Menelusuri Alam Bawah Tanah Jogjakarta Lewat Wisata Goa

Jogjakarta nggak akan pernah bisa bikin puas kalau hanya dikunjungi dalam sehari. Keindahan alam yang dimilikinya bukan cuma ada di Malioboro, Kaliurang, atau pantai-pantai di pesisir selatannya saja. Bila durasi rental mobil Jogja kamu masih lama, wajib untuk menguak isi perut bumi Jogja dengan berpetualang menyusuri goa-goa.

Ada banyak spot goa indah yang bisa kamu temukan di Jogjakarta. Berikut adalah empat wisata goa yang bakal membuatmu betah berlama-lama di Kota Gudeg tersebut.

Goa Pindul

Ada apa saja di artikel ini?

sumber:jamelatour.co.id

Bisa dibilang, Goa Pindul adalah kolam renang bawah tanahnya Jogjakarta. Kamu bisa bermain air sepuasnya di goa ini. Mulai dari melompat dari batang pohon dan terjun ke laguna, atau menantang adrenalin dengan arung jeram di Kalisuci. Bersiaplah untuk benturan-benturan dengan bebatuan yang menjadi dinding-dinding Goa Pindul.

Goa Pindul berada di Dusun Gelaran 1, Karangmojo, Gunungkidul. Untuk yang pengen merasakan atraksi-atraksi menantang di dalam Goa Pindul, pengelola punya jam operasional dari pukul tujuh pagi hingga lima sore, Waktu Indonesia Barat.

Goa Jomblang

sumber:@Kemenpar_RI

Berawal dari amblesnya tanah, ribuan tahun lalu, terciptalah Goa Jomblang. Lobang itu pun secara alami memiliki bentuk seperti sumur dan dihiasi dengan vegetasi alam, seperti tanaman paku, jamur, hingga pepohonan besar.

Untuk memasuki Goa Jomblang, kamu harus rela memancing adrenalin saat turun sejauh 80 meter menuju dasarnya. Nikmati juga panorama yang sangat luar biasa, yaitu cahaya matahari yang masuk dari mulut goa menuju ke dalam, yang bakal menciptakan foto dengan banyak Like kalau kamu bagikan ke media sosial.

Karena terbatasnya angkutan menuju ke Goa Jomblang, sangat disarankan untuk memanfaatkan jasa rental mobil Jogja. Biar kamu punya fleksibilitas tinggi saat mengunjunginya.

Goa Cerme

sumber:maioloo.com

Ingin menemukan atmosfer yang bikin merinding saat menyusuri goa? Pastikan Goa Cerme merupakan salah satu destinasi Jogjakartamu. Dari awal, pengunjung akan diajak sport jantung saat menerjunkan diri ke sungai bawah tanah. Begitu sampai ke bawah, batuan stalaktit dan stalagmit akan langsung memberikan ucapan selamat datang. Tantangan terus berlanjut, seiring dengan arus sungai yang makin buas. Selain itu, dinding goa juga makin menyempit. Kalau nggak berani, lebih baik pikir dua kali untuk masuk lebih dalam.

Konon, salah satu sudut di goa yang berada di Selopamioro, Imogiri, Bantul ini dulunya adalah ruang diskusi para Wali Songo. Nggak heran kalau banyak pertapa yang datang ke Goa Cerme untuk berziarah dan semedi. Agar lebih efektif dalam berpetualang, sangat disarankan untuk memanfaatkan jasa rental mobil Jogja supaya lebih mudah untuk meluncur ke Goa Cerme.

Goa Langse

sumber:bertuahpos.com

Goa Langse adalah goa bagi para petualang berpengalaman. Soalnya kamu butuh skill mumpuni untuk menaklukkan trek yang sangat berbahaya. Konon, selalu ada pendatang yang kehilangan nyawanya saat menelusuri Goa Langse ini.

Apa sih yang berbahaya? Setelah menyusuri jalan setapak, kamu wajib menaiki tangga yang nyaris tegak lurus di bibir tebing. Nggak tanggung-tanggung karena dirimu harus merayap setinggi 400 meter. Goa Langse sendiri merupakan tempat bertapa yang hingga sekarang masih sering dikunjungi banyak peziarah. Jadi nggak usah heran kalau aroma dupa begitu menyengat di goa ini.

Jogja itu indah, Jogja penuh tantangan. Rasakan petualangan berbeda dari Jogjakarta dengan menyusuri ‘relung-relung tubuhnya,’ yaitu goa-goa yang indah, mistis, tapi selalu bikin penasaran. Manfaatkan jasa rental mobil Jogja agar lebih mudah menuju destinasi-destinasi tersebut.

BACA JUGA:   Rumah Dijual Di Depok 2017
News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.