Pada dua belas bulan pertama kehidupan bayi dimulai adalah masa tumbuh kembang bayi yang sangat baik. Ketika masa–masa tersebut bayi akan tumbuh sesuai dengan Anda sebagai orang tua yang merawatnya dan mendidiknya. Mulai dari berjalan, berbicara, dan kegiatan lainnya.

Tentu bagi pasangan yang baru saja dikaruniai buah hati masih bingung dalam mengetahui perawatan serta perkembangan dari bayi. Berikut terdapat informasi mengenai perawatan dan juga perkembangan bayi usia 1 bulan :

Pertumbuhan bayi 1 bulan

Ketika bayi Anda kehilangan sebagian berat badannya pada hari–hari awal kelahirannya, Anda tidak perlu khawatir. Karena bayi dilahirkan dengan cairan tubuh yang berlebih. Jadi berat badan akan turun sekitar 10% sebelum menjadi lebih stabil dan nantinya akan berangsur–angsur naik.

Perkembangan bayi yang baru lahir memang sangat cepat. Dalam waktu 2 minggu, berat badan bayi akan kembali ke berat badannya yang semula ketika lahir dan akan naik terus dengan cepat selama bulan pertama ini.

Pada waktu–waktu ini memberikan ASI eksklusif dengan cara yang baik dan benar tentu menjadi hal penting yang harus ibu lakukan.

SmileBaby-Apr07-istock Sekilas Tentang Tumbuh Kembang Bayi Usia 1 Bulan  wallpaper

Perkembangan kemampuan motorik bayi usia 1 bulan

Gerak refleks bawaan lahir pada bayi diantaranya:

  • Menghisap, sesaat setelah lahir, bayi akan mencari dan juga melekat pada payudara atau dot untuk makan
  • Refleks moro yaitu ketika bayi terkejut, ia akan tersentak dengan merentangkan kedua tangannya dan membuka genggaman tangan (apalagi jika bayi sedang tidak memegang sesuatu).
  • Mengeluarkan makanan, refleks untuk mengeluarkan makanan dari kerongkongan untuk menghindarkan bayi dari tersedak
  • Genggaman yang kuat, Anda bisa menaruh jari ke dalam telapak tangan bayi dan rasakan bagaimana bayi mencengkeram
  • Naluri untuk melangkah, jika kaki bayi Anda letakkan pada permukaan yang solid sambil menopang tubuh, maka akan terlihat bayi melangkah

Walaupun bayi masih berusia 1 bulan tetapi sudah bisa memutar kepala ketika ia berada dalam posisi tengkurap, tetapi leher mereka belum cukup kuat untuk menopang kepala saat berada di posisi tegak. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu menopang kepala dengan tangan ketika mengangkat bayi.

Perkembangan indera penglihatan bayi usia 1 bulan

Saat beberapa hari pertama, mata bayi lebih sering tertutup tetapi juga dengan segera akan mulai lebih sering terbuka. Bayi yang baru lahir hanya dapat melihat jelas dengan jarak dekat sekitar 25 cm. Ini artinya bayi bisa melihat wajah Anda ketika menyusui, bahkan bayi lebih suka melihat wajah Anda daripada objek lainnya. Karena pada dasarnya bayi lebih tertarik melihat wajah manusia.

Bayi juga lebih suka dengan objek yang memiliki bentuk bulat dengan gelap dan terang yang kontras. Selain itu juga yang memiliki garis luar yang tajam, karena akan lebih mudah dilihat oleh bayi.

Mata bayi akan terlihat juling ketika ia mencoba untuk fokus pada suatu objek. Ini adalah hal yang wajar dan normal karena syaraf pengontol mata bayi belum berkembang dengan sepenuhnya.

Tetapi, jika hal tersebut masih berlanjut hingga usia 3 sampai 4 bulan, maka segera konsultasikan dengan dokter. Karena mungkin bisa menjadi tanda mata juling dan harus segera ditangani dengan segera.

Itu dia beberapa tanda–tanda tumbuh kembang bayi usia 1 bulan. Selain itu, Anda sebagai orang tua juga harus menjaga kebersihan dan kesehatan bayi dengan cara memandikannya dengan rutin. Nah, produk perawatan bayi yang sangat pas bagi bayi adalah Zwitsal. Dengan produk tersebut, bayi Anda akan lebih terjaga kesehatannya.

News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.