Gratis, 10 Plugin WordPress Terbaik untuk SEO

Untuk para blogger yang memilih WordPress self hosting sebagai CMS utama pada blognya, keberadaan plugin tentu sangatlah membantu dalam melakukan optimasi situs agar mudah terindeks oleh mesin pencari. Ada banyak plugin WordPress terbaik untuk SEO, berita baiknya, sebagian dari plugin tersebut bersifat free, baik yang sifatnya demo maupun limited function. Akan tetapi setidaknya, dengan menggunakan plugin wordpress gratis tersebut akan membantu kita dalam melakukan optimasi artikel kita dalam pertarungan memperebutkan posisi SERP.

Sejak memutuskan menggunakan WordPress engine empat tahun yang lalu, aku merasakan banyak sekali fitur yang sangat berguna terutama plugin, akan tetapi karena saking banyaknya pilihan, seringkali justru penggunaannya menjadi tidak efektif. Yang paling menyakitkan adalah overdosis penggunaan widget dan plugin yang mengakibatkan situs menjadi lambat untuk diakses.

Nah sekarang kita akan ngomongin beberapa plugin WordPress terbaik untuk SEO, versi anotherorion tentunya.

Plugin WordPress Terbaik Untuk SEO

1. YOAST SEO

plugin wordpress terbaik yoast seo

Ini salah satu plugin yang paling banyak direkomendasikan oleh rekan-rekan blogger untuk membantu SEOnya, kita bisa mengatur Title & Meta, akun social, mengatur sitemap, breadcumbs, permalink, rss, juga ada konsol pencarian yang menyimpan log kesalahan yang diterima pengunjung saat ingin mengakses situs kita.

2. SEO Redirection

seo redirection wordpress

Plugin SEO yang satu ini adalah plugin yang sangat powerfull, bisa digunakan untuk mengurangi tingkat kesalahan error 404 pada halaman kita. Mungkin saja, pengunjung kita datang ke halaman yang sudah kita hapus, atau kita ubah permalinknya, tapi dengan adanya SEO redirection, kita bisa mengarahkannya ke halaman lain yang kita inginkan, minimal lempar ke halaman depan. Klo aku sih lebih suka melemparnya ke halaman disclosure biar orang tau, di halaman itu aku tulis informasi jika link yang dituju sudah tidak lagi aktif dalam website kita.

3. NextGen Facebook

nextgen facebook

Plugin yang bisa kita gunakan untuk mengirimkan feed otomatis ke berbagai social media seperti facebook, twitter, google , dengan plugin ini post artikel kita di facebook akan menampilkan gambar yang besar dan text pengantar yang berasal dari description yang kita tulis di WordPress atau dari paragraf awal artikel kita.

BACA JUGA:   Tools Penguji Situs Mobile Friendly (Official Google)

4. Recent Search Terms

Para mastah SEO tentu mengenal plugin wordpress terbaik bernama Search Terms Tagging 2 atau STT2. Nah Recent Search Terms adalah kembarannya, entah kenapa harus ada dua plugin yang sama persis fungsi dan pembuatnya. Fungsi plugin ini adalah untuk menangkap dan menyimpan semua querry yang berasal dari search engine dan diikuti pengunjung sampai ke situs kita. Plugin ini sangat membantu unutk melihat keyword apa saja yang paling banyak masuk ke situs kita, dan yang terbaik, secara otomatis akan menyimpan dan menampilkan keyword masuk tersebut di bagian bawah halaman artikel kita, agar jika ada pencarian dengan keyword yang sama, maka artikel kita sudah punya keyword yang sama.

5. SEO Friendly Images

seo friendly images

Space hosting adalah isu yang cukup penting untuk narablog yang menggunakan CMS WordPress. Keterbatasan space membuat kita perlu berhati-hati mengalokasikan space untuk menempatkan gambar, ssst tapi ada lho hosting yang menyediakan space hosting unlimited dengan harga terjangkau seperti hostinger.co.id

Nah tapi tidak ada salahnya kita berkenalan dengan Plugin WordPress terbaik berikutnya. Plugin ini memiliki kemampuan untuk menamai gambar yang kita pasang di artikel kita sesuai dengan nama artikel kita, dan bisa juga lho kita setting secara otomatis mau dinamain kek gimana. Jadi klo terbiasa upload gambar dari kamera digital bernama DCIM DCIM atau dari kamera smartphone dengan nama IMG IMG gak usah repot-repot lagi buat merename satu persatu.

6. SEO Auto Links

Kita tentu tahu, bahwa kebutuhan internal link kita pasti diperlukan, selain untuk mengurangi bounce rate, juga agar semakin banyak link internal yang saling terkait. Nah, saat kita menuliskan sebuah kata yang sama dengan judul salah satu artikel lain, akan di auto link kan secara otomatis oleh plugin ini. Selain itu kita juga bisa mengeset keyword sendiri yang akan kita jadikan sebagai anchor ke salah satu postingan. Jadi, kapanpun kita menyebut keyword tersebut langsung akan ngelink ke artikel yang kita tuju.

7. Related Post Thumbnails

related post thumbnail plugin

Related post Thumbnails digunakan untuk memberikan related post lain di bagian bawah artikel kita. Kita bisa mengeset related link nya berdasarkan kategori atau berdasarkan tags. Di plugin ini, gambar utama dari artikel-artikel relatednya juga bisa dimunculkan, sehingga tidak terkesan plain saja dengan teks

BACA JUGA:   Mudah memasang google adsense wordpress menggunakan plugin Ad-inserter

8. Inline Related Posts

inline related posts

Jika RPT membuat related post di bagian bawah artikel. Inline sebaliknya, dia akan memberikan related post di bagian tengah artikel. Pernah membaca artikel yang di tengah-tengahnya ada tulisan baca juga: artikel bla bla bla? Nah plugin ini membantu kita secara otomatis menampilkan tags semacam itu, bahkan dengan tampilan yang lebih menarik? enggak percaya? coba cek tampilan tulisan baca juga di dalam artikel ini. Kita bisa mengeset, berapa inline teks yang akan kita masukkan dan tiap berapa kata inline tersebut akan muncul dan muncul kembali.

9. Relevanssi

relevanssi

Terkadang pengguna masih kesulitan dengan navigasi situs kita, maka opsi selanjutnya adalah dia akan mencari tombol pencarian untuk mencari artikel di dalam situs kita. Nah relevanssi bertugas untuk memberikan jawaban terbaik dengan cara mengindeks semua artikel yang kita miliki, dengan demikian, meskipun artikel di blog kita sedikit, relevanssi tetap akan memberikan jawaban kepada pengunjung yang melakukan pencarian lewat kolom pencarian.

10. Squirrly SEO

squirrly wordpress seo plugin

Plugin WordPress SEO satu ini baru aku temukan tadi malam, dan sudah memberikan performa yang keren banget, terutama membantu kita dalam membuat konten. Saat kita membuat konten, cukup ketikan keyword yang ingin kita sasar pada squirrly bar, nanti secara otomatis Squirrly akan memperhitungkan kualitas konten kita, baik mulai dari Judul artikel, title length, headline, jumlah persebaran keyword, penilaian human friendly, google friendly, dan kita bisa mencari gambar yang sesuai dengan keyword tanpa harus repot repot buka google searching, simpan lalu reupload di artikel kita.

Nah, jika kalian adalah pemula yang ingin membuat blog, biasanya akan bertanya, pilih blogspot atau wordpress? WordPress dot com atau wordpress self hosting? Klo aku sendiri lebih menyarankan untuk menggunakan wordpress selfhosting. Pertama karena membangun blog itu membangun personal branding, dan WordPress self host menawarkan banyak kelebihan yang sangat membantu seorang pemula untuk membuat blog yang profesional. Gimana sih cara membuat blog wordpress yang mudah dan menyenangkan? silahkan kunjungi artikel Cara membuat blog wordpress. Sampai jumpa di artikel berikutnya

seo untuk wordpress, belajar seo by yoast, belajar seo terbaik loc:ID, belajar seo wordpress, plugin seo wordpress terbaik, seo terbaik
News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.