berikut artikel dg Tag: refleksi diri

Menikmati Angin

Ada beberapa hal di dunia ini yang hanya akan dapat kita nikmati jika kita membiarkannya begitu saja, angin yang berhembus sepoi-sepoi, air yang mengalir di sungai, kita tidak bisa menangkap angin, dan tidak juga bisa menangkap air dengan tangan kita. Tapi kita sepakat, dengan kecerdasan manusia, kita bisa mengendalikan mereka untuk hal-hal yang sangat berguna untuk kehidupan kita. Tapi ini bukanlah tentang penggunaan tools untuk memberdayakan kedua unsur alam itu, ini adalah tentang bagaimana kita bisa bersikap bijak, tidak perlu menahan sesuatu yang memang tidak kita perlukan. Let it flow....

Mengawal Digital Native dalam Era Keterbukaan Informasi

Digital native adalah sebutan untuk mereka yang sedari kecil telah berkenalan dengan dunia digital, baik pada saat mulai belajar calistung atau bahkan sebelum mereka mengenal abjad. Anak-anak kita merupakan generasi digital native, sejak mereka lahir sudah bersentuhan secara langsung dengan teknologi digital, mulai dari handphone, komputer, laptop, tablet, kamera dan aneka perangkat digital lainnya. Sementara itu, masyarakat yang berusia 25 tahun ke atas umumnya disebut digital migrant, masyarakat yang mengalami masa peralihan dari masa pra digital menjadi masyarakat melek digital. Perbedaan ini membuat orang-orang tua pada umumnya agak kesulitan untuk mengikuti perkembangan trend teknologi informasi, berbeda dengan generasi digital native yang memang sudah terbiasa beradaptasi dengan teknologi dan update-update terbaru. Akan tetapi, meskipun demikian bukan berarti digital native secara otomatis mampu......

Intolerance

Menurut Primbon Betal Jemur AdamLevigne, kata toleransi berasal dari bahasa latin yakni tolerare, yang artinya menahan diri, dan membiarkan. Dalam penggunaan ilmu sosial toleransi digunakan sebagai sebuah lingua franca untuk menyebut tindakan mau menghormati perbedaan yang dimiliki oleh orang lain. Aku sendiri sayangnya adalah orang eksak, meskipun ilmu eksak dianggap sebagai ilmu pasti, akan tetapi, selama aku mempelajari ilmu eksak, satu-satunya kepastian dalam dunia eksak adalah ketidakpastian. Dalam disiplin ilmu yang aku tekuni aku juga belajar tentang apa itu toleransi. Toleransi dalam bahasa listrik adalah sebuah nilai yang menggambarkan kemampuan resistor (hambatan) untuk memberikan output sesuai yang diharapkan. Toleransi umumnya digambarkan dalam satuan persen....

Blogger Aja Napa?

Agak gimana sih ya waktu baca postingan tentang blogger fomo lah, yang langitan lah, remahan rengginang lah, kucluk lah, goodiebaglah, apalah apalah. Jujur aku engga ada interest interestnya buat mengelompokkan seorang blogger bakalan masuk dalam jajaran blogger apalah apalah dan blogger lain aku masukkan dalam sekte blogger tertentu. Sejauh ini aku cuma ngerti klo orang yang suka nulis di blog itu namanya blogger, mau nulis curhatan kek, maki-maki kek, nyindir, mau bikin yang berguna n informatif macam tips, tutorial dan lain sebagainya buatku mah sama aja sebutannya blogger doang titik. ...

Jogja Semrawut versi Dek Khusnul

Kemarin salah seorang kawan menshare caption beberapa status seorang gadis bernick name Khusnul Tuban Jatim yang memperolok Kota Jogja setelah dia merasa kecewa dengan pengalaman berliburnya di Kota Jogja. Sebenarnya bicara masalah kecewa dengan pengalaman berlibur, bagian sebagian besar traveler pasti punya. Jadi kenapa hanya status dek khusnul saja yang bermasalah? Yang Diserang Jogja Bro! Aku pribadi, tidak bisa dibilang pribumi Jogja, Aku lahir dan dibesarkan di Cilacap, baru menempati Jogja di awal millenium, meski ayahku orang Gunung Kidul...

Undian Berhadiah in My Opinion

Kita tentu sering mendengar banyak sekali perusahaan besar menyelenggarakan undian berhadiah, apalagi klo yang menyelenggarakan adalah Bank skala nasional, maka hadiahnya tidak tanggung-tanggung, mobil berharga hampir satu milyaran lah yang akan menjadi hadiah utamanya. Sungguh menggiurkan bukan? Hampir setiap bank selalu punya agenda rutin untuk melakukan undian berhadiah, baik bulanan, triwulan, semester atau tahunan. Selain bank, aneka perusahaan lain juga sering mengadakan undian untuk menarik minat dan meningkatkan loyalitas usernya. Lalu gimana pendapatku tentang Undian berhadiah ini? Yah siapa gw pake harus ditanya opininya. Aku bukan pejabat, seleb blog apalagi orang yang berkompeten dalam urusan peruntungan manusia. Tapi aku berpendapat sebagai pribadiku saja dan pendapat ini berlaku untuk diriku sendiri, masalah ada yang setuju atau menyanggah mah monggo-monggo saja, tidak......

Hidup Sederhana

Besok aku bakal nikah sama orang yang mau aku ajak hidup sederhana…. Oke, kamu bisa aja ngajak istrimu hidup susah, makan seadanya, tapi apa kamu mau ngajak anakmu susah? makan nasi campur garam, bikin anakmu sakit tiap pulang sekolah kehujanan? Itu adalah percakapanku dengan ibu sambungku sekitar 10-12 tahun yang lalu. Waktu itu di usia SMA-awal kuliah, pemikiranku hanyalah bagaimana mendapatkan istri yang mau diajak hidup susah, enggak matre, tidak suka berdandan glamour dan berfoya-foya. Ya maklum saja, SMAku dulu termasuk dalam jajaran sekolah elite di kota Jogja. Dimana sebagian besar latar belakang siswanya adalah orang berada yang sudah terbiasa dengan aneka perayaan dan pesta yang menurutku gak terlalu penting dan pemborosan....

Mendefinisikan Sukses

Salah satu mata pelajaran muatan lokal yang ada di sekolahku adalah desain grafis, selama mengampu mapel ini aku selalu berusaha membuat anak menciptakan sesuatu yang nyata bisa dilihat, diraba dan ditrawang. Misalnya minta mereka membuat desain kemudian dijadikan produk jadi dalam bentuk pin, sticker, mug atau kaos, harapanku mereka nantinya bisa memonetize ilmu itu dengan menjual hasil karya mereka ke temen2 mereka seperti jaman teman-temanku dulu di SMA. Eh, tapi kebanyakan anak masih menganggap hal semacam itu hanyalah tugas yang harus diselesaikan untuk memunculkan nilai mata pelajaran di akhir semester, udah. Belum banyak yang tergerak untuk mengamalkan ilmunya di lingkungan luar atau minimal sekolah. Hanya ada dua anak yang mau mengamalkannya di dunia nyata....

Menimbang rasa kemanusiaan

Manusia menggunakan logika untuk bisa berpikir, diberi akal dan hati untuk bisa membandingkan mana yang baik dan mana yang buruk, memberikan penilaian pada suatu hal / tindakan, untuk kemudian memutuskan mana jalan yang akan ia ambil. Akan tetapi sering kali manusia terkotak-kotakkan sendiri oleh persepsi yang mereka bangun sendiri, sehingga terkadang ada banyak hal yang tidak pas justru sengaja dibiarkan. Misalnya kemanusiaan....

Merenungi kualitas puasa kita

Sebentar lagi, bulan Qamariyah akan segera berganti dan kita akan menyambut kedatangan bulan yang suci, Ramadhan. Bulan yang penuh rahmat dan ampunan bagi setiap umat muslim di seluruh penjuru dunia. Bulan dimana setan-setan dibelenggu dan pintu-pintu surga dibuka selebar-lebarnya. Diriwayatkan oleh Bukhari, 1761 dan Muslim, 1946 dalam hadits keutamaan puasa dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu berkata, Rasulullah sallallahu’alai wa sallam bersabda, “Allah berfirman, ‘Semua amal anak Adam untuknya kecuali puasa. Ia untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya.”...