Sambermata


Pada waktu kecil dulu, selain faktor menakut-nakutin anak kecil biar gak kelayapan di waktu petang / magrib dengan menggombal aneka jenis memedi ada juga yang menggunakan sambermata untuk mempertakut si anak agar gak berani keluar rumah di waktu petang.

Apa itu sambermata? dan apa hubungannya dengan sambernyawa? semacam kaka adek’an kah? duh kek frenzone aja sih

Sambermata adalah istilah dalam bahasa jawa untuk serangga yang muncul di waktu petang, antara magrib sampai sebelum sholat isya. Hewan ini mungkin bisa dibilang hewan nocturnal, karena aktif di malam hari, tapi aktifitas utamanya memang hanya dilakukan di antara waktu magrib – isya. Berbeda dengan serangga lain seperti laron dan kunang-kunang yang bisa muncul kapan saja di malam hari.

sambermata Sambermata  wallpaperSambermata umumnya menyerang mata manusia yang melewati kerumunan mereka, meski pada dasarnya mereka tidak benar-benar menyerang manusia, gerakan mereka yang kesana kemari kemudian ditabrak oleh pengemudi sepeda motorlah yang mengakibatkan tubuh mereka secara tidak sengaja masuk ke mata kita, nyamber ke mata.

Hewan ini umumnya hidup di daerah pedesaan terutama di pematang sawah, jaman dulu kalo masih kelayapan naik sepeda sering kena batunya kesamber-samber matanya sampe rumah, beneran berasa lagi merasakan kutukan gegara berani pulang larut sore. Yang menarik hewan ini akan berwarna merah menyala jika terkena lampu sepeda jadul yang menggunakan dinamo. Yang gak punya lampu harus ikhlas tau-tau matanya kelilipan sambermata, yang punya lampu disuguhi adegan api kecil berkilat-kilat yang terus menyelubunginya dan sesekali menyengat matanya.

BACA JUGA:   Blogger dan Identitas Pemikiran

Pun, saat ini untuk orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan atau beraktifitas dalam moda transportasi tertutup seperti mobil, bus dan kereta api tentunya tidak akan merasakan sensasi kesamber oleh sambermata. Tapi jika ingin menikmati sensasi pedih pedas di mata boleh sih main ke pedesaan/persawahan di waktu petang menggunakan motor/ sepeda.


samber mata, sambermata, hewan samber mata, samber moto, serangga samber mata, mengapa samber moto keluar hanya waktu maghrib dan hanya di jalan, wallpaper samber moto, mengobati samber moto, mengobati mata merah akibat laron, menghilangkan mata merah akibat terkena hewan samber mata

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

2 thoughts on “Sambermata

    ira

    (Mei 22, 2015 - 3:57 pm)

    Aku malah baru tahu nama Sambermata ini, Mas. Tapi kalau mata kesamber serangga sudah kurasakan.. 🙂

      anotherorion

      (Mei 22, 2015 - 9:14 pm)

      iya mbak di tempat asalku (cilacap) namanya samber mata, klo aku mah pengennya sih disamber cewek cakep #eh

Berikan tanggapan anda