Tercatat di MURI, ini Strategi Rahasia Dibalik Kesuksesan Rucas

Jeans telah lama menjadi item fashion yang tak pernah ketinggalan zaman, menjadikannya peluang bisnis yang sangat potensial. Rubin Castor Muhardi melihat peluang ini dengan jeli. Kesulitan awalnya menemukan jeans yang cocok di Indonesia, dan harus membeli dari merek luar negeri dengan harga sekitar USD 1.000 atau Rp 15 juta per pasang, mendorongnya untuk membuat perubahan.

Tantangan Membangun Brand Rucas

Rubin memulai dengan melakukan riset mandiri dan menciptakan jeansnya sendiri. Awalnya hanya untuk digunakan pribadi, tetapi reaksi positif dari teman-temannya membuka matanya terhadap potensi bisnis. “Setelah aku pakai, teman-teman banyak yang lihat dan bilang bagus. Aku langsung mikir, ‘oh, berarti peminatnya ada, nih’. Ya, udah, aku coba jual,” ungkap Rubin.

Pada akhir 2018, Rubin yang saat itu berusia 20 tahun memberanikan diri untuk membangun bisnis jeans yang ia beri nama rucas mirip ya seperti singkatan Rubin Castor. Salah satu tantangan terbesar yang ia hadapi di awal adalah menunda-nunda pekerjaan, namun dengan konsistensi dan tekad yang kuat, ia berhasil mengembangkan Rucas hingga memiliki delapan karyawan.

Jeans Rucas diproduksi sepenuhnya di Indonesia dengan menggunakan material lokal. Hingga kini, Rucas telah merilis lebih dari 20 model jeans dengan produksi rata-rata sekitar 700-800 pasang per bulan. Dengan harga jual sekitar Rp 300 ribu per pasang, Rubin mengaku dapat meraup keuntungan sekitar Rp 200 juta per bulan.

Memecahkan Rekor Penjualan MURI

Salah satu pencapaian terbesar Rucas adalah kolaborasi dengan Youtuber Bimo PD. Model jeans kolaborasi mereka menjadi viral dan memecahkan rekor penjualan terbanyak secara online di Museum Rekor Indonesia (MURI) pada Juli lalu. Celana jeans seri RucasXBimoPD habis terjual hanya dalam waktu satu jam.

Tantangan yang sering dihadapi, seperti tingginya permintaan yang membuat situs resmi sering down, diatasi dengan bergabung di e-commerce untuk pemasaran yang lebih luas. Rubin juga aktif berkomunikasi dengan pelanggan melalui Instagram, tidak hanya untuk promosi tetapi juga edukasi tentang jeans.

Rubin berharap pemerintah dapat terus mendukung dan mendorong masyarakat untuk memprioritaskan produk lokal. “Sekarang menurutku pemerintah udah membantu. ‘Kan, ramai banget, tuh, local pride,” tambahnya.

Baca juga: Rucas & Rounn, Dua Local Brand Populer yang Kini Ada di voilà.id

Scarcity Strategy untuk Menarik Minat Konsumen

brand jeans lokal Rucas

Kesuksesan Rucas dalam pasar jeans lokal bukanlah hasil kebetulan, melainkan berkat strategi yang matang dan terencana. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Rucas bisa menjadi merek lokal yang sangat laris di pasaran.

Menggunakan Scarcity Strategy

Salah satu strategi utama yang diterapkan oleh Rucas adalah scarcity strategy. Strategi ini melibatkan pembuatan produk dengan stok terbatas, sehingga menciptakan kelangkaan di pasar. Dengan produk yang terbatas, citra produk yang dihasilkan tampak sangat laris dan cepat habis. Kelangkaan ini membuat konsumen merasa produk Rucas sangat bernilai dan selalu dinanti.

Strategi kelangkaan ini bertujuan agar produk selalu ditunggu oleh konsumen. Banyak produk Rucas yang sulit didapatkan dan ludes dalam waktu singkat, membuat para konsumen ingin memiliki produk tersebut, bahkan rela menunggu dan berebut untuk mendapatkannya.

Fokus pada Kualitas dan Desain

Meskipun menggunakan scarcity strategy, tidak semua produk dapat berhasil dengan metode ini. Strategi ini hanya efektif untuk produk dengan popularitas tinggi atau kualitas premium. Rucas memastikan bahwa produk jeans yang mereka tawarkan memiliki kualitas terbaik dan desain yang menarik, sehingga banyak orang tertarik dan merasa produk ini layak untuk diperjuangkan.

Diversifikasi Produk

Selain terkenal dengan produk jeans premium, Rucas juga memproduksi berbagai item fashion lainnya. Fokus Rucas pada fesyen apparel dengan misi menciptakan pakaian berkualitas tinggi dan desain terkini turut mendukung kesuksesan mereka di pasaran. Dengan diversifikasi produk, Rucas mampu menarik berbagai segmen konsumen dan memperluas pangsa pasar mereka.

Pengelolaan Pemasaran dan Distribusi

Tingginya permintaan sering kali membuat situs resmi Rucas mengalami gangguan. Untuk mengatasi hal ini, Rucas bergabung dengan platform e-commerce untuk memperluas jangkauan pemasaran dan distribusi produk. Rubin, pendiri Rucas, juga aktif berkomunikasi dengan pelanggan melalui Instagram, tidak hanya untuk promosi tetapi juga untuk edukasi tentang jeans. Pendekatan ini membantu membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan setia dan meningkatkan loyalitas mereka terhadap merek Rucas.

Kolaborasi dengan Influencer

Salah satu pencapaian terbesar Rucas adalah kolaborasi dengan Youtuber Bimo PD. Kolaborasi ini menghasilkan model jeans yang menjadi viral dan memecahkan rekor penjualan terbanyak secara online di Museum Rekor Indonesia (MURI). Kolaborasi semacam ini tidak hanya meningkatkan penjualan tetapi juga memperkuat citra merek di mata konsumen.

Dimana Membeli Rucas?

marketplace fashion voila id

Anda dapat membeli Rucas di Voila.id, disini Anda dapat menemukan berbagai pilihan Rucas dan produk fashion lainnya yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan. Voila.id tidak hanya menyediakan kemudahan berbelanja melalui website dan aplikasi kami, tetapi juga menawarkan pengalaman belanja yang memuaskan di butik fisik kami di Jakarta dan Surabaya.

Keaslian Produk Terjamin 100%

Salah satu keunggulan utama dari Voila.id adalah jaminan keaslian produk yang ditawarkan. Setiap item yang tersedia di platform ini dijamin 100% autentik, sehingga pelanggan tidak perlu khawatir tentang keaslian barang yang mereka beli. Voila.id bekerja sama dengan merek-merek ternama dan memastikan bahwa semua produk yang dijual telah melewati proses verifikasi yang ketat untuk menjaga kualitas dan keaslian.

Berbelanja di Voila.id

Bagi Anda yang mencari produk fashion mewah dan autentik, Voila.id adalah tempat yang tepat. Dengan lebih dari 100.000 produk yang tersedia, Anda dapat menemukan berbagai pilihan yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan Anda. Platform ini tidak hanya menyediakan koleksi terbaru tetapi juga menawarkan pengalaman berbelanja yang mudah dan nyaman baik melalui website maupun aplikasi. Anda juga dapat mengunjungi butik fisik Voila.id yang berlokasi di Jakarta dan Surabaya untuk merasakan langsung kemewahan produk-produk yang ditawarkan.

Nikmati kemudahan berbelanja di Voila.id dan dapatkan produk fashion berkualitas tinggi dengan jaminan keaslian. Kunjungi Voila.id sekarang dan temukan koleksi impian Anda!

26 pemikiran pada “Tercatat di MURI, ini Strategi Rahasia Dibalik Kesuksesan Rucas”

  1. Keren ini. Sejak masih muda insting bisnisnya sudah tajam dan dia langsung mengeksekusi. Layak kalau keberhasilannya sampai tercatat di Muri.

    Balas
  2. Wah keren banget sih bisa mencatatkan rekor MURI berasrti itu juga bisa menjadi daya jual tersendiri dimana produk rucas pasti nyaman dan disukai oleh pelanggan 🙂

    Balas

Tinggalkan komentar

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini