PermataMobile X yang bisa Anda unduh di Play Store dan App Store. 

Dengan PermataShoppingCard, Anda bisa membeli berbagai peralatan penunjang kegiatan konten kreator. Kartu kredit ini menyediakan program cashback dan diskon di merchant ternama sehingga bisa menghemat keuangan Anda ketika belanja.  

PermataShoppingCard menawarkan banyak keuntungan bagi penggunanya yang bisa membuat keuangan lebih hemat. Berbagai keuntungan yang akan Anda nikmati, di antaranya cashback hingga Rp200.000 untuk belanja online, cicilan 0% hingga 12 bulan, diskon di merchant online ternama, bebas iuran satu tahun pertama, fitur contactless card, dan sebagainya.

Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai syarat dan ketentuan, cara menggunakan, termasuk keuntungan kartu kredit ini dengan mengunjungi laman berikut: https://www.permatabank.com/id/kartu-kredit-retail/permatashopping-card

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.