Melacak IP Address di Dunia Maya

Mungkin gak sih buat kita melacak IP address? weits weits weits apa pula IP address itu? tau tau kok pengen dilacak, IP address merupakan kependekan dari Internet Protocol address, adalah alamat logis sebuah komputer ketika ia terhubung ke dalam sebuah jaringan/internet.

melacak Melacak IP Address di Dunia Maya  wallpaperGampangnya IP address adalah nomer hape dalam dunia komunikasi seluler, setiap IP address haruslah unik agar tidak terjadi salah kirim sms antar pengguna komunikasi jaringan. Dengan demikian setiap kita terhubung ke dalam internet maka sebenarnya kita pun memiliki IP address agar internet mengenali siapa kita, tahu klo komputer kita lah yang sedang melakukan donlot video gangnam style di youtube bukan komputer tetangga.

Nah IP address ini dalam dunia internet terbagi menjadi dua, yaitu IP publik dan IP privat, IP private adalah IP yang kita dapatkan dari ISP masing2, access point atau dari administrator jaringan di kantor. Sementara IP publik adalah IP yang digunakan untuk koneksi internet. Kenapa sih harus dibedakan antara IP publik dan IP private.

IP publik digunakan untuk berkomunikasi dengan user/server di seantero dunia, bayangkan jika setiap komputer di kantor cabang sebuah bank bisa diakses oleh semua pengguna internet dunia? tentu saja komputer itu bisa diserang hacker yang ingin menguras uang dalam rekening bank tersebut. Makanya dipisahkanlah kedua IP tersebut, IP private biasanya digunakan untuk jaringan dalam kantor yang bersifat lokal, untuk menghubungkan dengan internet kita memerlukan router/modem yang berfungsi menjembatani koneksi, mengatur lalu lintas data dan menjadi firewall agar jaringan private tidak diserang oleh hacker.

Semua komputer dalam satu kantor melewati router yang sama sehingga dalam pandangan internet dia hanya melihat sebuah komputer saja yang mengakses (router) tapi internet tidak bisa melihat berapa komputer dalam kantor tersebut yang terhubung ke internet.

Lalu bisakah kita melacak IP address seorang pengguna internet?

Hacker Melacak IP Address di Dunia Maya  wallpaperYa, bisa! tapi tentu saja pelacakan kita akan mentok di IP publik terakhir dari target kita. IP publik tersebut dapat menunjukan apa ISP yang dia punya, dan ada di kota mana dia berada, tapi jika kita ingin mengetahui lebih dari itu tentu saja harus bisa menjebol keamanan router target agar bisa ngintip dengan jelas sebenarnya siapa dia.

Untuk mengetahui IP publik kita sendiri di internet kita bisa memasang widget myIP seperti pada gambar berikut, widget ini akan mendeteksi IP publik kita, operasi sistem yang kita pakai dan versi browser yang kita gunakan berselancar

?size=468x60 Melacak IP Address di Dunia Maya  wallpaper

Itu klo ngelacak IP sendiri, he tapi minimal kita tahu IP publik kita ternyata beda sama IP yang ada di properties local area network pada network connection kita, ya IP yang ada di komputer kita adalah contoh IP private, dan IP yang terdeteksi di internet adalah IP publik milik ISP/operator yang kita pake

Lalu gimana caranya melacak IP orang lain?

Pada prinsipnya untuk melacak IP orang lain bisa pake email, atau bisa juga menggunakan bantuan penyedia IP tracing gratisan. Contoh pelacak IP address gratis adalah tracemyip.org website ini menyediakan layanan bebas tracing selama satu tahun, setelah kita mendaftar kita dapat memulai campaign pelacakan, kita akan diberi pilihan untuk menampilkan kode tracing yang dapat kita pilih.

Kode tracing itu adalah kode gambar yang harus dibuka oleh target kita agar tracemyip bisa melacak posisinya dan menyimpan data alamat, ISP, OS dan browser target. Cuma di versi gratisan ini gambar tracingan akan terlihat, sehingga bisa membuat target kita curiga karena sedang dilacak, pun begitu kita bisa mensiasatinya dengan mudah, cukup tambahkan perintah width=”0″ dan height=”0″ untuk mengubah ukuran gambar sehingga gambar tracingan tidak akan tampak, setelah itu kita pura2 mengirimkan pesan private ke target agar dia membuka pesan kita. Setelah terbuka otomatis kita telah mendapatkan IP publik milik target.

BACA JUGA:   Tips menghadapi error 2503 dan 2502

Tracemyip juga dapat melacak perubahan IP publik milik target, ketika target membuka pesan private, cache tracemyip akan tersimpan di komputernya, jadi meski IP publik si target berubah2 tracemyip akan mengenalinya sebagai IP milik target.

Mungkin buat temen2 yang belum pernah nyoba hal ini kelihatan useless, tapi aku sendiri pernah menggunakannya untuk melacak seorang penipu di dunia maya yang menggunakan beberapa fake akun di Multiply.

cara mengetahui ip address instagram, cara melacak ip instagram, cara melacak pengguna instagram, cara melacak pemilik akun instagram, cara melacak ip address pengguna instagram, cara melacak ip address instagram, cara mengetahui pemilik akun instagram palsu, cara melacak akun instagram, cara mengetahui ip address akun instagram, melacak IP instagram

anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

36 tanggapan untuk “Melacak IP Address di Dunia Maya

  • Juni 21, 2018 pada 12:15 pm
    Permalink

    aku be wong cilacap mas,arep takon nek nggolet Ip nang youtube bisa ora yah,jajal mbok bisa ,nek ora ya kontak ya kena

    Balas
  • April 2, 2018 pada 9:00 am
    Permalink

    hallo kak, saya butuh bantuan anda.
    adakah kontak yg bisa di hubungi.
    saya sedang ingin mencari tahu seseorang yang sedang menerror saya via instagram.

    Balas
  • Maret 6, 2018 pada 7:02 pm
    Permalink

    gimana kalo mau tau identitas seorang hacker?

    Balas
    • Maret 9, 2018 pada 3:31 pm
      Permalink

      maksudnya gimana nggih? hacker biasanya menyembunyikan identitas bahkan lokasinya dengan beberapa lapis keamanan. Butuh kemampuan teknis buat menemukan si hacker tersebut

      Balas
  • Mei 28, 2015 pada 9:21 pm
    Permalink

    Tlng bantu saya utk 1 kali ini saja.
    Please.
    Saya kurang paham.
    Saya mau melacak 2 org, saya ingin tahu IP address mrk & dr mn (real address) mereka online.
    Please… Please…
    Tlng bls k email saya.

    Balas
    • Mei 29, 2015 pada 4:26 am
      Permalink

      coba daftar ke tracemyip itu mbak nanti dapet kode pelacakannya, pasang kode itu ke halaman tertentu/email dan undang mereka buat ngebukanya

      Balas
      • Mei 29, 2015 pada 11:54 am
        Permalink

        cara daftarnya gmn saya bnr2 bingung untuk memahaminya.
        kodenya dsebelah mana?

        Balas
        • Mei 29, 2015 pada 12:01 pm
          Permalink

          njenengan daftar dulu di sini pilih opsi yang free (bisa digunakan gratis 1 tahun saja)
          pilih kode untuk private tracker, nanti akan diminta alamat web, email dll, isikan saja. Kodenya nanti silahkan dipasang di halaman web tertentu dan minta orang yang mau anda lacak buat mengunjunginya.

        • Mei 29, 2015 pada 12:55 pm
          Permalink

          harus pake web y?
          saya ga punya web… gmn donk?

        • Mei 29, 2015 pada 4:34 pm
          Permalink

          gak juga sih, pake fb sama twit bisa, tapi mencurigakan :3

  • Juni 26, 2014 pada 1:40 pm
    Permalink

    itu kalo udh dapet IPnya diapain ya mas? kalo kita mau cari data data tentang pelakunya gimana? atau sebagai contoh kita mau tau akun FB ato Twitter yg dipakai oleh sipelaku yang udh kita dapetin IPnya?

    Balas
    • Juni 26, 2014 pada 2:04 pm
      Permalink

      IP yang didapat masih berupa IP publik mas biasanya dikasih secara acak oleh ISP, untuk tahu alamat IP asli pelaku secara legal (dengan alasan penyelidikan/hukum) bisa minta dibukakan datanya ke ISP. Klo secara ilegal dengan teknik2 hacking mas

      Balas
  • November 17, 2012 pada 8:25 am
    Permalink

    mantap mas! 😀
    tidak ada ilmu yang useless kok 😀

    Contohnya bener banget, kita jadi bisa tau ip address penipu-penipu gitu. Apalagi kejahatan di dunia maya makin menjadi jadi 🙁

    Balas
    • November 17, 2012 pada 12:38 pm
      Permalink

      klo dulu gak curiga sama penipu2 itu mungkin juga saya gak kepikiran pengen ngelacak IP mereka mbak febby

      Balas
  • November 17, 2012 pada 11:59 am
    Permalink

    Hai Rio I’m comiiiing 😀

    Btw pantesan gw sering liat di blog orang ada tools pembaca ip addressnya kl kita mampir, apalagi blog2 yg suka bahas hal2 yg ada perdebatan. Biar gampang mengidentifikasi akun klonengan kali ya hahahaah..

    Ini web berbayar ya Rio?

    Balas
    • November 17, 2012 pada 12:41 pm
      Permalink

      hahaha mbak klo yang tools pembaca IP address di beberapa blog itu, cuma semacam tampilan informasi IP kita saja tapi gak bisa dipakai buat ngelacak karena gak disimpan di database mereka, klo tracemyip ada laporannya lengkap

      hehehe iya klo di MP ku aku pasang mbak lha biar klo ada munyuk2 dari mulpid mo bikin rusuh bisa langsung kedetek

      Balas
  • November 16, 2012 pada 7:16 pm
    Permalink

    Manggut2 sambil mencoba memahami perihal IP ini… 🙂

    Balas
  • November 16, 2012 pada 10:38 am
    Permalink

    kalu account fb, bisa dilacak juga gak cing -_-"

    Balas
    • November 16, 2012 pada 10:47 am
      Permalink

      ono kok kode khusus buat ngelacak di FB nek aku sih rung tau njajal nganggo

      Balas
    • November 16, 2012 pada 10:56 am
      Permalink

      waduh

      Balas
    • November 16, 2012 pada 10:59 am
      Permalink

      berarti sapa aja yg sering ngakses fb aku yo biso ke lacak donk yach -_-

      Balas
    • November 16, 2012 pada 1:35 pm
      Permalink

      ketoke nang FB ki ana applicatione dewe sik iso ndelok sapa aja yang stalkingin akun kita deh

      Balas
  • November 16, 2012 pada 10:37 am
    Permalink

    berbagi ilmu bikin ilmu tmbh bnyk kan mas?
    jd ingat pernh nanya k slh satu teman mp terkait IP ini, dijawab senyum maniez aja….

    Balas
    • November 16, 2012 pada 10:48 am
      Permalink

      klo gak dibagi pasti cuman kelupaan endingnya mbak n_n"

      Balas
  • November 16, 2012 pada 10:18 am
    Permalink

    abis baca paragraf terakhir langsung cengar-cengir….keinget pakde segawon..*eh*…. :))

    Balas
    • November 16, 2012 pada 10:35 am
      Permalink

      hahahaha itu yang dilacak sama dekmaniezt kang 😀

      Balas
  • November 16, 2012 pada 10:04 am
    Permalink

    bisa gak sih kita melacak orang lain di dunia maya? coba cari tahu disini

    Balas
    • November 16, 2012 pada 10:32 am
      Permalink

      -___-"

      Balas
    • November 16, 2012 pada 10:38 am
      Permalink

      kamu mau dilacak juga gak han?

      Balas
    • November 16, 2012 pada 10:57 am
      Permalink

      wkwkwkwkwk
      aku kuatir dilacak orang ikih :))

      Balas
    • November 16, 2012 pada 10:58 am
      Permalink

      Priyo Harjiyono betewe ya, priwe toh carane kok biso nyambung antara fb ama komen2 di blog iki :))

      Balas
    • November 16, 2012 pada 1:35 pm
      Permalink

      aku nganggo plugin WP njuk dikoneksikan ke pesbuk

      Balas

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: