<span class='p-name'>Melacak IP Address di Dunia Maya</span>

Mungkin gak sih buat kita melacak IP address? weits weits weits apa pula IP address itu? tau tau kok pengen dilacak, IP address merupakan kependekan dari Internet Protocol address, adalah alamat logis sebuah komputer ketika ia terhubung ke dalam sebuah jaringan/internet.

Gampangnya IP address adalah nomer hape dalam dunia komunikasi seluler, setiap IP address haruslah unik agar tidak terjadi salah kirim sms antar pengguna komunikasi jaringan. Dengan demikian setiap kita terhubung ke dalam internet maka sebenarnya kita pun memiliki IP address agar internet mengenali siapa kita, tahu klo komputer kita lah yang sedang melakukan donlot video gangnam style di youtube bukan komputer tetangga.

Nah IP address ini dalam dunia internet terbagi menjadi dua, yaitu IP publik dan IP privat, IP private adalah IP yang kita dapatkan dari ISP masing2, access point atau dari administrator jaringan di kantor. Sementara IP publik adalah IP yang digunakan untuk koneksi internet. Kenapa sih harus dibedakan antara IP publik dan IP private.

IP publik digunakan untuk berkomunikasi dengan user/server di seantero dunia, bayangkan jika setiap komputer di kantor cabang sebuah bank bisa diakses oleh semua pengguna internet dunia? tentu saja komputer itu bisa diserang hacker yang ingin menguras uang dalam rekening bank tersebut. Makanya dipisahkanlah kedua IP tersebut, IP private biasanya digunakan untuk jaringan dalam kantor yang bersifat lokal, untuk menghubungkan dengan internet kita memerlukan router/modem yang berfungsi menjembatani koneksi, mengatur lalu lintas data dan menjadi firewall agar jaringan private tidak diserang oleh hacker.

Semua komputer dalam satu kantor melewati router yang sama sehingga dalam pandangan internet dia hanya melihat sebuah komputer saja yang mengakses (router) tapi internet tidak bisa melihat berapa komputer dalam kantor tersebut yang terhubung ke internet.

Lalu bisakah kita melacak IP address seorang pengguna internet?

Ya, bisa! tapi tentu saja pelacakan kita akan mentok di IP publik terakhir dari target kita. IP publik tersebut dapat menunjukan apa ISP yang dia punya, dan ada di kota mana dia berada, tapi jika kita ingin mengetahui lebih dari itu tentu saja harus bisa menjebol keamanan router target agar bisa ngintip dengan jelas sebenarnya siapa dia.

Untuk mengetahui IP publik kita sendiri di internet kita bisa memasang widget myIP seperti pada gambar berikut, widget ini akan mendeteksi IP publik kita, operasi sistem yang kita pakai dan versi browser yang kita gunakan berselancar

IP

Itu klo ngelacak IP sendiri, he tapi minimal kita tahu IP publik kita ternyata beda sama IP yang ada di properties local area network pada network connection kita, ya IP yang ada di komputer kita adalah contoh IP private, dan IP yang terdeteksi di internet adalah IP publik milik ISP/operator yang kita pake

Lalu gimana caranya melacak IP orang lain?

Pada prinsipnya untuk melacak IP orang lain bisa pake email, atau bisa juga menggunakan bantuan penyedia IP tracing gratisan. Contoh pelacak IP address gratis adalah tracemyip.org website ini menyediakan layanan bebas tracing selama satu tahun, setelah kita mendaftar kita dapat memulai campaign pelacakan, kita akan diberi pilihan untuk menampilkan kode tracing yang dapat kita pilih.

Kode tracing itu adalah kode gambar yang harus dibuka oleh target kita agar tracemyip bisa melacak posisinya dan menyimpan data alamat, ISP, OS dan browser target. Cuma di versi gratisan ini gambar tracingan akan terlihat, sehingga bisa membuat target kita curiga karena sedang dilacak, pun begitu kita bisa mensiasatinya dengan mudah, cukup tambahkan perintah width=”0″ dan height=”0″ untuk mengubah ukuran gambar sehingga gambar tracingan tidak akan tampak, setelah itu kita pura2 mengirimkan pesan private ke target agar dia membuka pesan kita. Setelah terbuka otomatis kita telah mendapatkan IP publik milik target.

Tracemyip juga dapat melacak perubahan IP publik milik target, ketika target membuka pesan private, cache tracemyip akan tersimpan di komputernya, jadi meski IP publik si target berubah2 tracemyip akan mengenalinya sebagai IP milik target.

Mungkin buat temen2 yang belum pernah nyoba hal ini kelihatan useless, tapi aku sendiri pernah menggunakannya untuk melacak seorang penipu di dunia maya yang menggunakan beberapa fake akun di Multiply.

cara mengetahui ip address instagram, cara melacak ip instagram, cara melacak pengguna instagram, cara melacak ip address pengguna instagram, cara melacak pemilik akun instagram, cara melacak ip address instagram, cara mengetahui pemilik akun instagram palsu, cara melacak akun instagram, cara mengetahui ip address akun instagram, cara mengetahui pemilik akun fake instagram
News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.