6 Tips Mengatasi Smartphone Lemot

Pernah nggak sih kamu merasa terganggu ketika smartphone bekerja super lemot? Hal ini tentu pernah dialami hampir semua pengguna smartphone. Berhadapan dengan smartphone error memang  bisa bikin bad mood, mengingat penggunaan smartphone saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan penting. Sayangnya, kebanyakan dari kita masih belum mengerti cara memaksimalkan dan menjaga kinerja smartphone. Nggak heran jika akhirnya banyak orang harus berhadapan dengan masalah smartphone ngehang, lemot, dan lain-lain. Namun tidak perlu khawatir, karena ternyata ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menunjang kinerja smartphone agar dapat bekerja dengan super cepat, lho. Apa sajakah itu? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Sama halnya dengan laptop, terlalu banyak aplikasi yang dijalani dalam waktu bersamaan bisa membuat smartphone kamu ngehang, guys! Itu sebabnya, kamu perlu memeriksa aplikasi apa saja yang sedang berjalan. Ini bisa kamu lakukan dengan cara buka Pengaturan > pilih Aplikasi > pilih Terunduh > klik aplikasi yang ingin kamu tutup, pilih Berhenti Paksa. Menariknya lagi, proses pemberhentian ini bisa kamu lakukan melalui aplikasi tambahan seperti Greenfly (tersedia di PlayStore)

  • Cek RAM Smartphone

For your information, memori RAM merupakan salah satu fungsi spec yang paling penting dalam suatu smartphone, ini dikarenakan RAM berfungsi untuk menyimpan data-data sementara pada aplikasi. Untuk itu, pastikan memori RAM yang terpakai tidak lebih dari 70% dari kapasitas memori yang tersedia, ya. Jika sudah melebihi 70% sebaiknya mulai hapus musik dan data-data yang tidak terlalu terpakai atau kamu bisa gunakan aplikasi tambahan seperti Clean Master/CCleaner. Cara lainnya kamu bisa mencari smartphone dengan kapasitas RAM yang besar seperti Asus ZenFone Max Pro M1 dan Samsung Galaxy A8.

hp android di bawah 1 juta zenfoneGo

  • Bersihkan History

Ketika berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya, biasanya kita tidak menutup aplikasi dengan benar melainkan langsung menekan tombol home. Nah, ini dapat membuat smartphone kamu bekerja lebih berat karena aplikasi tersebut tetap berjalan dan akhirnya menumpuk. Dengan kata lain, semakin banyak aplikasi yang terbuka, semakin banyak pula history yang tersimpan dalam smartphone kamu. Oleh sebab itu, kamu harus rajin membersihkan history tersebut, ya!

  • Hapus Cache

Cache adalah tempat penyimpan data yang sifatnya sementara. Jadi, ketika kamu membuka aplikasi, game, atau browser, cache ini akan merekam semua data yang pernah kamu  lakukan pada aplikasi atau browser tersebut. Nah, menumpuknya cache dalam memori smartphone dapat menyebabkan ponsel kamu bekerja lebih lambat, lho! Penghapusan cache ini bisa kamu lakukan dengan cara buka Pengaturan > pilih Aplikasi > Pilih Terundur > Pilih aplikasi yang akan ingin kamu hapus cache-nya > klik hapus cache. Mudah, bukan?

  • Manfaatkan Memori Eksternal

Apakah smartphone kamu menyediakan memori eksternal MicroSD? Jika iya, ini bisa kamu manfaatkan agar kinerja smartphone dapat bekerja secara optimal. Yuk, mulai pindahkan atau bagi data-data dalam smartphone kamu ke memori eksternal. Ini bisa kamu lakukan dengan cara buka Pengaturan > pilih Aplikasi > pilih Terunduh > pilih aplikasi atau data yang akan dipindahkan > pilih pindah ke kartu SD. Oh iya, sebelumnya pastikan smartphone kamu sudah terpasang memori eksternal, ya!

  • Update Software

Selain memperhatikan 5 hal di atas, kamu juga perlu melakukan pembaruan software. Kenapa? Umumnya aplikasi yang ada dalam smartphone kamu telah dikembangkan mengikuti software terkini. Nah, jika kamu masih menggunakan software versi lama, jelas smartphone kamu akan terasa lemot. Usahakan rutin cek update aplikasi dan software agar smartphone kamu dapat bekerja dengan cepat, ya.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan kinerja smartphone kamu. Nah, buat kamu yang sedang mencari smartphone ori dengan harga murah, Shopee lagi ada promo Shopee for Men, di mana kamu bisa menikmati cashback untuk setiap pembelian produk elektronik pilihan, lho! Yuk, lihat informasi selengkapnya di sini!

BACA JUGA:   Indosat Ooredoo Tawarkan Kartu Internet Unlimited
News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.