Gerbang Logika Dasar

Dalam dunia elektronika digital, gerbang logika berfungsi sebagai dasar dari fungsi digital. Gerbang ini menjadi dasar untuk berbagai macam teknik komputasi yang ada di dunia digital. Dalam dunia digital tidak dikenal proses analog, sehingga setiap bit akan dimanipulasi secara digital lewat gerbang logika.

Gerbang dasar terdiri atas 7 gerbang, yaitu AND, OR, NOT, NAND, NOR, XOR dan XNOR. Gerbang utamanya hanyalah gerbang AND, OR dan NOT. 4 gerbang sisanya adalah turunan dari ketiga gerbang tersebut.

Fungsi gerbang logika adalah untuk memecahkan masalah perhitungan logika. Dalam dunia digital terdapat perhitungan aritmatika dan perhitungan logik menggunakan gerbang digital.

Gerbang NOT berfungsi untuk membalikkan nilai input, dan menjadi satu2nya gerbang yang dapat berfungsi dengan single input. Gerbang OR berfungsi menyelesaikan masalah jika salah satu inputnya 1 maka hasilnya 1. Gerbang AND hanya akan beroutput 1 jika semua inputnya bernilai 1. Gerbang NOR (Not OR) hanya akan berlogika 1 jika semua inputnya nol, berkebalikan dengan gerbang OR. Gerbang NAND outputnya akan berlogika 1 jika tidak semua inputnya berlogika 1 atau berkebalikan dari AND.

gerbang logika dasar

Gerbang XOR (Exclusive OR) dan XNOR (Exclusive Not OR) adalah turunan dari Gerbang OR dan NOT, XOR akan mengeluarkan output satu jika inputnya berbeda, sementara XNOR akan mengeluarkan output satu jika setiap inputnya bernilai sama.

Contoh penggunaan logika AND dalam dunia komputer jaringan adalah pada proses menentukan nomor jaringan dari nomor IP clientnya. Nomor IP client di AND kan dengan nilai netmask nya untuk mendapatkan nomor jaringan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.