Portable DVD RW

Jaman pertama punya komputer dulu, sering kesusahan karena komputernya ga dilengkapi dengan CD drive, walhasil boro2 mau install ulang, buat masukin cd mp3 aja enggak bisa.

Kemudian masa pun berganti, dulu cuma ada CD-Rom drive, kemudian berturut turut muncul CD-RW drive, DVD-ROM drive, Combo drive dan DVD-RW drive. Perbedaannya adalah jika CD Rom hanya bisa membaca CD, CDRW dilengkapi kemampuan memburning CD, DVD rom mampu membaca keping CD dan DVD, Combo drive selain mampu membaca keping CD & DVD juga mampu memburning CD, terakhir yang paling lengkap adalah DVD-RW drive yang punya kemampuan baca tulis baik CD maupun DVD.

Samsung-SE_208DB_L_side45_offline Portable DVD RW  wallpaperNah selain drive yang bersifat internal yang harus dipasang di CD mounting rack pada casing, ada juga versi eksternal yang terhubung menggunakan interface USB. Kemudahan versi eksternal ini adalah sifatnya yang mobile dan mudah dibongkar pasang, tidak butuh power eksternal, karena arusnya didukung langsung dari kabel data USB yang dipasangkan pada komputer/laptop.

Memang dewasa ini kebanyakan sudah menggunakan komputer portable/laptop/notebook yang sudah memiliki drive internal sendiri, tetapi mengingat sekarang juga netbook bertebaran maka kebutuhan drive eksternal menjadi salah satu poin penting buat pengguna komputer.

Buat aku sendiri, aku beli DVDRW eksternal dengan beberapa pertimbangan, diantaranya karena istri punyanya netbook, klo netbooknya harus install ulang pastinya butuh optical drive eksternal, mau bikin bootable USB flashdisk memang simple tapi harus bikin dulu.

BACA JUGA:   Undangan Training Oracle Academy

Kemudian di sekolah sendiri, meskipun setiap komputer aku lengkapi dengan DVDRW internal, tetapi sering juga anak2 kesulitan waktu melakukan instalasi Sistem Operasi Jaringan Debian /Windows baik secara live maupun secara virtual karena optical drive nya error. Kalau harus bongkar DVDRW internal jelas memakan waktu lama, maka solusinya ya siapin cadangan DVDRW eksternal.

Klo rekomendasi merk sih, aku lebih cocok sama merk Samsung, dan untuk kebutuhan rumah dan sekolah aku beli tipe Samsung SE-208 DB, untuk transfer data masih menggunakan USB v 2.0, kecepatan baca/tulis untuk CD-R, CD-RW 24x, DVD+R, DVD+RW, DVD-R 8x, DVD+R Double Layer, DVD+RW DL, dan DVD-RW 6x sementara keping DVD RAM 5x. Untuk tampilan body drive optik ini sendiri cukup cantik dan simpel. Balutan body berwarna biru, merah dan putih melapisi bagian bawah yang berwarna putih terkesan elegan dan kompak. Sementara untuk yang hitam hanya menggunakan warna senada untuk bottom maupun upper layernya.

Jadi ya punya DVDRW eksternal menurutku perlu, terutama buat keperluan cadangan.

cara menggunakan dvd eksternal pada laptop, cara menggunakan dvd rw eksternal, cara menggunakan dvd external di notebook, cara menggunakan dvd room merk samsung, cara menggunakan dvd rw external, cara menggunakan dvd external pada laptop, kegunaan dvd external, cara menggunakan acer external usb 3 0 dvdrw, apakah semua laptop dilengkapi DVD ROM, fungsi dvd rw

anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda

%d blogger menyukai ini: