Charger semalaman merusak baterai?

Seringkali pada saat kita beranjak tidur, pada saat itulah ponsel kita dicharger, sehingga nanti ketika bangun pagi, kita sudah mendapati ponsel kita sudah terisi daya penuh seperti halnya kita yang udah di-chas dengan cara tidur semalaman.

Benarkah melakukan charging selama itu bisa merusak baterai?

Jadi begini, baterai sebagai mana aki, berisi ramuan zat elektrolit yang akan mengalirkan elektron ke perangkat pada saat dipakai, sedangkan pada saat dicharge, maka zat yang telah kehilangan partikel elektronnya akan diisi lagi oleh elektron yang berasal dari sumber arus listrik utama yaitu listrik PLN.

Elektron inilah yang sering disebut arus listrik, setiap baterai memiliki spesifikasi sendiri berapa miliampere sampai berapa ampere kekuatannya. Baterai tidak akan mampu membawa elektron diluar kapasitasnya, jadi setelah baterai terisi penuh sebaiknya segera dilepas dari charger.

stop-kontak-bertimer Charger semalaman merusak baterai?  wallpaperPengisian elektron maupun pengeluaran elektron memiliki efek samping yang sama, menghasilkan panas. Semakin terjadi perpindahan arus, semakin panas juga perangkatnya, sedangkan kita tahu panas adalah musuh utama semua perangkat elektronik dari hape, televisi, laptop bahkan server.

Jika panas berlebihan maka bisa merusak perangkat, contohnya komponen semacam kapasitor akan menggembung dan bocor, bagaimana dengan baterai? sama saja, baterai yang over heat juga bisa menggembung bahkan meledak.

Nah karena itu maka baterai bisa jadi mengalami kebocoran, sehingga arus yang seharusnya tersimpan lebih cepat terkuras, kita sering mengalami baterai cepet low bat. Low bat yang terlalu cepat karena adanya kebocoran arus di baterai sehingga jumlah elektronnya dalam waktu singkat sudah habis, dampak berikutnya adalah baterai mati dan menolak di chas.

BACA JUGA:   Niagahoster, Layanan Hosting Indonesia Terbaik

Untuk itu ada beberapa tips agar baterai kita awet

  1. Jangan chas terlalu lama
  2. Usahakan ketika posisi charging ponsel/laptop dimatikan
  3. matikan perangkat sesekali agar baterai dan komponen perangkat punya waktu beristirahat dan menghilangkan panas
  4. Jangan lepas charger pada saat kondisi baterai belum penuh, agar semua cell di dalamnya tetap mengalami pengisian dan pengeluaran elektron

Lalu bagaimana caranya kita melepas charger kalo kitanya sendiri sudah tidur mendengkur? Lho sekarang kan sudah ada perangkat stop kontak timer, itu lho stop kontak yang memiliki fitur pengaturan otomatis terdiskonek pada saat seting timernya habis.

Untuk modelnya cukup variatif, ada yang berbasis lcddigital maupun knop putar analog. Tinggal disesuaikan saja dengan selera dan harganya. Pengaturan waktu bisa kita sesuaikan sendiri sesuai kebutuhan charging perangkatnya, mau smartphone, tablet atau laptop tidak ada masalah.

dampak ngecas laptop semalaman, bolehkan laptop di carger lama, akibat mencharge laptop terlalu lama, laptop di charge semalaman, laptop di cas semalaman, cas laptop semalaman, charge laptop semalaman, mengecas laptop semalaman, dampak ngecas hp semalaman, mengecas laptop terlalu lama

anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

12 tanggapan untuk “Charger semalaman merusak baterai?

  • Mei 8, 2017 pada 9:51 pm
    Permalink

    kalo charge semalaman tapi kondisi ponsel / laptop mati, itu gimana gan??

    Balas
  • September 29, 2016 pada 8:59 pm
    Permalink

    Klo misalnya kita download pas mlm, kan sambil di cas, klo di timr kan nanti mti, trs klo abis lagi batrenya gmn? XD

    Balas
    • September 29, 2016 pada 9:16 pm
      Permalink

      hallo mas Aza, jika kita merencanakan menggunakan laptop dlm waktu yang lama, akan lebih baik jika menggunakan power langsung dari listrik, dengan kondisi baterai dilepas, lebih safe untuk baterai meski klo kabel kesenggol bisa langsung mak pet 🙂

      Balas
  • Juli 21, 2016 pada 9:52 am
    Permalink

    Menurut ane gan.. jaman sekarang baterai dilaptop atau pun hp sudah janggih, engga kayak jaman dulu, baterai laptop/hp harus sampai full atau batrai full harus di cabut.. kalau skrng jika baterai sudah full laptop/hp akan dngn sendiri aliran listrik terputus

    Balas
    • Juli 21, 2016 pada 9:58 am
      Permalink

      sekarang udah ada sensornya mas, tp tetep lebih baik dicabut sih klo dah penuh buat prefentifnya

      Balas
  • Maret 21, 2015 pada 12:09 am
    Permalink

    Hampir alat elektronik aku charger semalaman 🙁 , makanya sering ngedrop. Harus hati hati sekarang

    Balas
  • Maret 17, 2015 pada 10:34 pm
    Permalink

    waaahh ini info manfaat bangettt mas… sealma ini ngecharge batere ya saat kita tidur.. hihihihihi.,.

    Balas
  • Maret 14, 2015 pada 2:57 pm
    Permalink

    Wah, padahal saya hampir tiap hari begitu. Ternyata kebiasaan gak bener, ya. Terima kasih infonya.

    Balas

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: