Yuk Beli Gadget Idaman Pakai Uang THR!

Time flies so fast! Sebelum ini bulan Ramadhan menjadi topik harian yang menarik untuk diperbincangkan. Kini, bahkan Hari Raya Idul Fitri juga sudah tertunaikan dan kita siap untuk kembali beraktivitas seperti sediakala. Meski lebaran telah berlalu, namun suasana Idul Fitri masih sangat terasa. Apalagi momen lebaran selalu beriringan dengan THR.

Bicara tentang THR, THR ini memang sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Idul Fitri. Masih sangat ingat, dulu saat kecil yang kita tunggu-tunggu ketika berlebaran adalah THR. Rutinitas menghitung uang THR benar-benar menjadi bagian dari masa kecil yang paling dirindukan saat sudah dewasa seperti ini.

Kalau dulu, uang THR biasanya ditabung atau digunakan untuk beli mainan. Tapi sekarang, uang THR sepertinya akan langsung dipakai untuk beli gadget baru.

Beli gadget idaman pakai uang THR

Umumnya harga gadget bisa dibilang mahal. Apalagi jika di momen lebaran seperti ini. Jadi, supaya saldo rekening kita tetap aman, tidak ada salahnya jika memanfaatkan uang THR tahun ini untuk beli gadget baru.

Belum lagi jika nominal uang THR tersebut cukup untuk meng-cover harga gadget yang dibeli. Alhamdulillah banget kan! Lebih dari itu sekarang kita bisa dengan mudah cari tahu harga gadget yang akan dibeli. Selama ada perangkat dan jaringan internet yang memadai, harga kamera  bisa dengan cepat kita ketahui sehingga bisa disesuaikan dengan budget yang ada.

Ngomong-ngomong soal kamera, pastinya kita juga tidak boleh sembarang memilih kamera. Apalagi banyak sekali jenis kamera yang ada di pasaran. Jangan sampai kita mendapatkan kamera yang minus karena tidak selektif dalam memilihnya. Sekalipun akan membelinya dengan uang THR, sayang sekali kalau kita tidak mendapatkan kamera yang berkualitas.

Nah, agar tidak salah saat membeli kamera. Ada baiknya kita menyimak beberapa pertimbangan penting saat membeli kamera berikut ini.

Apa tujuan beli kamera?

gadget idaman harga kamera canon eos m10

Kira-kira apa sih tujuan kita beli kamera? Sekedar keinginan atau memang kebutuhan?

Ini penting untuk diperhatikan, sebab ketika kita membeli kamera hanya karena “ingin” biasanya kita hanya akan melihat tampilan luar kamera tersebut. Jadi tidak peduli bagaimana kualitasnya. Lain halnya jika kita membeli kamera karena kebutuhan. Tentu kita akan memilih kamera yang fiturnya sesuai dengan kebutuhan. Untuk pemula bisa memilih jenis kamera prosumer, untuk mereka yang ingin hasil fotonya terlihat lebih detail bisa menggunakan kamera mirrorless maupun DSLR

Cek fiturnya

Setiap jenis kamera memiliki fitur masing-masing. Hal ini sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya apabila ingin memiliki kamera yang nantinya hasil fotonya akan dicetak ke dalam ukuran besar, kita disarankan memilih kamera dengan resolusi tinggi.

Tingkat resolusi ini sangat berpengaruh dengan hasil cetakan. Jadi jangan lupa tanyakan resolusinya ya! Namun jika kamera ini nantinya hanya dipakai untuk berfoto ala-ala atau untuk diposting di sosial media, tidak ada salahnya kita memilih kamera dengan resolusi standar.

Ukuran kamera

Membeli kamera juga perlu memperhatikan nilai praktisnya. Apalagi kamera DSLR ini ukurannya terbilang besar bila dibandingkan dengan kamera digital biasa. Ada kamera yang memerlukan lensa kit, ada yang tidak. Meski begitu, jika ingin yang praktis, kita bisa memilih kamera yang bobotnya ringan sehingga lebih mudah dibawa-bawa. 

Harga kamera

Tak ketinggalan, harga juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan saat berencana membeli kamera. Harga kamera sangatlah bervariasi. Harga ini juga dibarengi dengan fitur dan kualitas yang bervarisi. Jadi, cek kembali berapa saldo tabungan kita ya.

Namun jika ingin yang lebih terjangkau dan tidak perlu merogoh saldo tabungan. Kita bisa membeli kamera dengan uang THR. Salah satu merk yang banyak digunakan adalah kamera Canon. Kita bisa mengecek harga kamera Canon sekaligus mempelajari spesifikasinya yang bisa kita jadikan acuan dalam memilih jenis kamera yang dibeli.

Nah, jika lebaran-lebaran sebelumnya uang THR kita gunakan untuk beli sesuatu yang kurang bermanfaat. Tidak ada salahnya jika lebaran kali ini uang THR kita manfaatkan untuk beli gadget impian. Terlebih kamera ini nantinya bisa digunakan dalam jangka panjang. Jadi, tidak akan sia-sia deh mengorbankan uang THR untuk beli gadget idaman.

https://anotherorion com/yuk-beli-gadget-idaman-pakai-uang-thr/
News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.