Tips Bagaimana Memilih Warna Cat Rumah Terbaik 

Tips Bagaimana Memilih Warna Cat Rumah Terbaik. Ketika membangun rumah, tidak hanya sekedar harus sudah berdiri dan bisa ditempati. Anda juga harus memperhatikan sisi estetik bagian dalam maupun bagian luarnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengecatnya. Cat tidak dipungkiri merupakan salah satu aspek yang membuat tampilan rumah menjadi terlihat lebih cantik, lebih hidup dan pastinya lebih estetik. Seiring dengan perkembangan trend desain yang ada, pemilihan warna cat rumah tidak hanya terbatas pada warna putih saja. Saat ini Anda bisa mengaplikasikan berbagai macam warna bahkan untuk satu bangunan rumah bisa menggunakan warna cat yang berbeda. Lalu bagaimana caranya memilih warna cat rumah yang bagus? Tenang, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam memilih warna cat untuk rumah dan beberapa bagian ruangan di rumah Anda. 

Bagaimana Memilih Warna Cat Rumah yang Sesuai untuk Rumah Anda? 

Memilih warna cat rumah baik itu bagian dalam maupun bagian luar sebenarnya tidak terlalu berbeda. Hal yang membedakan biasanya jenis dan bahan pembuat cat, karena bagian luar rumah harus menggunakan jenis cat yang berbeda. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih warna cat untuk bangunan rumah Anda.

1. Sesuaikan dengan Konsep atau Model Rumah 

memilih cat rumah sesuai konsep desain interior

Sebelum memilih warna cat untuk rumah Anda, hal paling pertama yang harus Anda lakukan adalah menyesuaikan dengan model atau konsep rumah yang Anda gunakan. Apakah rumah Anda menerapkan konsep modern minimalis, tradisional, ataukah klasik. Hal ini karena setiap konsep desain rumah ini memiliki gaya pewarnaan yang berbeda-beda pula sehingga harus menjadi pertimbangan ketika Anda memilih warna catnya.

2. Tentukan Juga Mood yang Ingin Dibangun 

tips memilih cat rumah untuk keluarga muda

Tak hanya menyesuaikan dengan Konsep desain rumah yang diterapkan, pemilihan warna cat rumah juga harus menyesuaikan dengan mood yang ingin dibentuk dengan pemilihan warna cat tersebut. Hal ini karena rumah ini nantinya tidak hanya Anda tempati sendiri bersama keluarga, namun akan ada masa dimana Anda harus mengundang tamu ke rumah. Karena itu, pemilihan warna cat berdasarkan mood juga akan mempengaruhi tamu yang akan datang. Seperti misalnya jika ingin menimbulkan mood bersemangat dan ceria, pemilihan warna cerah adalah pilihan terbaik. Berbeda jika Anda ingin memunculkan mood yang hangat, warna-warna yang digunakan adalah warna tenang seperti krem, hijau, cokelat atau warna lainnya.

3. Memberikan Perbedaan Warna Setiap Ruangan 

tips memilih cat rumah

Di dalam rumah tidak hanya terdiri dari satu ruangan saja. Ada beberapa jenis ruangan berbeda yang bisa menjadi pertimbangan bagi Anda dalam memilih warna cat rumah. Tidak ada salahnya memberikan warna berbeda pada setiap ruangan yang ada di dalam rumah Anda. Hal ini bisa juga bertujuan untuk menunjukkan bahwa Anda sedang berada di ruangan berbeda dengan memanfaatkan perbedaan warna ini. Meskipun demikian, Anda juga harus tetap memperhatikan keseimbangan dalam pemilihan warnanya. Jangan sampai memilih warna cat yang terlalu berbeda sehingga akan membuat tampilan rumah terlihat aneh. 

Melakukan pewarnaan atau pengecetan pada dinding rumah adalah proses yang tidak boleh dilewatkan saat membangun rumah. Memberikan warna cat rumah yang sesuai dengan keinginan Anda tidak hanya akan membuat tampilan rumah menjadi lebih cantik. Lebih dari itu, warna yang sesuai keinginan juga akan membuat penghuninya jadi lebih nyaman untuk tinggal. Salah satu cat rumah yang bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk Anda adalah Asian Paints. Anda bisa mendapatkan cat berkualitas, tahan lama dan pastinya memiliki banyak pilihan warna.

BACA JUGA:   Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.