5 Rekomendasi Tempat Kuliner Khas dan Legendaris di Semarang

Saat berkunjung ke Semarang, Anda pasti ingat dengan wisata kota lama yang dipenuhi bangunan peninggalan era kolonial Belanja, kan? Anda bisa berputar kota dengan menggunakan rental mobil via Traveloka untuk singgah di Lawang Sewu, Sam Poo Kong, Tugumuda, dan tempat wisata menarik lainnya.

Namun pesona Kota semarang bukan hanya itu saja, berwisata mencicipi kuliner khas Semarang pun tak kalah menarik dan wajib Anda coba.

Rekomendasi Tempat Kuliner Khas dan Legendaris di Semarang

Mengunjungi suatu daerah belum lengkap tanpa mencicipi hidangan khas daerah setempat. Apalagi ke Semarang, ibukota Provinsi Jawa Tengah ini juga terkenal karena memiliki ragam kuliner khas yang legendaris dan terkenal murah juga enak.

Setidaknya ada tiga menu yang wajib Anda cicipi, yaitu lumpia, tahu gimbal, dan tahu pong. Setelahnya, Anda bisa melanjutkan ragam menu lain yang tak kalah lezat di tempat-tempat makan yang menyediakan kuliner khas Semarang. Berikut ini rekomendasinya.

Lumpia Gang Lombok

Setidaknya, ada 4 tempat kuliner khas yang menyediakan lumpia di Semarang, yaitu Gang Lombok, Jalan Mataram, Jalan Pandanaran, dan Jalan pemuda. Keempatnya masih memiliki ikatan keluarga dan yang tertua adalah Gang Lombok yang kini dikelola oleh generasi ketiga.

kuliner khas lumpia gang lombok semarang

Menyediakan lumpia basah dan goreng dengan ciri khas kulit yang lembut dan isian yang padat berupa rebung, udang, dan telur dengan rasa paling juara dan tidak berbau. Anda bisa rental mobil via Traveloka untuk berkeliling Semarang dan mampir ke Gang Lombok. Warung lumpia ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore. Anda bisa membawanya sebagai oleh-oleh, namun hanya tahan sampai 3 hari saja karena tanpa bahan pengawet.

Tahu Pong Gajah Mada

Kawasan Simpang Lima semarang merupakan magnet bagi turis yang datang ke Semarang. Dari kawasan ini Anda bisa melalui dua perempatan untuk menemukan warung kuliner khas yang legendaris dengan menu tahu pong. Warung yang berlokasi tepat di Jalan Gajah Mada nomor 63B ini menyajikan tahu gurih dengan saus cocolan yang terkenal di kalangan turis dan masyarakat lokal.

Saus cocolan terbuat dari petis udang dan cabai hijau yang dilengkapi dengan acar. Satu porsinya bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari Rp6 ribu saja. Warung ini juga menyediakan menu tahu gimbal dengan harga mulai Rp15 ribu. Warung dibuka mulai Senin sampai Sabtu, pukul 11.30-20.00.

Nasi Koyor Kota Lama

Jika Anda termasuk penyuka jeroan sapi, sempatkan waktu berkunjung ke warung Nasi Koyor Kota Lama. warung yang sudah berdiri sejak tahun 1955. Warung nasi yang menyediakan menu koyor atau urat sapi, tumis kacang panjang, dan sambal ini memiliki cita rasa yang tidak pernah berubah dengan harga terjangkau, Rp25 ribu per porsi.

kuliner legendaris nasi koyor kota lama semarang

Warung ini juga terkenal di kalangan tokoh masyarakat dan pejabat yang kerap menyempatkan waktu menikmati nasi koyor. Selain kuliner khas, kawasan Kota Lama juga memiliki tempat wisata sejarah dan bangunan tua peninggalan Belanda yang wajib Anda kunjungi. Anda bisa menggunakan layanan rental mobil via Traveloka agar wisata keliling Kota Lama jadi lebih nyaman dan fleksibel.

Toko Oen

Restoran legendaris ini menyediakan ragam menu hasil pengaruh kuliner Eropa, Tionghoa, dan Jawa. Di Toko Oen yang berada di Jalan Pemuda nomor 52, Anda bisa menikmati bistik sapi, lumpia Semarang, aneka es krim, dan ragam kuliner tempo dulu di era kolonial Belanda.

toko oen kuliner khas dan legendaris semarang

Restoran yang sudah berdiri sejak tahun 1910 ini juga bisa menjadi spot foto instagramable dengan tampilan interior dan bangunan tua peninggalan Belanda. Dijamin, momen liburan di Semarang jadi lebih memorable dengan mengunjungi restoran ini.

Wingko Babad Cap Kereta Api

Wingko babad merupakan camilan yang terbuat dari adonan kelapa muda dengan cita rasa khas. Saat ini dijual dengan aneka varian rasa kekinian yang bisa Anda pilih sesuai selera. Namun, pionir wingko babad adalah Cap Kereta Api milik D Muljono yang sudah dirintis sejak tahun 1946.

Penambahan nama babad pada camilan wingko tersebut berasal dari nama kampung asal D Muljono, yaitu Desa Babad di Jawa Timur. Wingko babad Cap Kereta Api sangat terkenal dan banyak dipalsukan. Untuk mendapatkan versi yang asli, Anda bisa langsung ke tokonya yang berada di Jalan Cendrawasih dengan menggunakan rental mobil via Traveloka agar lebih mudah.

Cita rasa wingko babad yang asli tentu lebih lezat dibanding yang palsu. Anda juga bisa membawa pulang wingko babad dalam kemasan besek berisi 20 bungkus sebagai oleh-oleh keluarga di rumah.

Liburan keliling Kota Semarang terasa lebih fleksibel dan privat menggunakan rental mobil via Traveloka. Anda bisa mengunjungi tempat kuliner khas yang diinginkan dan mengatur waktu pemesanan mobil. Perjalanan Anda jadi aman dan nyaman karena tidak perlu menyesuaikan waktu dengan jadwal atau rute bus dalam kota.

Tersedia beragam jenis mobil yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan kapasitas penumpang. Dengan harga sewa yang murah, Anda bisa memilih fasilitas dengan sopir atau tanpa sopir. Pastikan aplikasi Traveloka selalu tersedia di smartphone untuk menemani liburan Anda ke berbagai tempat wisata kuliner yang Anda inginkan.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini