Apakah IP Camera CCTV dapat Merekam Suara?

Teknologi semakin maju sehingga dalam sistem keamanan seperti IP camera CCTV pun juga selalu diperbarui. Misalnya saja dengan adanya fitur merekam video dengan suara. Dengan begitu, Anda bisa mengecek suatu kejadian tindak kejahatan menjadi lebih valid.

IP Camera CCTV: Keamanan Rumah dengan Tambahan Perekam Suara

Di negara Indonesia yang merupakan negara hukum, ketika ada kasus kejahatan, maka kita harus menyerahkan bukti dan saksi untuk memecahkan masalah tersebut. 

Bukti ini bisa berupa video, foto, atau perekam suara. Apabila Anda memiliki CCTV, hal itu sangat mudah diselesaikan karena zaman sekarang CCTV sudah bisa merekam video dan suara sekaligus untuk menjadi bukti yang valid.

kamera cctv hikvision untuk rekam suara

Maka dari itu, mulai sekarang berhati–hatilah ketika berucap karena banyak CCTV yang bisa merekam suara Anda. Bagaimana bedanya CCTV biasa dengan CCTV yang bisa merekam suara? Sekilas tidak ada bedanya, tetapi kita harus menghafal jenisnya sendiri.

Pada umumnya, CCTV yang bisa merekam video dan audio menggunakan 3 alat, yaaitu kamera, mic, dan perekam cctv yang mendukung rekaman suara.

Itu artinya, agar sebuah CCTV bisa merekam suara minimal harus ada 3 alat tersebut dan biasanya komponen tambahan yang digunakan adalah harddisk, monitor, adaptor, kabel, konektor penghubung, dan ditambah loudspeaker.

Namun, dari yang sudah banyak beredar, ada 2 jenis kamera yang sering digunakan, yaitu

BACA JUGA:   Minimalisir Tindakan Pelecehan Seksual di Lokasi Umum dengan CCTV!

CCTV Camera dengan Speaker

Sistem CCTV yang satu ini masih dengan kamera analog standar atau analog HD (HD-CVI, HD-TVI atau AHD) dan memiliki alat perekam bernama DVR. Alat perlu Anda perhatikan karena DVR sangat mendukung perekaman suara dengan jumlah channel audio sebanyak yang diinginkan.

Misalnya saja Anda memiliki CCTV 3, berarti Anda butuh 3 channel. Apabila CCTV yang Anda pakai belum bisa merekam suara, maka Anda harus menambahkan mic eksternal agar bisa berfungsi seperti itu.

IP Camera CCTV Outdoor atau Indoor

Berbeda dengan kamera sebelumnya, pada IP Camera CCTV yang diperhatikan adalah sisi kamera IP-nya. Karena IP Camera tidak seperti jenis analog yang kamera dan micnya digabungkan selama proses perekaman. 

Namun, pada CCTV IP Camera, tangkapan kamera dan mic digabung secara langsung pada sisi kamera IP sebelum dikirim ke NVR (sistem perekam sistem CCTV IP).

Sehingga dapat dipastikan kamera IP yang memasang speaker biasanya memiliki port/connector untuk memasukkan speaker eksternal.

Lalu, pada pengaturan untuk mengaktifkan video dan audionya telah terpasang dengan sangat mudah. Hal ini berbeda dengan CCTV kamera analog yang hanya mengubah perekaman channel yang ingin direkam dengan mengubah mode perekaman audio video dari posisi standard atau video saja.

Sedangkan untuk langkah pengaturan pada tiap CCTV akan berbeda tergantung dari tipe dan versi firmwarenya. Contohnya untuk pengaturan video audio dalam IP Camera CCTV biasanya harus di konfigurasi audio dan jenis rekaman pada IP Camera CCTV lalu mengirimkan video dan suara ke NVR.

Rekomendasi Merk IP Camera CCTV Terbaik

Nah, bagi Anda yang sedang mencari IP Camera CCTV terbaik untuk kebutuhan rumah, Anda bisa langsung mencoba Hikvision ColorVu. 

Teknologi dari kamera CCTV ColorVu Hikvision sendiri sudah terdepan dalam merekam video untuk menghasilkan warna yang berkualitas tinggi 24/7 sehingga staff keamanan Anda bisa melindungi orang dan properti di malam hari dengan rendering tajam seperti kamera pengintai.

BACA JUGA:   5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Kamera DSLR

Selain itu, teknologi dari ColorVu ini juga bisa menangkap detail dalam pencahayaan rendah dengan tiga terobosan khusus, seperti perangkat keras mutakhir, pemrosesan gambar yang canggih dan kehandalan super tinggi.

Hardware Mutakhir

Pada perangkat keras ini terdapat bukaan lensa super besar F1.0 dengan sensor terdepan. 

Pemrosesan Gambar yang Canggih

Sebagai pelopor teknologi ISP, CCTV dari Hikvision ColorVu ini mampu memberikan kondisi warna yang tepat sampai dengan 130 dB WDR. sehingga menjamin performa gambar dalam berbagai macam kondisi cahaya.

Keandalan Super Tinggi

Lalu, terdapat teknologi penyelarasan aktif juga yang menjamin kinerja pemfokusan dalam produksi massal kamera berkemampuan Ultra HD ColorVu dan mampu memberikan kontrol kualitas yang baik.

Alasan Memilih Hikvision ColorVu Sebagai Produk Pilihan 

kamera cctv untuk rekam suara

Ada beberapa alasan yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih CCTV dari Hikvision ColorVu ini, yaitu

Momen yang Terekam Memiliki Warna yang Terang

Kamera CCTV panorama Hikvision ColorVu ini memanfaatkan teknologi untuk mendaftarkan gaambar dengan tingkat piksel perintis dengan algoritma fusi gambar yang bisa menyatukan bidang pandang horizontal 180 derajat. Sehingga Anda bisa melihat panorama yang jernih dan mulus dengan detail yang lebih hidup. 

Selain itu rekaman keamanan area luas ini juga membantu meningkatkan kesadaran situasional dan mengurangi jumlah kamera yang diperlukan untuk pemantauan komprehensif sehingga lebih efisiensi biaya.

Hasil Kamera CCTV Zoom dengan Warna Cerah

Karena kamera varifocal Hikvision ColorVu mampu beradaptasi dengan banyak skenario dengan mengubah panjang fokus kamera, maka akan semakin mudah dalam mengelola inventaris. 

Kamera varifokal ini dirancang dengan aperture besar F1.0 tetap sehingga ketika zoom in atau zoom out kecerahan gambar tidak berubah.

Resolusi Gambar Mencapai 4K

Meski cahaya di sekitar Anda redup, kamera ColorVu ini mampu membuat hasil gambar tetap cerah, bahkan meski cahaya mencapai 0,0005 lux, cahaya yang setara dengan malam tanpa bulan dan bintang. Dengan kemampuan ini, ColorVu mampu memaksimalkan cahaya yang ada di sekitar dengan dua fitur canggih yang dimilikinya. 

  • Pertama, ColorVu ini memiliki fitur F1.0 Super Aperture untuk menangkap cahaya di sekitar sehingga bisa memaksimalkan penggunaan sensor dengan baik.
  • Yang kedua memiliki 1/1.2” Large Sensor sehingga bisa memaksimalkan cahaya yang tersedia.

Bagaimana? Canggih, bukan? Yuk jaga rumah Anda tetap aman dengan memasang IP Camera CCTV dari Hikvision ColorVu yang sudah terpercaya dan berkualitas dalam mendukung keamanan rumah Anda. 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.