investasi emas batangan

Saving Gold

Uang mungkin adalah alat pembayaran yang sah dan diakui di satu negara, pun di negara yang lain, uang diakui nilainya dan dapat digunakan untuk membeli sebuah produk maupun layanan jasa. Meskipun begitu, aku ngerasa uang pada prinsipnya tidak memiliki nilai tawar yang pasti. Jaman dahulu ketika konversi mata uang logam ke kertas, dengan tujuan efisiensi […]

Sekotak Snack

Sejak kecil, salah satu penantianku dan sodara2ku tiap pulang cepat adalah dapat jatah snack rapat guru2, maklum kedua orang tuaku, almarhumah ibu dan bapak adalah guru di sekolah dasar di Cilacap. Mata kita2 ini selalu berbinar klo ngelihat dus snack nangkring di atas meja. Isi snack yang tidak seberapa itu bikin suasana rumah rame, rame […]

The power of SlideShare

Kemudahan berbagi lewat teknologi internet tentu sudah kita nikmati, beberapa mungkin malah menjadi rujukan kita dalam mencari informasi. Slideshare, adalah sebuah layanan file hosting untuk mengupload file presentasi kita ke dalam internet sehingga bisa disaksikan oleh orang banyak. Konsepnya sebenarnya sama dengan Scribd maupun Docstoc, hanya saja kedua nama ini lebih fokus pada berbagi pakai […]

THR van Google

Akhirnya dapet notifikasi via email klo duit THR dari Google Adsense turun juga. Udah lama sebenernya punya Google Adsense, tapi emang baru setahun terakhir ini dipikirin, sebelumnya lebih fokus ke salah satu afiliasi majalah gratis yang pendapatannya emang lebih gede. Nanti siang rencananya sambil nganterin parcel lebaran ke tempat simbah sama ke sekolah buat mengamankan […]

Media Pembelajaran Interaktif Perangkat Jaringan

Media pembelajaran ini, media pembelajaran interaktif kedua yang aku upload ke website anotherorion setelah game tebak provinsi Indonesia. Dasarnya media kali ini sebenernya sudah pengen aku bikin dari beberapa tahun kemaren, mengingat anak2 agak susah ngebedain fungsi beberapa perangkat jaringan yang ada di sekitar. Siswa kadang gak ngerti kapan harus pake hub, switch, repeater, bridge […]

Rivalitas Teh

Teh adalah minuman tradisional yang berasal dari China, sejak ribuan tahun yang lalu bangsa China memiliki kegemaran minum teh, teh masuk ke Indonesia pada abad 17, bersamaan dengan perkenalan bangsa Eropa dengan teh yang dibawa pelaut Portugis dari China dan para kompeni dari Indonesia. Teh dikenal dalam sejarah2 kerajaan dan negara besar dunia, dalam film […]

Buku baru

Hari ini mampir ke togamas buat berburu beberapa buku yang udah aku incer sebelumnya, sebenernya ada banyak tapi karena ketebalan dompet gak memadai ya gak bisa beli semua yang dipenginin. Pun, sakjane tuku buku ki gak selalu semuanya kubaca tuntas sih hahaha cuma buat menuntaskan rasa penasaran, terutama karena klo aku lagi keinget sesuatu “tema” […]

Jaringan Lumpuh

Beberapa hari ini disekolah jaringan internetnya lumpuh gara2 kesamber bledek, modem adsl yang dipakai sekolah udah kuganti pake cadangan masih tetep gak mau nyala, sementara router mikrotik juga udah dipastikan beres. Karena liburan sekolah sih aku gak pernah nengokin eh, sampe sekarang tetep gak diurusin, sampe sekolah dapat gawean beginian deh jadinya, ngoprek dewe.

Learn and Share

Ada tiga hal yang tidak terputus pahalanya ketika seseorang meninggalkan dunia ini. Anak yang salih/salihah, amal jariyah dan ilmu yang bermanfaat. Jika kita memiliki ketiganya maka betapa beruntungnya kita memiliki “tabungan pensiun” meskipun raga kita sudah dikebumikan. Sebaik2nya manusia adalah yang terbaik akhlaknya, dan sebaik2nya manusia pula adalah mereka yang berguna untuk sesamanya. Salah satu […]

Sibuk

Kesibukan adalah urusan kita sebagai umat manusia yang masih hidup. Tidak memiliki kesibukan sama saja seperti tidak hidup. Filosofinya hidup adalah mengatur ritme, memastikan semua hak, tanggung jawab dan kebutuhan kita terpenuhi. Siapapun orangnya, apapun pekerjaan dan jabatannya, semua memiliki modal waktu yang sama 24 jam dalam sehari. Adalah pilihan kita sendiri untuk mengatur alokasi […]
leaves crown, traditional indonesian kids heritage

Leaves Crown

Jamanku kecil, sering main perang2an gaya kerajaan, ada yang jadi raja ada yang jadi prajurit, biasanya rajanya sih yang bawang kothong, prajuritnya anak2 yang lebih gede bertugas melindunginya. Nah senjata yang kita pakai, ada pedang-pedangan dari batang daun pisang, keris dan cemeti dari daun kelapa muda, dan tak lupa aksesoris mahkota yang berasal dari daun […]

Ceker Ayam

Ini bukan mau ngomongin tentang tulisanmu yang kayak cakar ayam, tapi tentang mitos jaman kecil tentang ceker ayam. Jaman dahulu kala, sewaktu aku masih kecil sering dibilangin sama almarhumah ibuk, anak kecil itu harus suka makan ceker ayam, biar gedenya pinter nyari duit. Lha kok bisa gitu? apa hubungannya makan ceker ayam dengan pinter nyari […]

Keputusan mengimport Blog

Setelah tiga┬átahun bertahan dengan konten baru, sepertinya sudah saatnya aku mengimport ulang semua tulisanku ke anotherorion.com, tulisan2 lawas yang sebenarnya berasal dari satu sumber yang sama, anotherorion.multiply.com. Dulu saat blogging di Multiply masih mengalami masa2 jaya, aku mulai berfikir untuk melakukan backup beberapa tulisan di blog engine lain. Waktu itu yang tersedia antara lain fitur […]

Udan kethek ngilo

Pada jaman dahulu kala, medio 90 dan sebelumnya, ketika jalan2 dikampung belum diplester, dan jalanan raya di daerah2 masih belum semulus sekarang, bahwa setiap musim hujan sudah pasti jalanan becek. Untuk beberapa titik, jalan tersebut tidak bisa dilalui dengan sendal, ya model sendal ketika jaman Soeharto cukup seragam, klo enggak merk swallow ya skyway. Klo […]