Facebook Account Verification (Fake)

Hari ini dapet notification di FB dari temen yang isinya minta facebook account verification (urgent), klo dari pengirimnya jelas temen baik tapi ngeliat apa yang dikirimkan dalam notification itu jelas warning sinyal kuning.

Isi notifnya adalah seperti ini:

Warming : Announcement from Facebook Verification Team:
All Profiles must be verified before 15th June 2012 to avoid Scams under SOPA and PIPA Act.
The unverified accounts will be terminated. Verify your Account by steps below.

Kenapa aku bilang sinyal kuning, karena jelas2 mencurigakan

1. Dari isi alasan warningnya; karena masalah SOPA dan PIPA, setahuku SOPA dan PIPA telah mendapat tentangan dari website2 besar di dunia, wikipedia, wordpress, multiply bahkan Fb menentang undang2 ini, jutaan pengguna internet turut dalam petisi online menolak disahkannya RUU tersebut, sehingga membuat SOPA dan PIPA batal disahkan.

2. SOPA dan PIPA andai telah disahkan hanya mengatur masalah hak cipta, tentunya hak cipta tidak memerlukan password karena password setiap orang diluar hal2 yang menyangkut hak cipta. Foto2 kita tentu tidak melanggar hak cipta.

3. Tulisan peringatannya adalah WARMING bukan WARNING, apaan tuh maksudnya? pemanasan? salah ketik yang fatal klo ditujukan untuk pengguna.

4. Ada kata (URGENT) dalam pemberitahuan tersebut, sungguh tidak profesional ketika perusahaan seperti FB menanggapi isu SOPA – PIPA yang kecil kemungkinan berdampak pada pengguna biasa tapi menyertakan kata URGENT sehingga terlihat FB seperti abegeh alay yang mendadak galau mendengar sebuah isu konyol. Penggunaan kata2 seperti itu hanya akan membuat para usernya lebih kelabakan, jelas bukan sikap yang baik dari sebuah perusahaan.

5. Penggunaan Apps untuk notificationnya, selama ini apps hanya digunakan para partner FB, atau penggunanya yang ingin membuat aplikasi di FB, bukan dari pihak FB sendiri, jika pemberitahuan ini berasal dari pihak FB maka mereka akan menggunakan cara2 biasa seperti membuat bar untuk memilih pindah ke tampilan kronologi, tampilan menambahkan nomor ponsel dan lain sebagainya, tidak menggunakan Apps!!

6. Dengan kita menyetujui penggunaan Apps maka secara tidak langsung kita mengijinkan pembuat aplikasi mengakses data pribadi kita, tentu kita sering dimintai konfirmasi oleh FB apakah kita akan memperbolehkan partner FB tersebut mengakses data kita, ketika kita ingin menggunakan sebuah aplikasi. Lha ini lebih parah kita disuruh melakukan verifikasi akun, berarti privasi kita bakalan lebih terlanggar dari itu karena mereka bisa sewaktu2 mengambil alih akun kita.

6. mereka mengatakan to avoid scam, justru yang saya takutkan dengan kita mengikuti permintaan verifikasi akun kita akan digunakan untuk aktivitas scam.

7. Penggunaan page counter dibagian bawah peringatan, ngapain FB menggunakan page counter, lha mereka pasti punya statistik internal untuk menghitung jumlah pengunjung pada sebuah halaman tanpa perlu melibatkan counter external semacam itu, satu2nya penjelasan penggunaan page counter ini adalah agar memberikan gambaran bagi pelaku mengetahui jumlah korbannya.

Jadi kesimpulannya abaikan notification tersebut, jika ada pemberitahuan yang kesannya menghebohkan, bersifat urgent tetap waspada jangan2 ini hanya tipu muslihat, toh kita sudah terbiasa membiarkan mama kehabisan pulsa dan papa ditahan di kantor polisi lha yang lebih gak jelas kok masih tetep diladeni

7 thoughts on “Facebook Account Verification (Fake)

  1. Ini plugin fbnya pake bahasa apa mas pri? Spanyol apa italia?

    Kalau saya mana pernah ngurusin beginian.
    Buka fb nya saja hanya sekedar update status+ konfirmasi pertemanan saja (jk ada dan pilih2 pula)

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.