Perbedaan simplex, half duplex dan full duplex

Dalam dunia komunikasi data, data ditransmisikan lewat media transmisi, media transimi tersebut dapat berupa gelombang frekuensi, kabel maupun menggunakan kilatan cahaya.

Komunikasi data melibatkan dua pihak atau lebih, satu pihak berperan sebagai transmitter atau pemancar data dan pihak lain bertindak sebagai receiver/penerima data. Proses komunikasi antara dua pihak ini dapat dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu komunikasi simplex dan duplex. Untuk komunikasi duplex sendiri dipecah lagi jadi dua kategori yaitu komunikasi half duplex dan full duplex.

perbedaan simplex half duplex dan full duplex

Pengertian Simplex

Komunikasi simplex (simpel) adalah komunikasi one way communication, komunikasi terjadi hanya satu arah dari transmitter menuju receiver, pada jenis komunikasi ini pihak receiver tidak memiliki kemampuan untuk memberikan tanggapan pada transmitter.

Komunikasi jenis ini rata2 digunakan dalam layanan broadcast, seperti channel radio maupun televisi, dimana antena televisi di rumah kita bertindak sebagai penerima data yang disiarkan oleh transmitter.

Contoh komunikasi simplex dalam dunia internet adalah video youtube, streaming maupun podcast, dimana para pendengar hanya dapat mendengarkan pembicara atau video yang sedang ditonton.

Pengertian Komunikasi Duplex

Komunikasi Duplex adalah komunikasi perangkat elektronik yang berjalan 2 arah, kedua pihak dapat berperan sebagai transmitter maupun receiver. Jika komunikasi yang terjadi secara half duplex, maka artinya setiap pihak akan bergantian bertindak sebagai transmitter dan receiver, saat pihak pertama mengirimkan data, pihak kedua akan mendengarkan, pada saat pihak kedua mengirimkan data, maka pihak pertama gantian mendengarkan data yang dikirim.

Perbedaan Simplex dan Duplex

Dengan demikian, perbedaan Simplex dan duplex adalah pada arah komunikasinya, dimana pada komunikasi simplex, komunikasi berjalan satu arah, sedangkan pada komunikasi duplex berjalan dua arah.

Perbedaan Half Duplex dan Full Duplex

Perbedaan Half Duplex dan Full Duplex ada pada pembagian timing komunikasinya. Pada full duplex, setiap perangkat akan bergantian bertindak sebagai receiver dan transmitter, sementara pada komunikasi full duplex, komunikasi terjadi secara bersamaan antara transmitting dan receiving data. Dengan demikian, keunggulan full duplex adalah proses komunikasi berlangsung secara efektif dan efisien dari sudut pandang kebutuhan waktu yang dibutuhkan untuk berkomunikasi antar perangkat

Metode half duplex dapat dijumpai pada komunikasi handy talkie, dimana satu pihak akan menekan tombol transmitter untuk berbicara sementara pihak lain mendengarkan. Komunikasi dua arah ini dilakukan secara bergantian, karena itulah dinamai half duplex.

Komunikasi full duplex, mengijinkan kedua belah pihak melakukan pengiriman dan penerimaan data secara bersamaan. Dalam model ini, setiap pihak memiliki receiver dan transmiter yang bisa bekerja bersama2 sehingga kedua pihak tidak mengalami delay dalam pengiriman dan penerimaan data.

Contoh komunikasi full duplex adalah pada komunikasi telepon, Voip, vidio call, dan lain-lain, kedua pihak dapat saling berbicara dan mendengarkan pada saat yang bersamaan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.