Yuk Jualan Online, Temukan Peluangmu di Marketplace

Yuk jualan online! Penggunaan internet di Indonesia saat ini telah mencapai puncak yang baru, dengan menjamurnya pengguna internet di nusantara, peluang untuk menjadi seorang penjual online menjadi terbuka lebar.

Kecanggihan teknologi dan kemudahan pembayaran secara online memungkinkan transaksi online meningkat sangat pesat. Menurut Bank Indonesia, transaksi online di tahun 2021 mencapai 401 triliun rupiah. Angka yang bukan main besarnya, mencapai angka 20% dari nilai APBN kita yang berjumlah 2003,1 triliun.

Dengan perputaran transaksi digital yang mencapai angka tersebut tentunya bisa gak sih kita ikut menikmati peningkatan transaksi keuangan di dunia maya? jawabannya adalah bisa!

Yuk Jualan Online, Mulailah Menjadi Netpreneur

Netpreneur adalah istilah yang menggabungkan internet dengan enterpreneurship, jiwa berwirausaha secara online bisa kamu lakukan dengan cara menjadi seorang penjual online. Barang apa saja yang bisa kamu tawarkan? luas banget.

Yuk Jualan Online di Lazada

Mulai dari menjual barang kebutuhan pokok, kuliner, produk fashion, make up, peralatan rumah tangga, barang elektronik dan lain sebagainya. Setiap produk memiliki market yang berbeda, dan tidak perlu khawatir jualan kamu tidak laku jika kamu memilih strategi yang tepat untuk berjualan.

Strategi Sukses Berjualan Online

Jika kamu berminat untuk berjualan online, tentunya kamu harus punya strategi seperti apa nantinya kamu harus membangun toko kamu agar dapat menarik minat calon pembeli. Nah artikel ini akan coba mengupas bagaimana strategi yang tepat agar kamu sukses berjualan secara online, Yuk jualan online!

Memilih Apa yang Kamu Jual

Memilih apa produk yang akan kamu jual merupakan hal paling penting pertama. Untuk memilih produk apa yang sekiranya laku di pasaran tentunya kamu bisa menentukan berdasarkan dua hal.

  1. Apa produk yang paling diminati masyarakat
  2. Kemudahan mendapatkan produk tersebut

Berdasarkan data penjualan transaksi elektronik pada tahun 2021, ada beberapa produk yang memiliki pangsa pasar sangat besar dan menjadi produk paling laris sepanjang 2021. Apa saja produk yang paling diminati masyarakat?

Produk Kesehatan

Berdasarkan data tahun 2021, produk kesehatan menempati urutan pertama dalam penjualan produk online dengan 23,8 juta pcs penjualan per bulannya.

Beberapa barang yang dicari masyarakat adalah masker, hand sanitizer, disinfektan dan lain sebagainya. Meski pandemi sedikit mereda, tetapi kewaspadaan masyarakat terhadap gelombang pandemi berikutnya akan membuat masyarakat tetap mempertahankan gaya hidup sehat.

Skincare

Meski ekonomi pandemi terbilang sulit, siapa bilang kita tidak membutuhkan produk perawatan kulit seperti skin care, justru pembelian produk skincare ini merupakan yang tertinggi kedua dengan penjualan mencapai 5,7 juta pcs per bulannya.

Keinginan untuk tetap tampil prima, terutama para wanita, tidak menyurutkan keinginan membeli skincare berkurang akibat adanya pandemi. Produk skincare biasanya dapat digunakan untuk jangka waktu yang lumayan lama, dan tentunya patut diingat, rata-rata konsumen skincare akan melakukan repeat order jika mereka sudah merasa cocok dengan produk tertentu.

Peralatan Rumah Tangga

Pandemi adalah saat yang tepat untuk berbenah di rumah, oleh karenanya penjualan produk peralatan rumah tangga banyak diburu orang. Di tahun 2020, penjualan produk rumah tangga adalah 3,3 juta pcs per bulan.

Produk ini sangat variatif mulai dari peralatan dapur, ruang tamu, interior, sprei maupun peralatan lainnya.

Fashion dan Aksesoris Wanita

Lagi-lagi kebutuhan gaya hidup wanita tidak menyurutkan keinginan untuk tetap tampil prima dengan aneka produk fashion dan aksesoris wanita, mulai dari dress sampai jepit rambut bisa kamu jual. So, gak perlu kuatir dengan apa yang nanti kamu jual bukan? Selalu banyak peminatnya. FYI, jumlah penjualan produk fashion dan aksesoris untuk wanita saja mencapai 2,8 juta pcs per bulan. Terlebih sejak adanya fitur livestreaming dimana para penjual bisa langsung menawarkan barangnya secara realtime pada calon pembeli.

Yuk Jualan Online manfaatkan fitur livestreaming LiveLaz

Tentu saja masih banyak jenis produk lain yang juga diminati oleh pasar seperti handphone berikut aksesorisnya, kuliner dan oleh-oleh lokal, peralatan sekolah anak, mainan dan masih banyak lagi. Yuk jualan online ah!

Memilih Platform Jualan Online

Jika kamu ingin sukses berjualan online, kamu perlu mempertimbangkan platform apa yang akan menjadi kendaraan kamu memulai bisnis toko online.

Pilihan pertama dan paling mudah tentunya adalah e-commerce atau marketplace. Bicara soal marketplace yang cocok untuk memulai usaha online kamu, kamu bisa menggunakan Lazada.

Mengapa Memilih Jualan di Lazada?

Buat kamu yang masih bingung memilih tempat jualan online produk kamu, kamu bisa memilih jualan di Lazada, hmmm kenapa ya? tentunya karena Lazada banyak memberikan kemudahan untuk kamu memulai bisnis sebagai seorang netpreneur lokal.

Naik kelaz dengan jualan di Lazada

Cara Pendaftaran Mudah

Buat kamu yang ingin jualan di Lazada, cara memulai menjual produk di Lazada sangat mudah. Kamu hanya harus memiliki KTP dan buku tabungan atas nama kamu.

  1. Buka halaman Lazada.co.id di browser kamu
  2. Pilih opsi Menjadi Seller
  3. Masukkan seluruh data diri kamu disana
  4. Lakukan verifikasi diri dengan mengunggah dokumen yang dibutuhkan
  5. Pihak Lazada akan memverifikasi data dan dokumen kamu.

Setelah disetujui kamu sudah bisa memulai bisnis netpreneurship kamu dengan jualan di Lazada.

Segmen Pasar Besar

Lazada merupakan pemain e-commerce besar dengan jumlah pengunjung sebanyak 30 juta per bulan. Di Google Playstore sendiri pengguna yang mendownload aplikasi e-commerce ini telah mencapai angka 15 juta download.

Selain bisa diakses menggunakan aplikasi kamu juga bisa kok mengakses Lazada dari browser laptop maupun ponsel. Sebagai informasi aja nih, transaksi bruto Lazada dalam setahun mencapai angka 302 triliun.

Jualan Online di Lazada Gratis Banyak Kemudahan

Keuntungan Jualan di Lazada Naik Kelaz

Kamu bisa memulai jualan di Lazada dengan gratis, tidak ada biaya yang kamu keluarkan jika kamu membuka lapak jualan kamu di Lazada, malah sebaliknya, jika kamu ikutan Naik Kelaz, kamu bakalan dapetin banyak kemudahan antara lain

  1. Bisa ikutan campaign resmi Lazada
  2. Aktivasi fitur COD
  3. Bisa ikut promosi mingguan di Lazada
  4. Dapat subsidi ongkir dan iklan senilai 1.5 juta jika kamu menjadi seller Lazada Marketplace

Pendampingan Penjual Hingga 90 Hari

Yuk jualan online di Lazada, karena disini aja kamu sebagai seller baru bakalan dapat pendampingan dari tim Lazada selama 90 hari ke depan. Gimana cara menggunakan Lazada, mengenal fitur-fitur kemudahannya, serta pendampingan agar produk kamu nantinya bisa dikenal dan dicari banyak orang. Selain itu ada Lazada University dan Lazada Club buat kamu yang mau belajar untuk terus mengembangkan toko online kamu di Lazada.

Mau? Mau banget dong tentunya

Fitur Livestreaming Produk

Ceklis persiapan jualan lewat livestreaming untuk pemula

Lazada punya fitur LazLive yang bisa kamu gunakan untuk melakukan livestreaming di Lazada. Jualan dengan cara Livestreaming ini sangat diminati lho, banyak transaksi terjadi dengan kamu aktif melakukan livestreaming memperkenalkan produk-produk milik kamu di Lazada.

Ceklis Persiapan Jualan Lewat Livestreaming untuk Pemula di Lazada apa aja sih?

  1. Hubungkan akun Seller Center kamu ke akun Customer Saya.
  2. Untuk pemula kamu bisa lakukan Test Livestrem terlebih dahulu untuk mengecek nanti livestreaming kamu seperti apa
  3. Buat Foreshow Livestreaming kamu, kamu harus mengisi informasi livestreaming nantinya seperti apa sih produk yang akan kamu perkenalkan pada pelanggan, tambahkan deskripsi produk kamu dan cover agar memudahkan pelanggan memahami apa yang kamu livestreamingkan
  4. Klik tombol mulai untuk memulai livestreaming
  5. Ajak pelanggan kamu untuk membeli produk kamu di toko online kamu di Lazada
  6. Jika sudah selesai kamu bisa mengklik tombol selesai

Selain Ceklis Persiapan Jualan Lewat Livestreaming untuk Pemula ini, yang gak boleh kamu lupakan adalah siapkan produk yang nantinya akan kamu tawarkan pada para pelanggan kamu. Ya kan ini buat livestreaming jualan kak

Kesimpulan

Berjualan online bisa jadi pilihan kamu untuk mendapatkan cuan, namun agar toko online kamu di marketplace bisa menarik minat lebih banyak pengunjung, kamu bisa menggunakan fitur livestreaming untuk meningkatkan awareness dan engagement calon pembeli kamu.

Biar kamu lebih siap melakukan livestreaming di Lazada kamu bisa baca artikel Ceklis Persiapan Jualan Lewat Livestreaming untuk Pemula. Kamu bisa memulai livestreaming ini kapan aja dan dimana aja kok, agar bisa menarik minat calon pembeli. Nah gampang bukan? Yuk jualan online di Lazada!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.