Pemanfaatan Big Data Sebagai Insight Untuk Memahami Pelanggan

Cara kerja dunia yang begitu cepat adalah revolusi dari hadirnya teknologi bernama internet. Hingga secara real time informasi terus mengalir deras. Hal ini menciptakan kemajuan bagi peradaban manusia, untuk menghasilkan perkembangan teknologi yang dapat membawa manfaat luar biasa bagi kehidupan. Berbagai macam peranan pekerjaan yang sebelumnya mengharuskan penggunaan fisik yang cukup besar, saat ini sudah banyak tergantikan oleh peralatan otomatis.

Era Big Data

Kita sudah memasuki era dimana semakin berlimpahnya ketersediaan data-data dari semua aspek yang ada. Lautan data ini mengarah pada satu istilah yaitu Big Data. Bagi kalangan industri atau praktisi, Big Data telah membuka peluang untuk menetapkan strategi bisnis serta inovasi dalam hal memproses, menganalisis dan menyimpan data dengan volume serta tingkat volatilitas yang tinggi serta cepat dan efektif.

Oleh karenanya, pihak yang mampu mengolah dan memanfaatkan data-data yang tersedia dalam volume besar, keragaman variatif, kompleksitas tinggi dan kecepatan penambahan data yang tinggi, dapat mengambil keuntungan yang besar.

Data dan bisnis seolah menjadi paket lengkap keduanya tidak bisa dipisahkan. Sebagai bisnis yang berjalan di era teknologi tentu data lengkap dengan analisisnya merupakan bagian terpenting yang dapat menopang arah kebijakan dalam menjalankan bisnis. Analisis data yang lengkap bukan lagi hanya menjadi kompetensi yang penting bagi organisasi perusahaan akan tetapi sebagai penentu penguasaan pasar dan dijadikan dasar acuan ke mana bisnis akan berjalan dan dikembangkan.

BACA JUGA:   Ini Dia Kumpulan Caption IG Yang Twistnya Euh banget

Manfaat Big Data

manfaat big data

Beberapa manfaat Big Data yang sudah dirasakan khususnya bagi dunia usaha di antaranya adalah  mengetahui respon masyarakat terhadap produk yang dikeluarkan melalui analisis sentimen di media sosial membantu perusahaan mengambil keputusan secara lebih tepat dan akurat berdasarkan data membantu citra perusahaan di mata pelanggan, untuk perencanaan usaha dengan mengetahui perilaku pelanggan, seperti pada perusahaan telekomunikasi dan perbankan, serta mengetahui tren pasar dan keinginan konsumen.

 

Semakin banyak data yang dapat dikumpulkan dari pelanggan melalui berbagai parameter, seperti misalnya program loyalitas, pola kunjungan pencarian, histori pembelian, akan memperkaya para pemain ecommerce untuk memproses informasi ini guna melaksanakan pemetaan atau segmentasi pelanggan dalam rangka menciptakan layanan dan konten – konten promosi yang lebih terpersonalisasi. Big Data membuat para pelaku bisnis mampu menentukan pola perilaku yang berguna untuk meramalkan kompleksitas lingkungan pasar mereka, dan dengan demikian mampu bertindak dan memutuskan langkah-langkah pencegahan. Menjaga konsumen agar tetap loyal sebelum mereka beralih ke kompetitor lain

BACA JUGA:   Panduan Memilih Paket Internet Terbaik

Sehingga dapat disimpulkan, Big Data sangat bermanfaat untuk dapat memahami keinginan konsumen sehingga dapat membuat performa bisnis Anda menjadi lebih maksimal. Anda bisa menggunakan teknologi Big Data Telkom  untuk membuat inovasi di perusahaan lebih optimal lagi, supaya mendorong pertumbuhan bisnis yang lebih kompetitif dan inovatif.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.