Belajar Bahasa Jepang Cepat di Wagomu

Bahasa Jepang adalah jendela ke budaya yang kaya dan peluang global yang tak terbatas. Kemampuan untuk berkomunikasi dalam bahasa ini membuka pintu untuk menjelajahi dunia anime, manga, teknologi, dan bisnis yang berakar dalam budaya Jepang yang unik. Selain itu, menguasai bahasa Jepang juga dapat membawa Anda lebih dekat dengan masyarakat dan tradisi Jepang, serta memperluas jaringan sosial internasional Anda.

Keuntungan Belajar Bahasa Jepang

Lalu apa saja keuntungan menguasai bahasa Jepang?

Kesempatan Karier Internasional

Menguasai bahasa Jepang dapat membuka peluang karier internasional di perusahaan-perusahaan Jepang dan organisasi global yang memiliki hubungan dengan Jepang. Banyak perusahaan multinasional mencari individu yang dapat berkomunikasi dalam bahasa Jepang untuk memfasilitasi kerjasama dan ekspansi di pasar Jepang.

Pendidikan Lanjutan di Jepang

Jepang memiliki universitas-universitas berkualitas tinggi yang menawarkan program pendidikan tinggi dalam berbagai bidang. Menguasai bahasa Jepang akan memudahkan akses Anda untuk mengejar pendidikan lanjutan di Jepang dan mendapatkan gelar akademik yang diakui secara internasional.

Pariwisata dan Perjalanan

Jepang merupakan destinasi wisata yang populer dengan budaya yang unik, arsitektur futuristik, serta keindahan alam. Menguasai bahasa Jepang akan membuat perjalanan Anda lebih bermakna dan mudah, karena Anda dapat berinteraksi dengan penduduk lokal, membaca tanda-tanda, dan memahami instruksi dengan lebih baik.

Budaya Pop Jepang

manfaat penting bahasa Jepang

Mengikuti tren budaya pop Jepang seperti anime, manga, musik, dan film adalah kesempatan untuk menjalani pengalaman budaya yang kaya. Menguasai bahasa Jepang akan memungkinkan Anda menikmati konten ini dalam bahasa aslinya, yang mungkin memiliki nuansa dan ekspresi yang sulit ditangkap dalam terjemahan.

Koneksi Antarbudaya

Menguasai bahasa Jepang dapat membantu Anda memahami nilai-nilai, norma sosial, dan etiket bisnis yang berlaku di Jepang. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan penduduk lokal dan rekan bisnis dengan lebih baik, meningkatkan peluang sukses dalam lingkungan antarbudaya.

Kolaborasi Bisnis

Jepang adalah salah satu ekonomi terbesar di dunia dan memiliki banyak perusahaan teknologi, manufaktur, dan layanan finansial yang penting. Menguasai bahasa Jepang akan membuka pintu untuk berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan ini dan membangun hubungan bisnis yang kuat.

Kesempatan Penelitian dan Inovasi

Jepang memiliki penelitian yang canggih dalam berbagai bidang seperti teknologi, ilmu pengetahuan, dan seni. Menguasai bahasa Jepang akan membantu Anda mengakses literatur penelitian terbaru dan berpartisipasi dalam kolaborasi penelitian lintas negara.

Keterampilan Kognitif

Belajar bahasa asing seperti Jepang dapat meningkatkan keterampilan kognitif seperti pemecahan masalah, kreativitas, dan pemikiran analitis. Proses belajar ini melibatkan memahami struktur bahasa yang berbeda dan memadukan kata-kata dalam pola yang berbeda.

Pengembangan Pribadi

Menguasai bahasa Jepang adalah prestasi yang membanggakan dan dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda. Proses belajar bahasa juga melibatkan pembiasaan dengan tantangan baru dan kemampuan untuk mengatasi hambatan komunikasi.

Jaringan Sosial Global

Menguasai bahasa Jepang akan memungkinkan Anda menjalin hubungan dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, baik dalam lingkungan akademis, profesional, maupun sosial. Ini akan membantu Anda memperluas jaringan sosial global Anda.

Jenis Aksara Jepang

Katakana, hiragana, dan kanji adalah tiga sistem tulisan yang digunakan dalam bahasa Jepang. Masing-masing memiliki fungsi dan karakteristik yang berbeda. Berikut adalah perbedaan antara ketiganya:

  1. Hiragana (ひらがな):

    • Fungsi: Hiragana digunakan terutama untuk menulis kata-kata asli Jepang, kata-kata tata bahasa, partikel, dan beberapa kata serapan.
    • Karakteristik: Hiragana terdiri dari 46 karakter dasar, masing-masing merepresentasikan suara vokal dan konsonan dalam bahasa Jepang. Bentuk huruf-hurufnya lebih bulat dan sederhana, dan umumnya digunakan dalam tulisan informal.
  2. Katakana (カタカナ):

    • Fungsi: Katakana digunakan untuk menulis kata-kata serapan dari bahasa asing, nama-nama asing, istilah ilmiah, dan istilah teknis.
    • Karakteristik: Katakana juga terdiri dari 46 karakter, namun memiliki bentuk yang lebih tajam dan sudut daripada hiragana. Ini memberikan kesan yang lebih modern dan “asing.” Penggunaan katakana menandakan bahwa kata tersebut berasal dari bahasa asing.
  3. Kanji (漢字):

    • Fungsi: Kanji adalah karakter logografik yang berasal dari bahasa Tionghoa dan digunakan untuk menulis kata-kata, konsep, dan istilah yang lebih kompleks. Mereka juga memberikan nuansa makna dan suku kata.
    • Karakteristik: Kanji memiliki ribuan karakter, masing-masing merepresentasikan kata atau morfem tertentu. Karakter-karakter ini memiliki bentuk yang lebih kompleks dan dapat merepresentasikan makna langsung dalam beberapa kasus.

Perbedaan utama di antara ketiganya adalah fungsi dan penggunaannya. Hiragana dan katakana digunakan untuk menulis kata-kata dalam bahasa Jepang dengan berbagai nuansa, sedangkan kanji digunakan untuk menulis kata-kata yang lebih kompleks dan memberikan informasi tambahan tentang makna kata tersebut.

Contoh:

  • Hiragana: こんにちは (konnichiwa) – “Halo”
  • Katakana: コンピュータ (konpyūta) – “Komputer”
  • Kanji: 本 (hon) – “Buku”

Penting untuk memahami perbedaan ini saat belajar bahasa Jepang, karena masing-masing sistem tulisan memiliki peran dan aturan penggunaan yang khas.

Kenalan dengan JLPT

Salah satu langkah penting dalam perjalanan menguasai bahasa Jepang adalah melalui pengujian kemampuan melalui Japanese Language Proficiency Test (JLPT). JLPT memiliki lima tingkat, mulai dari N5 hingga N1, yang mencerminkan tingkat kemampuan dari pemula hingga mahir. Mengambil ujian JLPT memberikan panduan yang jelas tentang sejauh mana kemampuan Anda dalam membaca, mendengarkan, dan memahami bahasa Jepang.

JLPT (Japanese Language Proficiency Test) adalah ujian standar internasional yang digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan seseorang dalam berbahasa Jepang. Ujian ini terdiri dari beberapa level, mulai dari N5 (tingkat dasar) hingga N1 (tingkat mahir). Berikut adalah penjelasan singkat tentang setiap level JLPT:

  1. N5 (Tingkat Dasar):
    • Mengukur kemampuan dasar dalam membaca dan mendengarkan.
    • Memahami kalimat sederhana yang berhubungan dengan topik sehari-hari.
    • Mengenal sekitar 100 kanji dasar dan kosakata sekitar 600 kata.
  2. N4:
    • Menilai pemahaman bahasa yang lebih lanjut dalam konteks sehari-hari.
    • Memahami kalimat yang lebih kompleks.
    • Mengenal sekitar 300 kanji dan kosakata sekitar 1.500 kata.
  3. N3:
    • Mengukur pemahaman yang lebih mendalam terhadap bahasa Jepang dalam situasi umum dan bekerja.
    • Memahami teks yang lebih panjang dan kompleks.
    • Mengenal sekitar 600 kanji dan kosakata sekitar 3.000 kata.
  4. N2:
    • Menilai pemahaman yang canggih dalam situasi sosial dan profesional.
    • Memahami teks yang lebih abstrak dan sulit.
    • Mengenal sekitar 1.000 kanji dan kosakata sekitar 6.000 kata.
  5. N1 (Tingkat Mahir):
    • Mengukur kemampuan untuk memahami dan berkomunikasi dengan lancar dalam berbagai konteks.
    • Memahami teks yang kompleks dalam berbagai topik.
    • Mengenal sekitar 2.000 kanji dan kosakata sekitar 10.000 kata.

Setiap level JLPT memiliki komponen pembacaan, mendengarkan, dan pemahaman tata bahasa. Ujian ini biasanya diadakan dua kali setahun di banyak negara di seluruh dunia. Kelulusan dalam ujian JLPT sering kali diperlukan atau diakui dalam situasi seperti melamar pekerjaan di Jepang, mendaftar di universitas Jepang, atau untuk tujuan pribadi dalam meningkatkan kemampuan bahasa Jepang.

Wagomu platform belajar bahasa Jepang

Menguasai tingkat JLPT tertentu juga dapat membantu mengukur sejauh mana kemampuan seseorang dalam berbahasa Jepang dan memberikan panduan untuk pengembangan lebih lanjut dalam mempelajari bahasa ini.

Mudah Belajar Bahasa Jepang di Wagomu

Biasanya saat seseorang ingin mengambil kuliah di Jepang ia harus menyelesaikan terlebih dahulu kursus bahasa Jepang, antara 6 bulan hingga 1 tahun. Umumnya hal ini bisa dilakukan sebelum berangkat, atau setelah tiba di Jepang. Jika tiba di Jepang, mereka harus menyelesaikan kursus bahasa Jepang terlebih dahulu sebelum dapat kuliah/bekerja di Jepang.

Jika kalian mencari metode belajar yang efektif, layanan Wagomu adalah solusi yang sempurna. Wagomu  menawarkan berbagai program belajar yang dirancang untuk mempercepat proses pembelajaran bahasa Jepang. Dengan metode yang efektif dan menyenangkan, kamu akan dipandu oleh mentor-mantor berpengalaman yang dapat membantu kalian mengatasi kendala-kendala yang mungkin dihadapi saat belajar sendiri.

Baik kalian ingin mempersiapkan ujian JLPT atau meningkatkan keterampilan bahasa Jepang secara keseluruhan, Program J-Class di Wagomu menyediakan beragam program dari level dasar hingga mahir.

pilihan paket belajar bahasa Jepang Wagomu

Tidak perlu khawatir tentang keterbatasan waktu atau tempat, karena Wagomu Japanese Class memungkinkan kita belajar dengan santai melalui platform online. Dengan mengikuti program-program seperti akselerasi N4 dalam 15 hari atau program N3 ≠ S1 yang menawarkan kemampuan double degree dalam setahun, kalian akan melihat perkembangan yang pesat dalam keterampilan berbahasa Jepang kalian.

Just Info, Wagomu punya tips bagaimana dapat menguasai bahasa Jepang dalam waktu singkat, bahkan satu hari! Nah lho, menarik bukan?cara ini Wagomu menggunakan metode Kana Card dan Kanji Card untuk membantu penguasaan bahasa Jepang secara cepat. Untuk program pembelajaran tersedia dari paket dari yang paling basic hingga ke level mahir.

Kana Card Wagomu

Wagomu juga memberikan pengalaman belajar yang mendalam dengan ilustrasi dan pola mindmapping yang memudahkan pemahaman Anda. Tidak perlu khawatir tentang tingkat kemampuan awal, karena Wagomu memiliki program untuk berbagai tingkatan, termasuk yang cocok untuk pemula. Dengan biaya yang terjangkau, Anda dapat belajar secara intensif dalam lingkungan yang santai dan tertarget.

Tidak ada lagi alasan untuk menunda impian Anda untuk menguasai bahasa Jepang. Bergabunglah dengan Wagomu sekarang dan buka pintu menuju kemampuan berbahasa Jepang yang luar biasa. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs resmi dan ikuti sosial media mereka untuk pembaruan dan detail program.

2 pemikiran pada “Belajar Bahasa Jepang Cepat di Wagomu”

  1. Aku termasuk yang “bingung mulai dari mana” kalau mau belajar bahasa Jepang nih.
    Seneng sama budayanya, serba simple, minimalis, praktis, tapi mengandung filosofi.
    Pas ini ada WaGoMu, bisa belajar bahasa Jepang dengan praktis…

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini