4 Strategi Pemasaran Mendasar, Anda Wajib Paham!

Di setiap bisnis yang dijalankan, produk yang dipasarkan, dan nilai yang coba disebarluaskan, terdapat strategi pemasaran yang jadi cetak biru semua upaya yang dilakukan. Strategi seperti ini jadi hal fundamental dalam berbisnis dan memasarkan suatu produk, karena tanpanya bisnis dan produk yang Anda miliki tak akan memiliki arah yang jelas dalam melakukan upaya pemasaran.

Pertanyaan besarnya selalu sama, apa strategi yang paling efektif dan efisien dalam memasarkan sebuah produk?

Strategi pemasaran yang efektif dan efisien selalu memiliki jawaban yang sama, yakni strategi yang sesuai dengan kondisi pasar, produk yang dimiliki, serta tren terkini. Ketika ketiga hal ini bisa ditemukan polanya, maka idealnya tak sulit menentukan strategi terbaik.

Secara umum, berikut beberapa strategi pemasaran yang bisa Anda gunakan dan aplikasikan ke bisnis yang Anda miliki.

Tentukan ‘Tempat’ yang Tepat untuk Berjualan

Tempat berjualan kini tak terbatas pada toko atau lokasi fisik, namun juga platform digital yang bisa dimanfaatkan. Mulai dari marketplace hingga media sosial, semua memiliki segmen, iklim, ekosistem, dan nuansa yang unik, sehingga sebenarnya ini justru memudahkan pebisnis dalam memilih platform untuk berjualan.

strategi pemasaran

Tempat berjualan ini harus ditentukan berdasarkan target pasar yang dimiliki, segmen publik, serta nilai-nilai yang ada pada produk atau bisnis. Mungkin marketplace akan jadi tempat yang tepat untuk memasarkan produk berupa barang, namun untuk layanan, rasanya media sosial akan menjadi tempat yang lebih tepat.

Analisa mendalam diperlukan untuk menentukan tempat ini. Sebenarnya tujuan pemilihan tempat ini sederhana, untuk memfokuskan upaya pemasaran yang dilakukan, dengan mempertimbangkan sumber daya yang digunakan. Namun jika ingin benar-benar menggunakan semua platform untuk memastikan mana yang paling efektif, tak ada salahnya juga selama masih dilakukan dengan perhitungan cermat.

Strategi Pemasaran Relasi Pelanggan

strategi pemasaran

Pelanggan tak boleh dipandang hanya sebagai objek yang melakukan pembelian dan berhenti sampai di sana saja. Jika ingin berkembang dan memiliki pelanggan yang loyal, hubungan baik dengan pelanggan perlu jadi perhatian khusus.

Tak sedikit bahkan bisnis kekinian yang menjadikan pelanggan setianya sebagai ‘agen’ pemasaran lepas. Dikatakan demikian karena ketika pelanggan mau turut terlibat memasarkan produk, mereka akan mendapatkan sejumlah benefit yang dibuat sedermikian rupa sehingga terasa menguntungkan.

Dengan iming-iming ini, pelanggan secara otomatis akan memiliki motivasi untuk terus menyuarakan produk Anda ke lingkarang yang dimilikinya. Well, secara praktis strategi pemasaran ini memang perlu awal yang cukup intens dalam mengedukasi pelanggan Anda, namun ketika sudah berjalan dan lancar, Anda akan memiliki agen-agen pemasaran dengan ‘biaya’ rendah.

Merancang Satu Penawaran Tak Terhindarkan

strategi pemasaran1 min

Untuk bisnis yang baru dirintis, mencari perhatian publik bukanlah hal yang mudah. Tapi banyak cara bisa dilakukan untuk membuat penawaran tak terhindarkan bagi target pasar Anda. Misalnya saja, dengan membagikan produk secara gratis sebagai tester.

Cara ini jelas akan memakan sejumlah biaya, mulai dari pembuatan stand hingga SDM yang ada di sana, sampai pada produk yang dibagikan. Namun cara ini masih cukup populer lantaran Anda bisa secara langsung mendapatkan respon dari calon pelanggan, serta melakukan pemetaan pada pelanggan potensial yang ada di pasar.

Tidak selalu harus penawaran barang gratis, namun penawaran-penawaran lain juga dapat dibuat sehingga menarik pelanggan untuk sekedar mencoba produk, melakukan posting di media sosial, atau yang lain. Pastikan semua cost yang timbul masih di bawah kendali.

Produk yang Berkualitas!

strategi pemasaran3 min

Selalu jadi penekanan untuk memiliki produk yang berkualitas dalam penerapan strategi pemasaran yang baik. Bagaimana bisa Anda ingin memiliki pelanggan loyal tanpa produk yang berkualitas?

Secara praktis, membuat produk yang berkualitas, atau terlihat berkualitas dan memiliki nilai tertentu, adalah satu keharusan jika Anda ingin menonjol di pasar yang ada. Jika belum dapat membuat produk dengan kualitas lebih tinggi dari pesaing, maka tugas Anda akan menjadi bertambah : meningkatkan kualitas produk dan membuat produk tersebut ‘terlihat’ berkualitas.

Jelas sebagai pekerjaan rumah meningkatkan kualitas produk hingga memenuhi ekspektasi pelanggan adalah hal wajib. Namun sambil melaksanakan hal tersebut, penting untuk membuat produk nampak berkualitas, sehingga bisa mempengaruhi persepsi publik pada produk Anda.

Peningkatan kualitas produk dan layanan yang Anda miliki akan jadi hal wajib dalam menjalankan strategi pemasaran. Jangan sampai ketika strategi pemasaran Anda berhasil meraih pelanggan, mereka tidak mendapatkan treatment yang baik, sehingga pengalaman yang didapatkan juga buruk.

Melakukan riset, menentukan, dan mengeksekusi strategi pemasaran akan memerlukan kerja tim yang sinkron. Maka dari itu, penting untuk memastikan bahwa secara internal, bisnis Anda memiliki pondasi yang kuat, sehingga dapat memberikan layanan terbaik untuk pelanggan yang datang.

Salah satu implementasi strategi pemasaran paling riil adalah dengan menyediakan layanan pengelolaan pembayaran transaksi online yang kredibel. Jokul by DOKU, akan jadi pilihan paling tepat untuk bisnis Anda. Tak hanya mampu melayani beragam jenis metode pembayaran yang dilakukan pelanggan, namun Jokul juga akan menyediakan pencatatan detail mengenai transaksi yang terjadi, sehingga akan memudahkan proses pembukuan. Gunakan Jokul sekarang, dan rasakan manfaatnya!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.