belajar mikrokontrol atmega otodidak

Mau belajar mikrokontroler secara otodidak?

Rekan-rekan peminat mikrokontroler maupun robotika, untuk mempelajari mikrokontrol/ robotika biasanya kita perlu untuk mengikuti pelatihan di lembaga bimbingan yang membuka kelas mikrokontroler dan robotika, mengambil kuliah di bidang komputer / elektro, atau untuk pelajar bisa masuk ke SMK jurusan elektro/elektronika. Akan tetapi, tidak selalu terdapat lembaga pembelajaran maupun institusi pendidikan mikrokontrol/robotika di kota kita.

Solusi untuk belajar mikrokontroler ini kemudian adalah dengan mempelajarinya secara otodidak. Untuk belajar secara otodidak, kita dapat menggunakan bantuan buku-buku mikrokontroler yang banyak dijual di pasaran.

Pada umumnya, buku-buku tersebut sudah memberikan informasi know-how dan how-to untuk membangun sebuah aplikasi sederhana dari mikrokontroler, hal itu tentu saja termasuk perangkat apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana membuat/merangkai sistem minimum mikrokontroler tersebut berikut downloadernya.

belajar mikrokontrol atmega otodidak

Nah ada solusi yang lebih praktis lagi, yaitu dengan membeli modul pembelajaran mikrokontroler yang banyak dijual di dunia maya, anda bisa memilih yang branded seperti EasyAVR dari mikroElektronika maupun yang dibuat oleh para engineer lokal. Diantaranya adalah Delta Electronics di Surabaya, Inkubator Teknologi di Jogja, Fornext Robotics di Semarang atau bengkel Elektro di Malang.

Masing-masing vendor tersebut menyediakan berbagai komponen untuk belajar mikrokontroler mulai dari dasar bahkan ada yang menyediakan modul terpadu dan modul-modul khusus seperti modul sms control, bahkan modul robotik. Monggo dilihat sendiri produk-produk yang mereka tawarkan lewat internet.

Selamat belajar mikrokontroler secara otodidak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *