IC Shift Register

Dalam dunia elektronika kita mengenal banyak sekali jenis IC, dari sekedar pre-amp, timer 555 sampai Chip Processor seperti intel Pentium maupun intel i7. Meskipun mungkin yang kita pelajari gak sampai pada Chipset2 yang banyak digunakan pada motherboard atau perangkat computer canggih.

Jika kita terbiasa menggunakan mikrokontroler mungkin akan bersinggungan dengan IC yang berfungsi sebagai shift register, apa sih IC shift register itu????

IC shift register adalah IC yang berfungsi menggeser input yang masuk, prinsipnya sama seperti kita melihat antrian orang2 di depan loket, setiap satu transaksi (clock) maka antrian akan bergeser maju ke depan.

IC Shift Register 1

Input pada IC shift register biasanya hanya 1 pin, dan nilai output yang keluar didapat dari membandingkan lama kondisi high pada pin input dibandingkan dengan periode clocknya, jika input mencapai 1 periode clock maka IC akan menganggap outputnya 1.

Contoh IC shift register ini adalah IC 74595 yang dipakai untuk mengatur baris/kolom pada rangkaian dotmatrik mikrokontroler, karena dengan menggunakan IC shift register kita bisa menghemat jumlah PORT mikrokontroler untuk dipergunakan oleh fungsi2 yang lain.

BACA JUGA:   Arduino dan ATMega

Next time kita akan membahas tentang pemrograman dot matrik di mikrokontroler, terutama AVR keluarga ATMega dengan bantuan compiler Codevision dan Proteus ISIS.

gambar dari sini

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.