Mengenal Jenis SD Card

Secure Digital Card atau lebih dikenal sebagai SD Card adalah salah satu jenis flash memory yang kecil dan digunakan secara luas dewasa ini. Pada tahun 1999 tiga perusahaan hardware Jepang (Sandisk, Matshusita dan Toshiba) yang tergabung dalam SD Association sepakat untuk mengembangkan proyek Multimedia Card/ MMC sebagai jawaban atas diluncurkannya Memory Stick milik Sony.

Keping pertama SD card dijual bebas pada awal tahun 2000 dengan besar 32 Megabytes dan 64 megabytes. Pada tahun 2003 Sandisk merilis versi microSD card (sebelumnya dikenal dengan nama transFlash) yang kemudian dipakai sebagai memory eksternal hampir semua merk smartphone saat ini.

SD Card berdasarkan ukuran

jenis SD cardSampai saat ini ada 3 jenis ukuran SD card yang beredar

  • SD Card memiliki dimensi 33 mm x 24 mm merupakan jenis ukuran SD card standar yang juga digunakan dalam SDHC, SDXC dan MMC. Berbentuk segi empat dengan salah satu sudut miring 45 derajat
  • miniSD berdimensi 21.5 mm x 20 mm pemangkasan ukuran juga menambahkan lekukan untuk menghindari pemasangan terbalik
  • microSD berdimensi 11 mm x 15 mm merupakan jenis SD card terkecil, dikhususkan untuk memory eksternal perangkat bergerak seperti ponsel dan tablet.
BACA JUGA:   Buku: Aneka Tools Penyelamat Data Komputer

Untuk kompatibilitas antar ukuran, saat ini banyak tersedia microSD dan miniSD adapter.

SD Card berdasarkan kecepatan transfer data

SD Card diklasifikasikan berdasarkan kecepatan transfer datanya. Terdapat dua segmen yaitu Ultra High Speed (UHS) dan Speed Class. Semakin tinggi class nya maka kecepatan datanya semakin cepat dan semakin mahal harganya. Sampai saat ini class tercepat untuk SD card adalah Class 10 yang memiliki transfer data minimum sebesar 10 Mbps. UHS Class digunakan pada SDHC dan SDXC. Adapun jenis class untuk SD adalah sebagai berikut:

  • Class 0 merupakan SD card yang tidak memiliki batas minimum transfer kecepatan. Tidak ada spesifikasi resmi kecepatan per detiknya. Class 0 merupakan SD card yang pertama kali dirilis.
  • Class 2 memiliki kecepatan data sebesar 2 MBps, paling rendah untuk jenis SDHC
  • Class 4 transfer minimumnya 4 MBps paling banyak dipasarkan untuk keperluan memori eksternal telepon seluler
  • Class 6 kecepatan minimalnya 6 MBps
  • Class 10 kecepatan minimum 10 MBps sering digunakan untuk media penyimpanan sistem operasi pada komputer mini seukuran kartu kredit; Raspberry Pi
  • UHS Speed Class I segmen ultra high speed pertama memiliki kecepatan 50 MBps-104 MBps
  • UHS Speed Class II berkecepatan 156 MBps pada mode full duplex dan 312 MBps pada mode half duplex
BACA JUGA:   Google Sorry

SD Card berdasarkan kapasitas

Pada body SD card selain tertulis class nya juga sering ditandai dengan simbol seperti SD, SDHC dan SDXC yang menandakan kapasitasnya.

  • SD Card berkapasitas antara 32 Mb – 2 Gb menggunakan format FAT
  • SDHC atau Secure Digital High Capacity berkapasitas antara 2Gb – 32 Gb menggunakan format penulisan FAT32 (Standar untuk partisi hardisk logical Windows)
  • SDXC Secure Digital Extended Card memiliki ruang penyimpanan up to 2 Tb menggunakan standar penyimpanan Microsoft extFAT digunakan untuk kamera digital dan video recording beresolusi tinggi.

Semoga artikel ini bisa membantu pembaca mengenal jenis-jenis SD card dan bisa memilih jenis SD card sesuai kebutuhannya.

 

 

jenis sd card, micro SD yang memiliki kecepatan sebesar 312 Mbps terdapat pada jenis, mengenal jenis jenis sd card, High speed berdasarkan ukuran, Micro sd yang memiliki kecepatan sebesar 312/mbps terdapat pada jenis, mengenal micro sd toshiba, kartu sd merk orion, kartu memori orion, jnis-2 micro SD Card berdasarkan class, jenis sd card fat

6 Comments

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.