<span class='p-name'>Mengenal Penyakit Diabetes, Gejala Hingga Penyebabnya</span>

Penyakit diabetes merupakan jenis penyakit jangka panjang yang disebabkan adanya kadar gula darah atau glukosa yang jauh di atas kadar normal. Seperti yang diketahui glukosa itu sendiri penting untuk kesehatan karena glukosa menjadi sumber energi utama bagi otak dan sel-sel yang membentuk otot dan jaringan tubuh. Diabetes yang juga disebut sebagai diabetes melitus ini mempunyai dua jenis, yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Di dunia ini banyak sekali orang yang didiagnosa mengalami diabetes. Begitu pula Indonesia yang juga masuk dalam 10 besar negara dengan penderita diabetes tinggi. Penanganan yang tepat bisa menjadi solusi terbaik, salah satunya adalah dengan mengandalkan manfaat kayu manis. Namun sayangnya masih banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya terserang diabetes. Sehingga tidak segera dilakukan upaya penyembuhan.

Untuk itulah penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang menjadi gejala penyakit diabetes.

Gejala Penyakit Diabetes

Diabetes tipe 1 termasuk jenis penyakit yang perkembangannya cukup cepat. Bisa dalam hitungan hari atau mingguan. Sementara itu, penderita diabetes tipe 2 cenderung tidak menyadari bahwa dirinya sudah mengidap diabetes dalam periode waktu yang lama, hal ini disebabkan gejala yang ditimbulkan tidaklah spesifik.

Diabetes-500-kata Mengenal Penyakit Diabetes, Gejala Hingga Penyebabnya  wallpaper

Berikut adalah gejala diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

  1. Rasa lapar yang sangat,
  2. Massa otot berkurang,
  3. Sering merasa haus,
  4. Berat badan turun tanpa sebab,
  5. Sering BAK pada malam hari,
  6. Kelelahan,
  7. Luka yang tidak sembuh-sembuh,
  8. Mudah mengalami infeksi; kulit, vagina, gusi hingga saluran kemih,
  9. Pandangan kabur.

Penyebab Diabetes Tipe 1

Meski secara umum penyebab kedua jenis diabetes ini sama, namun penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab diabetes dari setiap tipenya.

  • Faktor genetik

Diabetes tipe 1 bisa disebabkan adanya faktor genetik. Untuk itu coba cari tahu apakah dalam keluarga Anda ada yang memiliki riwayat diabetes tipe 1. Apabila ada, maka Anda pun beresiko untuk menderita penyakit yang sama.

  • Faktor lingkungan

Selain faktor genetik, faktor lingkungan juga bisa menjadi penyebab diabetes tipe 1. Lebih tepatnya adalah karena infeksi virus. Infeksi virus inilah yang kemudian mengacaukan sistem kekebalan tubuh lalu mengganggu fungsi pankreas.

Penyebab Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah tipe diabetes yang paling mendominasi dari sekian banyak penderita diabetes. Berikut adalah penyebab diabetes tipe 2.

  • Obesitas

Mengapa obesitas dikategorikan sebagai penyebab diabetes tipe 2? Sebab lemak yang dibiarkan menumpuk dalam tubuh bisa menyebabkan resistensi insulin. Kondisi ini adalah penggambaran dari insulin yang tidak sensitif hingga menurunkan fungsinya dalam mengatur kadar gula darah.

Obesitas ini ditandai dengan ukuran lingkar pinggang yang tidak normal, yakni lebih dari 80 cm (wanita) dan lebih dari 90 cm (pria).

  • Faktor usia

Usia yang bertambah bisa menjadi penyebab diabetes tipe 2. Dengan semakin menuanya seseorang umumnya akan membuat berat badan bertambah, bahkan kebiasaan olahraga pun tidak begitu diperhatikan.  Oleh karena itu rajinlah olahraga agar resiko diabetes bisa dihindari.

  • Gaya hidup

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti lemak, gula, kalori yang tinggi juga bisa menyebabkan obesitas hingga diabetes tipe 2. Selain itu, seseorang dengan kebiasaan meminum minuman manis juga beresiko menderita diabetes. Pola makan yang buruk ditambah dengan kebiasaan minum alkohol, merokok, dan tidak berolahraga akan memperparah kondisi tersebut.

Demikian sekilas tentang penyakit diabetes, gejala hingga penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya, ini akan membantu Anda untuk lebih sadar akan pentingnya kesehatan sehingga tidak turut menjadi salah satu dari deretan penderita diabetes. Begitu pula dengan mengetahui gejala diabetes, setidaknya Anda bisa segera menentukan langkah penyembuhan sedini mungkin. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan GLUCOSCARE.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

 

apakah yang kamu ketahui tentang penyebabnya tentang penyakit diabetes? apakah penyebabnya
News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.