Tips Menjual Rumah di Situs Properti

Buat anda yang berniat menjual/menyewakan rumah, tips menjual rumah di situs properti ini mungkin bisa kamu jadikaan panduan agar iklan yang kamu tawarkan pada masyarakat lewat situs properti terbaik bisa mendapatkan penawaran yang terbaik dan sesuai ekspektasi anda.

Menyewakan / menjual properti bukan hal yang cukup mudah jika kita melakukannya secara manual, mulai dari memasang iklan di surat kabar atau media masa, maupun membeli slot iklan di Google Ads, namun agar proses menjual rumah menjadi lebih cepat anda bisa mendaftarkan diri di situs properti.

Mengapa Menjual Rumah di Situs Properti?

Situsproperti.com bisa dibilang merupakan sebuah website yang sudah dikenal dan menjadi rujukan masyarakat yang membutuhkan properti. Secara mudahnya, situs properti ini seperti pasar dimana anda bisa menjual produk anda. Pasar memiliki daya tarik bagi masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan mereka, dalam hal properti masyarakat juga menjadikan situs properti sebagai rujukan saat mereka membutuhkan rumah untuk disewa atau dibeli.

Hal ini dikarenakan rumah dan juga tanah bukanlah aset yang cukup liquid seperti emas, untuk menjual properti kita harus menunggu calon pembeli yang tertarik, harus melakukan negosiasi transaksi dan akhirnya terjadi kesepakatan dan pembayaran aset properti.

Tips Menjual Rumah di Situs Properti

tips menjual rumah di situs properti

Agar anda bisa sukses menjual rumah di situs properti, berikut ini beberapa tips menjual rumah di website properti terbaik agar rumah yang anda tawarkan mudah ditemukan oleh calon pembeli.

Pelajari Keunggulan Aset Anda

Harga properti seperti rumah ditentukan oleh beberapa hal, seperti lokasi, luas bangunan, luas lahan, tata ruang kota, ketersediaan fasilitas umum maupun resiko bencana. Sebagai contoh, jika lokasi rumah anda berada di lokasi rawan banjir tentu harganya berbeda dengan rumah yang berlokasi di daerah yang cenderung aman dari ancaman banjir. Lokasi rumah yang strategis juga dapat menaikkan nilai jual aset anda menjadi lebih tinggi meski memiliki ukuran bangunan yang sama.

Faktor kedekatan lokasi dengan berbagai fasilitas umum seperti rumah sakit, sekolah, pusat perbelanjaan, akses transportasi publik juga diperhitungkan calon pembeli sebelum memutuskan membeli rumah anda.

Tonjolkan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh aset anda, misal dari sisi lokasi atau kedekatan dengan fasilitas publik.

Cara Mengetahui Harga Pasar Properti Anda

Anda perlu mengetahui harga pasaran. Cara mengetahui harga pasar rumah di suatu daerah adalah dengan melakukan beberapa hal.

  1. Anda bisa bertanya pada masyarakat sekitar atau ketua RT/RW sampai tingkat kelurahan mengenai harga rumah yang terakhir dijual di wilayah tersebut. Dari sana anda bisa melakukan survey dan membandingkan rumah tersebut dengan aset anda
  2. Mendatangi kantor pertanahan untuk melihat berapa harga jual tanah di lokasi anda. Dalam dunia properti, harga tanah sangat berpengaruh terhadap harga jual rumah yang anda tawarkan
  3. Berkonsultasi dengan notaris/pejabat pembuat akta tanah. Sama halnya seperti BPN, pihak notaris/PPAT dapat membantu anda menghitung berapa harga aset yang anda miliki, termasuk bagaimana menghitung faktor ekonomi dan kedekatan fasilitas
  4. Menggunakan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) NJOP merupakan bukti pembayaran pajak aset anda. Nilai NJOP dihitung berdasarkan berapa estimasi harga aset anda, dari sana anda bisa mengetahui nilai harga obyek anda berdasarkan data perpajakan. Harga NJOP biasanya adalah harga terendah di suatu wilayah. Anda bisa menggunakan dua kali lipat harga NJOP sebagai harga pasar aset anda.

Benahi Rumah Anda Terlebih Dahulu

Agar menarik minat calon pembeli, anda perlu membenahi rumah anda terlebih dahulu, melakukan pengecetan ulang serta memperbaiki kerusakan yang ada. Proses perbaikan memang membutuhkan dana, tetapi nantinya nilai perbaikan ini dapat meningkatkan harga jual rumah anda.

Anda bisa mulai dengan memperbaiki bagian interior rumah dan kemudian penataan eksterior, halaman rumah juga perlu anda perbaiki karena area ini yang akan pertama kali dilihat calon pembeli anda.

Foto Rumah Anda dari Berbagai Sudut

Setelah selesai melakukan perbaikan rumah, anda bisa mengambil foto berbagai sudut rumah anda, mulai dari halaman depan, ruang tamu, kamar tidur, dapur, kamar mandi dan berbagai fasilitas lain yang anda siapkan untuk calon pembeli

Upload di Situs Properti Terbaik

Selanjutnya anda bisa mendaftarkan diri di situs properti terbaik dan mengupload foto rumah anda. Jangan lupa untuk memberikan detail informasi aset yang anda tawarkan antara lain

  1. Alamat
  2. Luas tanah/bangunan
  3. Jumlah ruang
  4. Fasilitas (garasi, sumber air, besaran kwh listrik, dll)
  5. Foto pendukung
  6. Kedekatan fasilitas publik (sebutkan saja jarak/waktu tempuh dari fasilitas A, B, C)
  7. Harga
  8. Kontak Anda

Untuk diperhatikan, anda tidak disarankan menggunakan huruf kapital semua untuk menawarkan properti anda karena akan terlihat kurang ramah pada pembeli.

Selanjutnya anda bisa publish di situs properti tersebut dan tunggu calon pembeli menghubungi anda. Jika anda telah melakukan tips menjual rumah di situs properti seperti yang dijelaskan dari atas, seharusnya penawaran anda akan segera menarik minat calon pembeli.

Tips Menghindari Penipuan Saat Menjual Properti

Ada kalanya orang yang menghubungi anda, bukanlah orang yang tertarik membeli properti anda, melainkan penipu yang ingin memanfaatkan situasi anda. Biasanya penipu ini menggunakan informasi anda untuk menghubungi anda. Anda harus waspada dengan modus penipuan properti saat jual beli rumah.

 

Jika anda menemukan calon pembeli yang seolah berminat dengan properti anda pastikan bahwa anda dan calon pembeli bisa bertemu untuk memastikan orang tersebut. Jika pembicaraan sudah deal harap melakukan beberapa langkah berikut

  1. Mohon untuk mengeluarkan KTP calon pembeli agar anda bisa memfotonya, ini untuk berjaga-jaga
  2. Jika transaksi pembayaran secara tunai, pastikan anda menyiapkan lampu ultraviolet, guna mengecek tanda air bukti keaslian uang, tetapi ini tidak disarankan
  3. Jika transaksi pembayaran secara transfer, jangan pernah percaya dengan bukti transfer dari calon pembeli. Pastikan nilai transfer tersebut sudah masuk ke akun rekening anda di bank
  4. Jika calon pembeli menyebutkan ia melakukan kelebihan bayar, jangan dipercaya, biasanya hal tersebut adalah modus penipuan yang kerap dilakukan. Misal melebihkan 10 juta dan meminta anda mengembalikan pada mereka, pastikan dulu uang tersebut sudah masuk rekening anda.

Dengan demikian anda bisa menjual aset rumah anda dengan aman dan nyaman, tanpa perlu khawatir terjadi penipuan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.