Ini Dia Pro Kontra Belajar Online

Era globalisasi saat ini membuat perbedaan besar pada berbagai sistem. Salah satunya adalah sistem  pendidikan. Sistem pendidikan tradisional yang dilakukan di dalam kelas kini telah banyak berubah menjadi sistem pembelajaran jarak jauh atau biasa disebut juga sebagai belajar online.

Hal ini terjadi karena modernisasi dan teknologi yang digunakan untuk mendukung sistem pembelajaran diera pandemi saat ini. Menurut berbagai pakar, belajar dengan kelas online (online class) dapat membantu mengurangi kecepatan penularan penyakit dibandingkan belajar di dalam ruang kelas nyata.

Namun jika diurai lebih lanjut, sistem belajar online juga memiliki berbagai tanggapan  negatif dari berbagai pihak. Hal ini terlihat dari adanya pro kontra belajar online yang terjadi di masyarakat.

Faktor penyebab pro kontra belajar online

Terjadinya pro kontra belajar online ini disebabkan oleh perbedaan akses teknologi dikalangan masyarakat. Sesuai namanya, belajar online ini membutuhkan internet dan perangkat gawai untuk dapat dilakukan.

Pada tingkatan ekonomi menengah atas  keatas, belajar online menjadi sangat mudah dilakukan karena kemudahan mengakses fasilitas belajar online. Sedangkan bagi masyarakat kalangan menengah bawah kebawah, tentu saja fasilitas ini akan sulit diperoleh karena keadaan ekonomi yang serba pas-pasan bahkan kurang pas.

kesibukan orang tua pro kontra belajar online

Dampak kekurangan fasilitas dan akses teknologi ini berpengaruh juga pada kesiapan sekolah dalam melakukan kegiatan belajar online. Pada sekolah swasta yang menjadi sasaran masyarakat ekonomi menengah atas dapat secara cepat menyesuaikan sistem pengajaran dengan mengupgrade kemampuan tenaga pengajarnya.

Peningkatan kemampuan yang dimaksud berupa kemampuan untuk menggunakan berbagai aplikasi dan fitur internet pendukung sistem belajar online. Sedangkan bagi tenaga pengajar kalangan menengah ke bawah, peningkatan kemampuan ini menjadi tidak merata karena kurangnya fasilitas.

Kelebihan Belajar Online

Pro kontra belajar online ini terjadi pada berbagai kalangan. Siswa, orang tua siswa bahkan pada tenaga pengajarnya. Untuk mengetahui pro kontra belajar online ini maka perlu diketahui kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan belajar online antara lain:

1. Mengurangi penyebaran penyakit saat pandemi

Adanya kasus pandemi yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat diperlukan pembatasan aktivitas sosial untuk mengurangi penyebaran penyakit. Aktivitas belajar online menjadi solusi tepat untuk tetap menyelenggarakan aktivitas belajar mengajar tanpa harus bertatap muka secara langsung. Penggunaan berbagai platform kelas online (online class) juga dapat mengoptimalkan proses pembelajaran.

2. Meningkatkan kemampuan teknologi

Pro kontra belajar online

Peningkatan kemampuan teknologi terjadi karena keadaan yang memaksa untuk dapat mengoperasikannya. Berbagai kalangan akan semakin akrab dengan teknologi sehingga mengurangi kondisi gagap teknologi di era yang semakin berkembang ini. Hal ini juga akan berlaku bagi para dewasa yang biasanya enggan menggunakan teknologi karena tidak butuh.

3. Efektifitas ruang dan waktu

Beberapa pihak menyebutkan bahwa belajar online sangat praktis untuk dilakukan. Kegiatan belajar online dapat memangkas waktu perjalanan dan tenaga yang dikeluarkan saat perjalanan. Sehingga tingkat konsentrasi lebih meningkat saat mengikuti pelajaran.

Selain itu, belajar online dapat dilakukan dimanapun karena tidak terikat ruang di dunia nyata. Kegiatan belajar online dapat dilakukan dimanapun selama ada jaringan internet.

4. Metode efektif pada gaya belajar visual dan auditori

Bagi siswa yang memiliki gaya belajar auditori (pendengaran), visual (pandangan) maupun gabungan antara auditori dan visual akan merasa cocok dengan gaya belajar seperti ini.

Kekurangan Belajar Online

Pemaparan kelebihan yang membuat alasan masyarakat pro terhadap sistem belajar online telah dibahas. Selanjutnya merupakan kekurangan yang membuat masyarakat kontra terhadap sistem belajar online. Kekurangan tersebut antara lain:

1. Membutuhkan Internet

Fasilitas internet tidak selalu stabil di berbagai daerah. Pada daerah tertentu bahkan tidak tersedia jaringan internet. Kendala yang terjadi karena internet ini antara lain tidak tersubmitnya tugas yang dikerjakan, pertemuan di online class yang terputus hingga tidak adanya biaya yang dikeluarkan untuk membeli paket internet pada waktu tertentu. Tidak adanya biaya ini biasa terjadi pada masyarakat ekonomi rendah, sehingga terpaksa tidak mengikuti ataupun menyelenggarakan kegiatan pembelajaran online.

2. Membutuhkan gadget atau gawai

Gadget tentu menjadi salah satu hal yang mutlak dibutuhkan saat melakukan belajar online. Tidak ada gadget berupa ponsel, tablet ataupun komputer maka kegiatan pembelajaran tidak dapat dilakukan. Hal ini menjadi salah satu penyulit bagi masyarakat ekonomi rendah yang ingin melakukan kegiatan belajar online.

3. Tingginya tingkat distraksi

Distraksi atau proses pengalihan perhatian yang terjadi pada kegiatan belajar online terjadi karena penggunaan gawai yang tidak semestinya. Banyak pelajar yang lebih banyak menggunakan gawai untuk bermain game, sosial media, menonton dan mengobrol karena dianggap lebih menarik daripada belajar.

pro kontra belajar online dan offline pandemi

Penggunaan yang tidak dibatasi juga membuat penggunaan gawai semakin tidak terkontrol hingga melupakan waktu pembelajarannya. Hal ini selanjutnya juga akan mempengaruhi berkurangnya tingkat konsentrasi, pemahaman dan interaksi saat pembelajaran.

4. Gaya belajar kinestetik

Pelajar dengan gaya belajar kinestetik alias suka bergerak tidak akan mampu belajar secara online. Salah satu contoh yang sering ditemui selama pandemi adalah kegiatan belajar online pada siswa TK dan PAUD yang dirasa sangat tidak efektif. 

Itulah berbagai pro kontra dari belajar online yang terjadi di masyarakat saat ini. Namun dibalik pro kontra yang ada, kedua pendapat itu sama-sama menginginkan pendidikan yang terbaik bagi pelajar. Oleh karena itu, penyelenggaraan belajar online juga perlu dilakukan sesuai keadaan yang ada sehingga akan berdampak positif bagi pengajar dan pelajar.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.