Process XP & Sysinternals suite

Dulu ketika jaman banyak virus/aplikasi yang tidak terdeteksi oleh task manager, aku mulai mencari task manager alternatif buat mendeteksi aplikasi apa yang sedang berjalan di windows. Virus2 dan aplikasi yang berjalan di belakang banyak yang menyedot resource sehingga bikin komputer lambat dan terkadang terjadi keanehan2 selama memakai windows.

Dari sanalah pertama kali berkenalan dengan Process Explorer atau biasa dikenal sebagai ProcessXP buatan sysinternal. Program ini punya kemampuan yang sangat mumpuni  dibanding task manager biasa, ProceXP mampu menampilkan file2/process apa saja yang di load sebuah aplikasi/proses.

Mengingat banyak virus memiliki kemampuan mendomplengkan diri untuk diload dalam sebuah process seperti slugin.A maka ketika kita menghapus virusnya, tidak akan bisa karena virus sedang aktif dan dijalankan oleh sebuah proses. Yang harus dilakukan adalah menghentikan process yang sedang meload virus, disinilah kita bisa menggunakan proceXP untuk menganalisa process mana yang harus kita matikan dulu agar bisa menghapus virus.

ProceXP juga punya memiliki pilihan aksi pada sebuah proses/aplikasi, bisa kill process, kill process tree, restart maupun suspend.

BACA JUGA:   Jual Rumah Ada Kolam Renang Murah Dilingkungan Yang Bersih

Saat ini sysinternals sepertinya sudah diakusisi microsoft, selain proceXP, sysinternals sekarang memiliki belasan tools untuk utility windows dan tentu saja gratis, gabungan tools tersebut diberi nama sysinternals suite besarnya hanya 13 Mb , bisa di download langsung dari website Microsoft, tetapi setiap toolsnya juga bisa di download secara terpisah sesuai kebutuhan.

Process XP & Sysinternals suite 1

Sysinternals suite menurutku adalah tools yang kompak n lengkap, mengingatkan pada utility tools semacam TuneUp Utilities hanya saja masih belum terintegrasi.

Silahkan download process ekplorer maupun sysinternals suite di

http://technet.microsoft.com/en-us/sysinternals/bb842062

One Comment

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.