Perbedaan Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan Anak

Mungkin banyak orang yang tidak menyadari perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan anak saat mereka memutuskan untuk mempersiapkan dana pendidikan bagi putra putri mereka. Meskipun memiliki tujuan yang sama yaitu mempersiapkan dana pendidikan di masa depan namun ternyata kedua hal tersebut berbeda.

Sebelum kita masuk ke perbedaan asuransi dan tabungan pendidikan, baiknya kita mengetahui dulu pengertian dari setiap instrumen finansial ini

Pengertian Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan anak adalah produk asuransi yang digunakan untuk melindungi biaya pendidikan anak di masa depan, produk ini merupakan jenis gabungan asuransi dan investasi. Pada umumnya asuransi pendidikan merupakan jenis asuransi unit link.

Karena merupakan produk asuransi, tentunya ada kelebihan asuransi pendidikan, yakni adanya asuransi jiwa jika pemegang polis meninggal dunia, maka anak yang menjadi tanggungagn akan mendapatkan uang pertanggungan dan dana pendidikan sesuai dengan isi perjanjian polis yang sudah disepakati.

Pengertian Tabungan Pendidikan Anak

Tabungan pendidikan anak adalah jenis tabungan berjangka yang dikeluarkan oleh pihak perbankan, karena dikeluarkan oleh bank, maka tabungan pendidikan ini dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan. Tabungan pendidikan juga kerap disebut sebagai tabungan rencana.

Perbedaan Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan Anak

perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan anak

Setelah kita mengetahui pengertian dari setiap produk tersebut, maka kita bandingkan apa saja perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan anak.

Kepastian Bunga

Tabungan pendidikan memiliki tingkat return yang fixed sesuai dengan kesepakatan antara nasabah dan bank, bunga yang umum ada di tabungan pendidikan adalah 3% – 6%. Dengan demikian, kepastian akan peningkatan nilai uang bisa kita temukan pada tabungan pendidikan.

Asuransi pendidikan, merupakan produk investasi, sehingga return yang dihasilkan sangat bergantung pada kinerja dan resiko instrumen investasi yang dipilih, meskipun secara hitungan teoritis bunga yang dihasilkan bisa mencapai 15% – 23%. Jangan lupa, karena ini adalah produk asuransi, maka besarnya return pada asuransi pendidikan tidak sebesar instrumen investasi murni.

Faktor Resiko

Baik asuransi pendidikan maupun tabungan pendidikan sama-sama memiliki keunggulan terhadap resiko, namun dengan sudut pandang berbeda. Alasan orang memilih asuransi pendidikan adalah untuk mengurangi resiko saat orang tua meninggal dunia sebelum masa pertanggungan berakhir. Asuransi pendidikan juga biasanya ditambahkan asuransi kesehatan selain asuransi jiwa.

BACA JUGA:   Mengenal TKB90 dan TKW90 dalam P2P Lending

Oleh karena itu, dengan memilih asuransi pendidikan, anak tetap akan mendapat manfaat yang diharapkan meski orang tua meninggal sebelum masa asuransi berakhir

Tabungan pendidikan juga memiliki keunggulan terhadap resiko, dimana kinerja asuransi pendidikan yang tidak baik dapat berpengaruh pada return yang tidak stabil. Tabungan pendidikan umumnya juga dibarengi dengan manfaat asuransi, yakni asuransi jiwa.

Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Dana tabungan pendidikan murni dikembangkan untuk pendidikan anak, dana tersebut dialokasikan dan dikembangkan bank dalam bentuk investasi. Sementara dalam asuransi pendidikan, umumnya tahun-tahun awal premi yang disetorkan digunakan untuk mengcover biaya asuransinya, baru setelah tahun ke 5-6 digunakan untuk pengembangan dana.

Oleh karenanya, tabungan pendidikan cocok untuk persiapan biaya pendidikan anak jangka pendek dalam waktu kurang dari 5 tahun, sedangkan asuransi pendidikan lebih difokuskan untuk mengembangkan dana panjang dalam jangka panjang di atas 10 tahun.

Kesimpulan

Pendidikan anak merupakan hal terpenting dari tujuan memilih salah satu instrumen keuangan di atas, baik asuransi pendidikan maupun tabungan pendidikan anak sama-sama digunakan untuk mendukung keberlangsungan pendidikan anak kita di masa yang akan datang. Nah setelah membaca artikel ini, sudahkah memilih untuk menggunakan asuransi pendidikan atau tabungan pendidikan anak?

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.