Tentukan Pilihan Sebelum Beli Domain TLD

Domain TLD atau Top Level Domain adalah sistem penamaan domain yang hanya menggunakan satu dot (titik) dalam penamaannya. Top Level Domain sendiri sangat penting untuk memperkuat posisi branding sebuah perusahaan atau produk agar dapat lebih dikenal oleh masyarakat. Penggunaan TLD memiliki keuntungan psikologis terhadap tingkat kepercayaan dan trustworthy, tidak hanya kepada calon pelanggan, tetapi juga memberikan brand prestise kepada pemilik brand.

Brand Authority Dengan Top Level Domain

Anda boleh percaya atau tidak percaya dengan tulisan barusan, tapi mari kita simak data berikut, dan tentukan anda lebih menyukai yang mana

  1. Traveloka.com vs traveloka.wordpress.com
  2. Tokopedia.com vs tokopedia.blogspot.com
  3. Gojek.com vs gojek.weebly.com
  4. Bukalapak.com vs bukalapak.tumblr.com

Anda tentu akan lebih mempercayai domain TLD dibanding subdomain yang masih menggunakan layanan gratis seperti wordpress.com atau blogspot.com. Subdomain bisa dibuat siapa saja dan sifatnya gratis, tidak memerlukan registrasi lebih lanjut selain sebuah akun email, yang juga bisa dibuat secara gratis oleh siapa saja. Tidak mengherankan jika pada akhirnya, kita sering mendapat sms menang undian dan diminta mengakses tautan di sms misal menuju link tahapanbca2019.blogspot.com. Untuk masyarakat dengan literasi digital baik, tentu tidak akan mau membuka tautan semacam itu bukan? Karena link tersebut tidak menunjukkan brand authority salah satu bank swasta di Indonesia

Ada banyak sekali pilihan TLD yang bisa kita pilih, tapi sebelum memutuskan beli domain, pastikan dulu tips berikut

Tips Memilih Nama Domain

Buat Mudah Diketik dan Diingat

Hal terpenting dalam memilih domain adalah mudah diketik, dan mudah diingat. Domain yang mudah diingat saja, tidak cukup. Gunakan kata yang memiliki cara pengucapan jelas dan tegas. Hindari penggunaan kata yang memiliki varian huruf berbeda namun dilafalkan sama misal

  • express, ekspres, xpress, expres
  • bussiness, busines, bussynes
  • counter, conter, konter
  • khaerany, khaerrany, khaerani, chaeranni

Bandingkan dengan nama domain seperti tiket.com, detik.com, bukalapak.com, kumparan.com domain tersebut mudah diingat, mudah pula diketik, orang tidak akan salah mengetik nama domain kita. Memilih domain yang clear juga memudahkan kita untuk membangun diferensiasi terhadap merk lain.

BACA JUGA:   Fenomena mas dian

Tetap Singkat

Membuat nama domain dengan nama jualanproduksusualamipalingoke.com mungkin emang bagus, tapi siapa yang akan mengingat nama domain sepanjang itu? Lebih baik gunakan domain seperti susualami.com sususapiku.com dan lain sebagainya. Sistem penamaan domain (domain name system) memungkinkan pemberian nama domain sepanjang 64 karakter. Tetapi dalam praktiknya, rentang jumlah karakter dalam sebuah domain yang mudah diingat adalah 3-12 karakter. Semakin sedikit karakter yang dipakai semakin baik.

Semakin singkat nama domain, semakin memudahkan pelanggan untuk mengingat nama domain kita. Dan itu akan memberikan kita keuntungan saat mereka ingin melihat lagi produk yang kita tawarkan di website.

Gunakan Kata Kunci

Saat kita melintasi jalan raya saat akan bekerja, mungkin kita akan menemukan papan-papan nama dengan nama Tata Motor, Joni Kunci, Potong Rambut Wicak, Ratna Salon dan seterusnya. Mereka menggunakan gabungan nama owner ditambah layanan jasa yang mereka tawarkan. Tentu kita tidak perlu menggunakan nama pribadi jika ingin membuat brand website yang sifatnya lebih global, tapi tetap menggunakan kata kunci terkait jasa/produk yang kita tawarkan akan membantu kita memudahkan calon pembeli untuk mengasosiasikan layanan yang kita miliki dengan kebutuhan mereka.

Yuk coba dicek lagi penggunaan nama domain berikut dan apa yang kalian pikirkan mengenai layanannya

  1. Hallodokter.com
  2. Obatherbal.com
  3. Traveljogja.com
  4. Malioborokost.com

Dari keempat nama domain tersebut kita sudah mendapat gambaran layanan apa yang ditawarkan oleh setiap domain. Pastikan jika user akan lebih mudah mengasosiasikan layanan kita berdasar nama domain, pilih nama domain yang sesuai dengan layanan yang kita tawarkan ke mereka.

Hindari Penggunaan Nomor dan Tanda Sambung

Sebaiknya kita tidak menggunakan karakter nomor dalam website kita. Jika memang nama brand kita mengandung nomor, sebut saja nomor tersebut agar lebih mudah ditulis dan diingat.

  1. Satujam.com
  2. Duakelinci.com

Orang akan lebih mudah mengingat dibanding menggunakan domain 1jam.com dan 2kelinci.com. Selain itu hindari penggunaan tanda sambung, buka-lapak.com, atau air_asia.com. Penggunaan hypens (karakter sambung) justru akan mempersulit proses penulisan domain oleh user.

Beli domain dengan ekstensi TLD terpercaya

tips-beli-domain-untuk-bisnis

Ada banyak sekali jenis top level domain yang bisa kita gunakan untuk memberikan nama website. Beberapa yang terkenal antara lain adalah

  1. .com
  2. .net
  3. .co
  4. .id
  5. .biz
  6. .org
BACA JUGA:   Ini Dia Cara Jualan di Tokopedia

Untuk keperluan branding, aku menyarankan gunakan salah satu dari empat domain teratas. Mengapa demikian? .com, .net sudah banyak digunakan oleh orang. Keduanya merupakan dua tld terpopuler di dunia. Orang lebih mudah mengingat dotcom dan dotnet. Sementara jika kita segmen bisnis kita hanya menyasar market Indonesia, lebih disarankan menggunakan ekstensi .id yang memang diperuntukkan secara geografis untuk market Indonesia dan layanan berbahasa Indonesia. Kenapa tidak menyarankan menggunakan domain .uk .de atau .us? Jika memang target market bisnis atau layanan kita memang ada di negara-negara tersebut, ya mengapa tidak? Tapi jika menggunakan domain UK sementara usernya orang Indonesia sepertinya enggak pas, dan ini juga hanya akan membuat preferensi indexing website kita oleh Google malah rancu.

Jika mau yang lebih baik, gunakan nama domain yang memang sesuai dengan bidang kita. Domain ini masuk kelompok dalam domain new gTLD. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah

  1. .travel
  2. .agency
  3. .accountant
  4. .band
  5. dan masih banyak lagi

Standar new gTLD memungkinkan penamaan domain sesuai dengan line up bisnis utama kita. Berita bagusnya, karena domain jenis ini terbilang baru dan masih belum banyak dipakai, sebagian harga domain-domain ini lebih murah. Jadi kenapa enggak beli domain new gTLD aja? Hindari menggunakan domain yang lebih personal atau bahkan dengan ekstensi aneh. Jangan gunakan domain seperti .xyz atau gratisan seperti .co.cc karena tidak terlihat serius dalam mengelola brand dan kurang profesional

Sebenarnya, kita bisa mendapatkan domain murah di berbagai situs penyedia domain, misalnya di Qwords.com. di Qwords.com kita disediakan 500 lebih ekstensi domain yang bisa kamu pilih, lebih tepatnya ada 639 jenis domain yang bisa kamu pilih untuk bisnis kamu.

Tentukan Pilihan Sebelum Beli Domain TLD 1

Enaknya di Qwords.com, sudah tersedia berbagai ekstensi berdasar kategori yang akan membantu kamu menjatuhkan pilihan domain untuk website kamu. Kamu bisa pilih juga lho domain-domain apa saja yang lagi promo, jadi bisa sambil saving budget banget kan? Yuk klo udah tentuin pilihanmu tinggal cuz aja ke Qwords.com buat amanin domain pilihan kamu.

 

4 Comments

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.