Desktop Searching Copernic

Bicara soal file2 yang berserakan di hardisk, emang gak mudah untuk mencari file yang dah lama n entah berada di folder mana. Emang sih klo pengen cari file di hardisk secara cepat ya harus pinter2 ngatur file biar gak berantakan, misalnya dibagi jadi beberapa folder sesuai kategorinya, tentang mata kuliah A, kerjaan kantor, hobby dsb. Klo aku sih baru cuma ngerapihin file2 MP3 di hardisk.

Di hardisk tiap mp3 aku pecah jadi beberapa kategori, lokal, barat, asia, religi dan instrument. Setiap kategori aku pecah lagi dalam folder dari A – Z, +folder cadangan. Folder A – Z berisi nama penyanyi/band, aerosmith, avril, all american reject, berada di bawah direktori /barat/A/ sementara Ada band, Andra Backbone ada di bawah direktori /lokal/A/ begitulah seterusnya. Folder cadangan khususon lagu yang aku enggak tau siapa penyanyinya. Jadi klo ada temen pengen minta lagu gak terlalu riweuh.

Tapi ya cuma mp3 doang yang rapih, sisanya amburadul, Film, PDF, Office, bahan2 skripsi, kuliah S1, kuliah S2 ya berceceran dimana2. Nah buat kasus beginian andalanku software desktop searching bernama Copernic Desktop Search, versi gratisan dipake buat pelanggan rumahan sementara klo buat yang lain ya mbayar, halah sebenernya sih mo bisnis mo enggak tetep kok pake versi gratisan gak ada masalah.

copernic_desktop_b Desktop Searching Copernic  wallpaperDengan Copernic Desktop Search ini, aku tinggal nginstal n menunggu Copernic melakukan indexing file di komputer. Kita juga bisa menambahkan atau mengurangi deskripsi pencarian, melarang copernic mengindex beberapa folder, menambah format file yang belum tercantum dalam file2 yang akan di index, mengatur kapan Copernic akan melakukan indexing.

BACA JUGA:   HP Murah 4G dengan Sistem Pembelian Online yang Semakin Mudah

Soal melakukan indexing, ini yang aku suka, selama kita melakukan aktifitas di PC, Copernic akan sabar menunggu, secara default setelah jeda beberapa detik copernic akan memanfaatkan waktu jeda itu untuk melakukan indexing, jadi enggak mengganggu/memperlambat aktifitas kita di PC.

Format2 file yang diindex copernic lumayan banyak dari email, contact, history, dokumen2 office, text, html, lagu, dan film, beberapa eksistensi memang harus ditambahkan manual klo pengen diindex, terutama file2 seperti SWF, FLA, EXE dsb.

Keunggulan lain Copernic Desktop Search dibanding Desktop Searching pesaingnya seperti yahoo desktop dan google desktop adalah bisa melakukan preview on site file2 yang terindex, jadi kita bisa baca2 isi file PDF/doc tanpa harus buka aplikasi Reader/Office. Disediakan juga musik player buat mendengarkan file2 mp3 yang kita cari. Ketika terkoneksi dengan internet, Copernic juga akan mencarikan informasi sesuai keyword yang kita masukan

Hmmm soal performa aku enggak pernah ragu sama copernic, makanya meskipun berkali2 instal ulang windows, Copernic Desktop Search ini jadi software wajib yang harus selalu diinstal

Lebih lanjut tentang copernic bisa langsung meluncur ke http://www.copernic.com

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda