berikut artikel dg Tag: heritage

Berikut adalah artikel yang kami siapkan untuk anda, jika anda mendapatkan manfaat dari artikel tersebut mohon sekiranya mau membagikannya ke rekan-rekan anda di sosial media.

Jika anda membutuhkan artikel lain yang menarik anda, kami sangat menghargainya jika anda menyampaikannya pada kami di alamat [email protected]

Buku: Kitab Yang Omong Kosong

Tolong sampaikan agar cerita ini tidak usah dibaca karena membuang waktu, pikiran dan tenaga Sungguh hanya suatu omong kosong belaka. Mohon maaf sekali lagi untuk permintaan tolong ini Maaf Beribu-ribu kali mohon maaf Kata kitab biasanya digunakan untuk merujuk sebuah buku yang sarat dengan makna dan ilmu. Tetapi bagi Seno Gumira Ajidarma a.k.a Togog, kitab yang ditulisnya hanyalah sebuah kumpulan omong kosong. Dan ya, kitab ini memang berjudul Kitab Omong Kosong, dan pada bagian sampul belakang kitabnya terdapat peringatan yang ditulis Togog sendiri agar para calon pembaca mengurungkan niatnya, tadinya kupikir ini hanyalah sebuah trik yang merangsang minat para pembacanya untuk penasaran,...

Hari Baik

Buat orang Indonesia, untuk melaksanakan prosesi pernikahan tentu banyak hal yang perlu dipersiapkan, seperti menyiapkan undangan unik, sewa gedung, catering, baju pernikahan, menentukan hari baik dan lain sebagainya. Khusus orang jawa pasti ngerti banget maksudnya “hari baik”. Hari Baik adalah hari yang menurut perhitungan karakter, weton memberikan hasil maksimal. Perhitungan hari baik biasanya didasarkan pada perhitungan weton kitab Primbon. Untuk orang jawa yang akan menikah, biasanya keluarga besar kedua belah pihak akan berdiskusi untuk menetapkan hari baik, kurang biasa rasanya meski tidak semuanya jika dalam penentuan hari pernikahan tidak didahului dengan musyawarah untuk menentukan hari baik agar pernikahan calon pengantin nantinya mendapatkan kemudahan dalam prosesi ijab kabul hingga mengarungi bahtera rumah tangganya....

Menjual persepsi

Hari kamis kemaren ada acara sekolah main ke gua pindul, sebenernya dari awal ada rencana ini aku sudah ketar ketir mengingat akhir2 ini gua pindul sedang rawan konflik terkait sengketa pengelolaan wisata yang simpang siur. Wajar dong kalo ada kekhawatiran bakalan terjebak dalam konflik kek di tipi2 gitu kan berabe, meski begitu sampai acara selesai tidak terlihat adanya konflik, di sana memang terdapat beberapa kelompok pengelola wisata, tapi kupikir mereka baik2 saja dan tetap akrab antar kelompok pengelola....

Hijab Street Style Fighter, Dian Pelangi

Palestina boleh berbangga hati punya Bashaer Othman si walikota termuda dan tercantik di dunia. Dan Indonesia pun tak kalah punya gadis muda sekaliber Bashaer Othman, tentunya ia bukanlah seorang walikota melainkan seorang desainer dan model ternama yang bernama Dian Pelangi. Pertama ngelihat cara berpakaian gadis kelahiran Palembang 14 Januari 1991 ini sudah mencuri perhatianku, bolehlah fenomena jilbabers a.k.a hijabers di Indonesia emang sedang naik daun, dari style punuk onta sampai style kerudung pashmina. Tapi lebih dari itu, Dian Pelangi gak cuma sekedar nampilin jilbabnya doang. Its more than a hijab style...

Ilat Jowo

Tentunya pernah denger pitnahan untuk orang Sunda, klo orang Sunda itu gak bisa ngomong F dan V, dan terbukti itu Pitenah!! nah setali tiga karung dengan sodaranya dibelahan dunia jawa sebelah barat, begitu pula sodara mereka yang berada di belahan dunia jawa sebelah tengah ke timur. Bokap gw aja kagak bisa manggil nama Zaenal dengan bener pasti manggilnya Yaenal, Zaki jadi Yaki, ya getho dweh, Yaman emang udah berubah!...

Ganteng kek Arjuna?

Ganteng kek arjuna??? Trus gw harus bilang WOW geto??? lurus aja mas nyemplung ke laut aje. Dari jaman dulu dicekokin cerita wayang tentang sosok cowok ganteng keturunan Batara Indra bernama Arjuna a.k.a Janaka a.k.a Permadi a.k.a dsb dsb saking okehe jenenge. Arjuna, sosok penengah Pandawa dalam lakon Mahabarata digambarkan sebagai sosok makhluk Tuhan paling seksi versi lelaki, punya sikap lemah lembut, penyayang, patuh pada orang tua dan ksatria. Ya setidaknya begitulah gambaran sosok Arjuna dalam kehidupan perwayangan kita....

Wohing Pakarti

Mungkin sedikit orang menyadari bahwa di berbagai belahan dunia ada banyak cerita rakyat yang mirip satu sama lain, sementara berdasar sejarah belum ditemukan hubungan masing2 cerita rakyat yang mirip tersebut,misal kisah Cinderela dan Bawang Merah Bawang Putih, Jaka Tarub, Legenda Danau Toba cerita rakyat korea (Bau dan Unbyol) dengan salah satu cerita rakyat jepang bedanya jaka tarub nyuri selendang, pada legenda danau toba, istrinya seekor duyung, sementara si orang jepang nyuri sayap bidadari *kebetulan lupa judulnya – eh itu sih kesialan kali* Entah apakah cerita itu bersumber dari akar yang sama atau tidak tetapi dalam cerita itu selalu ada hikmah untuk para pendengar/pembacanya. Seperti Cinderela dan Bawang Putih hidup di bawah kekejaman ibu tiri akhirnya menikah dengan seorang pangeran, sementara......

Mitos dalam Idiom Budaya Jawa

Budaya Jawa sering diidentikan dengan berbagai mitos, baik itu tentang keberadaan Nyi Roro Kidul, penguasa laut selatan, maupun mitos2 tentang makhluk penunggu tiap benda keramat, pusaka dan lain sebagainya. Tradisi dan kebiasaan dilakukan secara turun temurun terkadang hanya merupakan sebuah keharusan, sudah dilakukan sejak lama dan generasi saat ini merasa takut jika budaya itu terputus kelak menjadi pertanggunganjawabnya pada generasi sebelumnya. Jamak kita dengar kisah tentang Babad, Babad Mataram, Babad Tanah Jawa dan lain sebagainya, Babad bukanlah sebuah sejarah, tetapi Babad menggambarkan suasana sejarah yang disyairkan, disastrakan sehingga harus kita telaah kembali agar terlepas dari unsur majas2 di dalamnya....

Local Wisdom

Indonesia itu gudangnya local wisdom, percaya gak percaya, kenyataannya emang demikian adanya, trus kemudian ada pertanyaan kenapa banyak sekali kearifan lokal kita yang hilang dimakan jaman? Jawabannya mungkin karena jaman itu rakus, gak cuma makan usia manusia tapi juga kebudayaannya, atau memang manusianya yang enggan menjalankan kearifan lokal hanya karena merasa sudah keturunan ke delapan maka ogah2an menjalankan tradisi yang ada, kuno, gak modis, gak apdet, gak level....

Korea Magazine

Dari sekian puluh judul majalah gratis yang pernah aku dapatkan selama ini, belum ada satupun yang menurutku menyamai keunikan Korea Magazine, majalah yang diterbitkan oleh pemerintah korea secara cuma2 ke seluruh dunia. Tersedia dalam bentuk siap kirim ke rumah kita dan juga bisa langsung di download di website resmi mereka. Apa sih isinya?...