Membuat Running led dengan Arduino

Proyek pertama arduino di blog ini adalah membuat running led, dengan menggunakan simulasi proteus dan juga memakai hardware arduino jika memang sudah memiliki. Karena board arduino yang aku punya adalah arduino mega, maka contoh disini menggunakan arduino mega, meski tentu saja pembaca bisa menggunakan board arduino lainnya seperti arduino uno.

Untuk membuat running led ini aku menggunakan tiga PIN berurutan yaitu PIN 11, 12 dan 13, led yang aku pakai cuma ada tiga, kok enggak delapan sekalian? Maklum nemu led nya cuman 3 itu di kotak sisa peradaban kuliah.

Simulasi dapat dilakukan menggunakan ISIS Proteus Simulator yang sudah dipasang library arduino. Dalam contoh dibawah, simulasi menggunakan simulino mega (arduino mega compatible) untuk menyalakan tiga led secara berurutan

running-led-arduino-mega-2560 Membuat Running led dengan Arduino  wallpaper

Metode penyalaan led menggunakan perulangan for, agar program lebih simple daripada harus mendeklarasikan proses penyalaan dan mematikan led untuk setiap PIN, karena itulah aku make tiga PIN yang memang berurutan agar lebih memudahkan dalam mekanisme perulangan.

void setup()
{
  pinMode(11, OUTPUT);
  pinMode(12, OUTPUT);
  pinMode(13, OUTPUT);
}
void loop()
{
  for(char nyala=11;nyala<14;nyala++)
  {
  digitalWrite(nyala, HIGH);
  delay(100);
  digitalWrite(nyala, LOW);
  delay(100);
  }
}

tampilan realisasi hardwarenya sebagai berikut

running-led-dengan-arduino Membuat Running led dengan Arduino  wallpaper

cara membuat running text dengan arduino, cara membuat running led dengan arduino, running led arduino, program running text dengan arduino, membuat running led dengan arduino, arduino running text dot matrix, program arduino running led, cara membuat running text led dengan arduino, cara membuat led matrix dengan arduino, membuat running text dengan arduino

anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

2 tanggapan untuk “Membuat Running led dengan Arduino

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: