Perbedaan memory primer dan memory sekunder

Memory primer, atau primary memory adalah memori pada komputer yang merujuk pada RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory) sebagian besar alokasinya adalah pada RAM. Disebut memori primer karena jenis memory ini diakses secara langsung dan pertama kali oleh processor saat menjalankan sebuah perintah. Tipe memory ini kemudian disebut juga sebagai main memory.

Memory primer, terbuat dari bahan semikonduktor dan terhubung dengan processor lewat slot pada motherboard, sifatnya adalah volatile (untuk jenis RAM) yang artinya data yang ada di dalamnya akan hilang saat arus listrik mati. Memory primer dibutuhkan untuk pengalokasian memory pemrosesan data secara cepat, sehingga yang ditekankan adalah kapasitas process dan kecepatannya bukan keamanan penyimpanan datanya. 

memori RAMMemory sekunder tidak dapat langsung diakses oleh CPU, untuk mengakses data yang berada di dalamnya, maka data di memory sekunder dipindahkan ke memory primer, kemudian dibaca dan dieksekusi oleh processor. Memory sekunder adalah tempat berdiamnya data2 kita. Hardisk, flashdisk, CDR dan DVD adalah contoh memory sekunder.

BACA JUGA:   USB Konverter Hardisk external - internal

Seperti halnya memory primer yang memiliki fungsi sendiri, memory sekunder berfungsi sebagai media penyimpanan data karena sifatnya yang non volatile atau tidak terpengaruh oleh ada tidaknya sumber listrik. Kecepatan memory sekunder lebih lambat daripada memory primer, karena tidak berorientasi pada penyelesaian task process.

Selain kedua jenis memory tersebut masih ada memory ketiga yaitu cache memory, cache memory berada dalam die processor, ditanamkan dalam processornya dan memiliki kecepatan setara processornya. Cache memory berfungsi untuk menjadi buffer antara main memory / memori primer dengan CPU, sebagai buffer, cache memory menahan data/aplikasi yang sering diakses oleh CPU, sehingga CPU tidak selalu harus mengakses memory utama di RAM, semakin besar dan banyak cache memory, kecepatan akses processor itu juga semakin bagus.

perbedaan memori sekunder dan primer, perbedaan memori primer dan sekunder, memori primer dan sekunder, pengertian primary memory, memori primer, perbedaan memori sekunder dan memori primer, primary memory adalah, contoh memori primer, memori sekunder dan primer, perbedaan primary memory dan secondary memory

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.