Tips Menulis Artikel SEO yang Mudah

Teknik SEO dapat membantu artikel masuk ke halaman pertama dari hasil pencarian Google. Sayangnya tidak semua orang mengetahui bagaimana tips menulis artikel SEO yang mudah dan benar.

Setiap pemilik blog dan website pasti menginginkan artikel yang dipublikasikan masuk ke dalam peringkat teratas hasil pencarian Google. Sebab, artikel yang masuk ke halaman pertama Google berpotensi lebih besar mendapatkan audiens yang banyak.

Bagi Anda yang sedang mengembangkan blog dan website, penting untuk mengetahui tips menulis artikel SEO yang benar. Dengan begitu artikel serta informasi yang ada di dalamnya dapat dijangkau oleh banyak pengguna internet.

Seberapa Penting Artikel SEO Dibuat?

Kenapa Anda harus mau optimasi website dengan artikel SEO? Sebab SEO dapat mendongkrak popularitas website beserta konten yang ada di dalamnya.

Bagi Anda yang memiliki bisnis online dan mengandalkan penjualan melalui website, maka peran artikel SEO menjadi sangat penting. Artikel yang menempati urutan teratas dari hasil pencarian Google tentunya akan lebih banyak dikunjungi oleh pengguna internet.

Terlebih, jika informasi dalam artikel tersebut banyak dicari oleh audiens. Untuk membuat artikel SEO yang baik, ada beberapa tips menulis artikel SEO yang perlu Anda ketahui. Namun, Anda juga bisa mengandalkan jasa penulis artikel SEO jika memiliki budget yang cukup.

Tips Menulis Artikel SEO

Sebagai seorang pebisnis online dan pengelola website anda perlu mengetahui tips menulis artikel SEO yang baik dan benar. Dengan begitu artikel yang dipublikasikan bisa dengan mudah ditemukan dan direkomendasikan oleh Google.

tips_menulis_artikel_SEO

Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat artikel SEO yang baik:

1. Tentukan dan Pahami Karakteristik Pembaca

Pertama-tama anda perlu menargetkan karakteristik pembaca. Apakah artikel yang akan dibuat diperuntukan kepada pembaca yang merupakan pria, wanita, atau keduanya. Kemudian berapa umur dan karakteristik pembaca.

Menentukan target pembaca akan memudahkan anda dalam menulis artikel. Jadi, setiap informasi yang disampaikan harus merujuk pada apa yang diinginkan oleh target pembaca.

Artikel yang relevan dengan karakteristik pembaca juga semakin mudah untuk masuk ke halaman pencarian Google. Maka, tentukanlah target pembaca yang Anda inginkan dari sekarang.

2. Masukan Keyword di Setiap Artikel SEO

Salah satu hal yang membedakan artikel SEO dengan artikel biasa yaitu terdapat keyword. Peletakan keyword di dalam artikel akan memudahkan mesin pencari seperti Google dalam menemukan artikel tersebut.

Lalu, bagaimana cara menentukan keyword? Anda bisa menggunakan platform seperti Keyword Tool dan Ubersuggest untuk meriset keyword yang paling cocok untuk artikel Anda.

Anda cukup memasukan topik artikel yang akan ditulis. Kemudian, lihat beberapa keyword yang direkomendasikan. Menulis dengan menggunakan keyword dapat membuat artikel SEO menjangkau lebih banyak pembaca.

3. Buat Judul yang Menarik

Tips menulis artikel SEO berikutnya yaitu membuat judul yang menarik. Anda bisa membuat judul clickbait untuk menarik perhatian pembaca yang sedang mencari artikel di Google.

Pada dasarnya, judul sangat menentukan kualitas artikel SEO karena hal pertama yang dilihat pembaca sebelum membuka artikel yaitu melihat judulnya terlebih dahulu.

Anda harus membuat judul yang merepresentasikan keseluruhan isi artikel. Selain itu, Anda coba harus memuat judul yang dapat membuat para pembaca penasaran dengan isi artikel tersebut..

4. Tambahkan Subheading dalam Artikel

Artikel SEO yang baik adalah artikel yang mudah dipahami oleh pembaca. Oleh karena itu, Anda perlu menambahkan subheading dalam setiap artikel yang ditulis. Pembaca akan kesulitan memahami isi artikel tanpa adanya subheading.

Untuk membuat subheading Anda bisa memecah topik artikel menjadi beberapa bagian. Buatlah subheading seperti chapter atau bab yang sering ditemukan di buku. Jadi, pembaca dapat mengetahui poin-poin yang disampaikan dalam artikel tersebut.

Pembaca yang menghabiskan waktu lama berada di website Anda akan mendorong artikel yang dibacanya masuk ke dalam peringkat teratas  dari hasil pencarian Google. Terlebih, jika mereka membaca artikel SEO sampai selesai.

5. Tulis Artikel dengan Kalimat yang Jelas dan Mudah Dipahami

Menulis artikel SEO bukan hanya soal menempatkan artikel ke halaman pertama Google, tetapi juga menulis dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca. Pembaca yang menikmati gaya bahasa dalam suatu artikel pasti akan membacanya sampai habis.

Tak hanya itu, besar juga kemungkinannya bagi pembaca untuk kembali mengunjungi website yang isi artikelnya mudah dipahami. Semakin sering membaca mengunjungi halaman website, maka semakin besar peluang halaman tersebut direkomendasikan oleh Google.

Lalu, bagaimana membuat artikel yang mudah dipahami pembaca? Selain membagi pembahasan artikel ke dalam beberapa subheading, Anda juga bisa menggunakan kalimat yang singkat dan tidak bertele-tele.

  1. Gunakan LSI

Selain keyword, Anda juga perlu memasukkan LSI untuk membantu mendongkrak posisi artikel ke peringkat teratas di halaman Google. LSI adalah Latent Semantic Index yang bisa ditemukan dari rekomendasi Google.

Anda hanya perlu mengetikan keyword pada kolom pencarian Google, kemudian lihat kalimat atau kata apa saja yang direkomendasikan. Frasa yang direkomendasikan oleh Google itulah yang dinamakan LSI.

7. Gunakan Backlink

Tips menulis artikel SEO yang berikutnya yaitu menggunakan backlink dalam setiap artikel yang diposting. Backlink adalah URL yang menghubungkan suatu halaman website dengan halaman lainnya.

Anda bisa membangun backlink yang berkaitan dengan artikel lainnya di website Anda. Tujuannya yaitu untuk mendorong pembaca membuka link atau halaman berbeda supaya trafiknya meningkat.

Meskipun demikian anda perlu berhati-hati ketika menautkan URL. Jangan terlalu banyak memasang link karena akan menyulitkan pembaca dalam memahami konten dalam suatu artikel.

7. Tulis dengan Teknik Piramida Terbalik

Berbeda dengan artikel pada umumnya yang ada di buku, artikel SEO harus menggunakan teknik piramida terbalik agar pembaca tidak cepat bosan ketika membaca. Piramida terbalik adalah teknik penulisan yang menyebutkan informasi penting di awal artikel.

Sesuai dengan bentuk piramida terbalik, Anda harus menaruh informasi paling penting di beberapa paragraf awal. Semakin ke bawah, urgensi dari informasi yang disampaikan semakin tidak penting.

Pembaca artikel digital dikenal dengan karakter yang tidak suka informasi bertele-tele sehingga Anda harus menyampaikan informasi penting di awal artikel. Dengan begitu, kemungkinan besar pembaca akan tertarik membaca artikel sampai akhir.

  1. Sisipkan Konten Visual

tips menulis artikel SEO friendly

Konten visual seperti gambar dan video sebaiknya disisipkan di dalam artikel. Anda bisa mencari gambar dan video yang relevan dengan artikel. Dengan melihat konten visual, pembaca tidak akan cepat bosan ketika mengunjungi halaman website.

Selain itu konten visual juga lebih mudah di cerna dan dipahami oleh pembaca. Hal ini dikarenakan para pengguna internet lebih suka melihat konten yang divisualisasikan daripada membaca artikel dalam waktu lama.

Butuh Jasa Penulis Terpercaya? Hubungi SIPWriter Aja!

Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk menulis dan mengoptimasi SEO, Anda bisa mempercayakan hal tersebut kepada SIPWriter. SIPWriter merupakan jasa penulis artikel SEO terpercaya yang sudah melayani ratusan klien dengan hasil memuaskan.

Setelah mengetahui tips menulis artikel SEO yang benar Anda bisa mengkoreksi sendiri bagaimana kualitas artikel yang dibuat SIPWriter. SIPWriter juga menyediakan layanan jasa artikel bulanan untuk Anda yang ingin memposting artikel secara berkala.

 

Referensi:

  • https://sipwriter.com/menulis-artikel-seo-gampang-step/
  • https://developers.google.com/search/docs/beginner/do-i-need-seo?hl=id
  • https://www.kompasiana.com/nabilahnanda/5f8988c69dc0296ebb5fa692/struktur-penulisan-berita-piramida-terbalik
  • https://glints.com/id/lowongan/lsi-keyword-adalah/

 

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.