Mungkin kita sudah terbiasa mendengar lakon bawang merah dan bawang putih, sesekali klo dalangnya gemblung, bawang bombay bisa ikutan masuk casting. Tapi mungkin gak banyak yang tahu siapa gerangan bawang konthong, mungkin temen2 yang non jawa mikir bawang macem apa lagi itu???

Bawang konthong atau bawang kothong adalah sebutan buat anak kecil yang ikut dalam permainan tradisional kolektif yang dimainkan kakak2nya. Dalam permainan tradisional anak2 yang lebih tua biasanya memainkan permainan yang fair sementara untuk anak2 yang lebih kecil daripada nangis ya diikutkan dalam permainan tapi enggak dihitung.

Ibarat kata, bawang konthong sering dijadikan genep2, ketika salah satu tim kekurangan pemain, jadi total pemain kedua tim sama, cuma bawang konthong punya keistimewaan, dia bisa ikut napuk, mukul dan menghasilkan poin, tapi dia tidak boleh jadi sasaran, jadi sasaran pun gak akan menghasilkan poin, klo kata para diplomat sih ya punya kekebalan diplomatik lah.

Ada yang pernah jadi bawang konthong? hayo ngaku? gw sih sering, banget malah hahahaha

Nah meskipun era permainan tradisional sudah tergerus oleh game online maupun game hape, ternyata masih banyak bawang konthong bawang konthong yang terlanjur gede, mbuh piye jaman ijih dadi bawang konthong biyen kae ki tenanan ora lhe menjalankan peran kok sampai sekarang belum juga naik pangkat. Buktinya banyak diantara kita sekarang hidup cuma jadi genep2, di keluarga jadi genep2, di kelas jadi genep2, di tempat kerja jadi genep2, di masyarakat jadi genep2 juga.

BACA JUGA:   Intolerance

Hidup mungkin hanya sebuah permainan tapi jadilah pemain yang bisa menentukan jalannya permainan

gambar diambil semena2 dari sini
bawang kothong, bawang kotong, bawang kontong, arti bawang kotong, apa arti bawang khotong, bawang konthobg, arti bawang kontong, apa arti bawang kotong, bawang kothong adalah, artine anak mamah bawang kothong
News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.