Selain Perlengkapan Haji dan Umroh, Poin Penting Ini Juga Harus Dipersiapkan

Ibadah haji adalah ibadah yang diwajibkan hanya bagi umat Islam yang sudah mampu, karena memang tidak semuanya mempunyai kemampuan untuk melakukan ibadah tersebut. Mampu yang dimaksudkan adalah mampu dalam berbagai macam hal. Agar ibadah berjalan lancar, perlengkapan haji dan umroh pun harus dipenuhi. Bukan hanya persiapan dari segi keuangan saja, tetapi juga persiapan diri seperti fisik dan mental.

Berikut ini adalah beberapa persiapan yang harus dilakukan agar ibadah haji dan umroh bisa berjalan dengan lancar dan juga khusyuk.

Mempersiapkan niat ibadah

Sebelum Anda memutuskan untuk berangkat ibadah haji atau umroh dan menyiapkan hal lain, hal yang paling pertama harus disiapkan adalah niat. Luruskan terlebih dahulu niat untuk berangkat ke tanah suci, yaitu untuk melaksanakan rukun Islam, untuk memenuhi panggilan Allah SWT, dan juga untuk mengharapkan ridho dari-Nya.

Jika niat yang dimiliki bukanlah untuk ibadah, misalnya hanya ingin mendapat gelar haji, berjalan–jalan, foto–foto, atau ingin terlihat terpandang di masyarakat, maka sebaiknya segera ubah niat tersebut. Fokuskan jika niat berangkat ke tanah suci yaitu untuk beribadah kepada Allah SWT.

 

Persiapan fisik

Untuk menjaga kondisi badan agar tetap sehat selama melakukan ibadah haji di tanah suci, Anda bisa melakukan olahraga secara rutin. Lakukan persiapan dengan melakukan olahraga fisik ini, misalnya dengan lari pagi atau berjalan kaki.

Jika kondisi badan Anda sehat, maka akan bermanfaat juga untuk mengatasi cuaca yang panas di tanah suci. Biasanya bagi orang–orang yang tidak biasa dengan iklim terik di siang hari dan cuaca dingin di malam hari, akan lebih mudah jatuh sakit. Maka, persiapkan kondisi fisik semaksimal mungkin.

paket ibadah umroh ibadah haji

Mengkonsumsi suplemen

Tentu akan sangat disayangkan jika Anda dalam keadaan sakit ketika melaksanakan ibadah haji dan umroh. Waktu yang harusnya digunakan untuk ibadah akan terbuang sia–sia. Selain Anda berolahraga fisik, juga bisa mengkonsumsi suplemen. Dengan begitu, kesehatan Anda akan terjaga selama melakukan ibadah haji dan juga umroh.

Persiapkan ilmu agar ibadah haji / umroh lebih khusyuk

Amalan yang akan Anda lakukan tentu ada kaitannya dengan ilmu. Amal yang dilakukan tanpa adanya ilmu, maka akan sia–sia atau bisa jadi tertolak. Maka dari itu, sangat penting untuk mempersiapkan diri dengan ilmu sebelum berangkat ibadah haji dan umroh.

Biasanya, beberapa bulan sebelumnya, calon jamaah akan melaksanakan manasik haji. Tetapi dengan manasik haji saja kurang cukup, Anda juga harus menyiapkan diri dengan ilmu yang tidak hanya berkaitan dengan praktik.

Bekali diri dengan rajin membaca ayat al–Qur’an tentang haji, membaca siroh nabawiyah untuk mengetahui cara Rasulullah SAW berhaji, dan juga membaca buku saku dari pemandu.

Jika Anda sudah membekali diri dengan hal–hal tersebut, maka ibadah haji dan umroh Anda akan semakin lancar dan juga khusyuk. Selain itu juga sesuai dengan tuntunan syariat dan bisa diterima di sisi Allah SWT.

Itu dia beberapa persiapan yang bisa dilakukan sebelum berangkat melaksanakan ibadah haji dan umroh. Selain persiapan tersebut, Anda juga perlu untuk membawa perlengkapan ibadah haji dan umroh. Dengan membawa perlengkapan–perlengkapan yang dibutuhkan ketika melakukan ibadah tentunya bisa membuat perjalanan ibadah semakin lancar dan juga nyaman.

Mengingat cuaca yang ada di tanah suci cukup panas, Anda tentu juga perlu membawa perlengkapan untuk menjaga kulit terkena terik panas matahari. Salah satu yang bisa Anda bawa adalah Vaseline. Ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit agar tidak kusam dan kering karena teriknya matahari dan cuaca panas yang ada di tanah suci.

BACA JUGA:   Kaum Wanita Wajib Tahu! Inilah Beberapa Bahan Alami Yang Dapat Memerahkan Bibir
News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.