Packet Tracer Activity

Ada sesi enaknya menggunakan bantuan edmodo buat memberikan tugas pada anak2 di kelas, dan lebih enak lagi klo hasil upload jawaban siswa tidak perlu susah2 dikoreksi si guru. Iya begitulah enaknya pake bantuan teknologi informasi dalam pembelajaran. Cuma ya memang harus ngerti dulu cara mainnya.

Soal edmodo apa menyediakan fitur semacam itu, aku masih belum eksplor terlalu jauh, soalnya fitur gak usah ribet koreksi jawaban siswa yang aku maksud bukanlah fitur dari edmodo, melainkan fitur dari software simulasi jaringan milik Cisco, yaitu packet tracer. 

Seperti anak2 jaringan tahu, bahwa file packet tracer biasanya bereksistensi .pkt, sedangkan dalam packet tracer sendiri terdapat fungsi activity, yaitu untuk melihat aktivitas sejauhmana progress siswa mengerjakan soal yang ada dalam packet tracer.

File activity ini bereksistensi .pka dan harus dibuat dengan sebelumnya membuat 2 file .pkt terlebih dahulu, yaitu file awal (yang akan menjadi starting point student untuk mengerjakan soal) dan file akhir (soal yang sudah dikerjakan dengan benar oleh guru) lalu dengan menggunakan menu activity wizard, guru bisa memberikan poin penilaian setting mana saja yang harus dijawab dengan benar oleh siswa.

Tetapi yang perlu diperhatikan disini, ada kemungkinan bahwa siswa akan dapat mengerjakan file soal yang kita berikan, jawabannya benar tetapi tidak sesuai dengan poin penilaian yang kita setting, sehingga nilai siswa tidak bisa optimal. Oleh karena itu seorang guru perlu memberikan batasan2 dalam bentuk instruksi agar siswa nantinya akan mengerjakan sesuai dengan petunjuk dan harapan guru.

BACA JUGA:   Kalender Akademik Semua Provinsi Tahun Ajaran 2016/2017

Memang sih, buat bikin soal, menentukan poin penilaian dan memberikan instruksi yang bisa mengarahkan siswa agak susah, tapi hasilnya sebanding dengan kita gak perlu lagi repot2 mengecek sendiri hasil pekerjaan siswa, karena packet tracer akan langsung memberikan nilai untuk pekerjaan siswa.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.