Front Panel Connector

Front panel adalah bagian depan dari sebuah casing komputer yang berisi panel instruksi dan informasi untuk pengguna komputer, yaitu tombol power dan reset, serta led untuk power dan hdd led.

Untuk jenis PC/casing keluaran terbaru untuk front panel biasanya sudah menambahkan fitur USB front panel, beberapa yang ditujukan untuk segmen ke atas dibekali dengan slot Card reader, port audio out bahkan lcd monitoring system.


Koneksi front panel langsung menuju motherboard lewat jumper front panel biasanya berada dibagian kanan bawah dari motherboard. Konektor ini berupa jumper 2 pin Power Switch, jumper 2 pin Reset Switch, jumper 2 pin HDD.Led dan 2 jumper 1 pin power Led, beberapa motherboard memiliki variasi lain, tetapi secara garis besar bisa dikategorikan seperti tersebut diatas.

front panel connectors

Untuk membedakan mana jumper power switch dengan reset switch, HD led dan power Led, maka kabel jumpernya juga dibeda2kan, pun pada motherboard, untuk mengurangi kesalahan pemasangan warna pinoutnya juga dibedakan berdasar fungsinya.

Selain itu, pada motherboard seringkali dicetak informasi urutan pin out pemasangan front panel connector, audio connector dan USB front connector. Front panel connector pada motherboard ini sering dipakai oleh teknisi komputer untuk menyalakan PC tanpa harus memencet tombol power di bagian depan casing, caranya adalah menshort pinout power switch + dan power switch – nya.

BACA JUGA:   Memanfaatkan Google Analytics
pengertian front panel, system panel connector fungsi, jenis jenis front panel, kabel front panel beserta fungsinya, fungsi front panel, fungsi konektor panel depan, front panel, pengertian panel connection, bagian dari front panel, fungsi front panel connector
News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.