13 Fenomena penanda datangnya bulan ramadhan


Menyambut bulan ramadhan, selalu muncul fenomena penanda datangnya bulan ramadhan yang bisa kita rasakan dan saksikan dari kehidupan sehari-hari. Bulan ramadhan memang tinggal hitungan minggu saja, dan kita akan bersama-sama menyambut bulan yang agung ini. Sebelum kita berbicara mengenai aktivitas seru selama ramadhan gimana kalo kita lihat dulu fenomena apa saja yang menjadi penanda datangnya bulan ramadhan.

13 Fenomena Penanda Datangnya Bulan Ramadhan

iklan sirup marjan penanda bulan ramadhan

#1 Iklan Sirup Legendaris Marjan di Televisi

Iklan yang selalu muncul menjelang ramadhan hingga berakhirnya bulan Syawal ini merupakan fenomena paling mudah kita kenali sejak beberapa belas tahun terakhir. Iklan ini biasanya dibagi menjadi beberapa segmen, pra dan awal puasa, tengah puasa dan menjelang lebaran.

Iklan awal puasa biasanya berisi intro dari apa yang ingin disampaikan Marjan di segmen terakhir, biasanya berisi konflik antar anak-anak dan diakhiri dengan bunyi bedug penanda waktu berbuka. Seingatku suara bedug ini selalu ada di iklan sirup ini tiap tahunnya. Iklan pertengahan biasanya berupa resolusi, dan iklan selalu diakhiri dengan kemeriahan kemenangan idul fitri.

#2 Muncul sinetron ramadhan

Sebelum bulan puasa muncul. Beberapa stasiun televisi memunculkan sinetron bertema ramadhan. Kemunculan sinetron ramadhan sebelum waktunya, bukan berarti sinetronnya offside lho ya. Tapi biasanya karena kebutuhan skenario agar momen puncaknya bisa bertepatan dengan malam takbiran/hari raya. Sinetron ini juga digunakan sebagai bagian kampanye perusahaan televisi untuk mengantisipasi minat pemirsa yang akan melaksanakan ibadah puasa. Sejujurnya, sejak era Hikayat Pengembara dan Lorong Waktu, jarang ada sinetron ramadhan yang kaya dengan nilai religi. Selain sinetron ramadhan, infotainment menjelang ramadhan umumnya berisi artis-artis yang mulai mengenakan pakaian muslim. Acara lain yang biasanya tayang adalah acara hiburan menjelang berbuka dan saat bersantap sahur, jejak sejarah islam, dan ceramah tentunya.

sinetron ramadhan lorong waktu

#3 Jadwal Imsakiyah

Sejujurnya. Meskipun masyarakat Indonesia mayoritas muslim, tidak banyak yang peduli dengan jadwal imsakiyah di kota jawa, apalagi jadwal imsakiyah lengkap seluruh kota di Indonesia. Tapi menjelang bulan puasa, semua jadwal imsakiyah untuk daerah lokal dipastikan ludes. Para takmir masjid rela melakukan copy paste jadwal imsakiyah menggunakan mesin fotokopi dan disebarkan gratis ke para jamaah maupun warga sekitar.

BACA JUGA:   Bingung Memilih Parcel? Yuk Simak Tips Membeli Parcel Lebaran Berikut Ini

jadwal imsakiyah seluruh kota di indonesia

#4 Ucapan Selamat Berpuasa

Menjelang datangnya bulan puasa, fenomena berikutnya adalah maraknya para netizen mengunggah foto profil di WA, DP BBM, profil FB dan semua akun socmed lain dengan gambar DP ucapan selamat berpuasa. Beberapa juga mengirimkan gambar ucapan selamat menjalankan ibadah puasa via instant messaging. Sementara para pujangga biasanya lebih suka mengirimkan SMS ramadhan. Errr sebenernya lebih banyak yang copas sms ramadhan dari blog tetangga sih. Sementara takmir masjid lebih suka membuat banner, poster lucu, unik untuk mengingatkan warga untuk beribadah secara khusyuk.

penanda datangnya bulan ramadhan

#5 Ritual Padusan

Di beberapa daerah di Indonesia, selalu ada tradisi menyambut datangnya bulan ramadhan. Misalnya ritual padusan (mandi di area pemandian), nyadran (berkunjung ke makam leluhur), megengan, sedekah bumi, dan masih banyak lagi. Ritual tiap daerah biasanya menjadi pengingat masyarakat untuk mulai menata diri menjelang datangnya bulan ramadhan.

padusan tradisi menjelang puasa

#6 Diskon Pakaian di Pusat Perbelanjaan

Para fashionista dan penyuka wisata belanja di pusat perbelanjaan seperti Mall pasti hapal. Menjelang bulan puasa dan menjelang lebaran adalah masa dimana diskon pakaian di hampir semua toko penjual fashion menjadi menu utama. Untuk beberapa pusat perbelanjaan bahkan punya diskon time gila-gilaan selama beberapa belas menit untuk memanjakan pengunjung.

diskon lebaran bulan puasa

#7 Undangan Buka Bersama

Bulan puasa belum juga tiba, tetapi undangan buka bersama dari para mantan sudah mulai bermunculan bak jamur di musim hujan. Mantan kolega jaman TK, SD, sampai kantor sebelumnya sudah mulai sibuk mengagendakan event kopdar dan mengenang bersama mantan. Kalau sampai hari pertama puasa masih belum dapat undangan bukber, coba hubungi mantanmu. Kali aja pengen mengenang masa lalu.

takjil buka bersama marhaban yaramadhan


#8 Berburu tiket mudik.

Sejak PT KAI membuat pengumuman tiket perjalanan kereta api lebaran bisa di booking 90 hari sebelumnya. Maka mulai gemparlah jagat online, khususnya para perantau yang berasal dari pulau jawa. Iyalah baru aja dibuka semenit, sudah not responding, loading lama, dan selalu begitu sampai akhirnya semua tiket sudah habis terjual. Pihak maskapai penerbangan, jasa transportasi massal seperti bus dan kapal juga mulai membuka penjualan tiket arus mudik dan balik. Harga yang ditawarkan biasanya lebih tinggi dari harga biasa. Tapi namanya kebutuhan dan demand saat lebaran selalu naik. Maka semua selalu habis terjual. Masih nyari tiket mudik lebaran? Coba cari di bawah ini

BACA JUGA:   Manajemen Pola Hidup di Bulan Ramadhan

#9 Iklan makanan dan bahan memasak

Menjelang bulan puasa, iklan seputar makanan dan bahan memasak bakalan laris manis. Meski jam penayangan di saat ramadhan selalu menjelang waktu berbuka. Tapi campaignya sudah dimulai sebelum bulan puasa tiba. Hanya berbekal kecap dan margarin, ibu-ibu sudah bisa memasak menu berbuka dan makan sahur yang enak lho. Perusahaan produsen bahan makanan juga mulai meluncurkan microsite atau minibook resep makanan berbuka dan resep masakan untuk sahur.

iklan menunggu waktu berbuka

#10 Semarak Buku anak Islami

Toko-toko buku juga mulai berbenah dengan memperbanyak koleksi buku anak islami. Mempercantik toko dengan ornamen puasa yang menarik untuk anak. Para orang tua umumnya mempersiapkan mainan/ buku-buku agar si anak di rumah bisa teralihkan dari rasa lapar selama berpuasa. Klo jaman aku dulu mah, biasanya udah disuruh beli buku agenda kegiatan ramadhan sama guru. Terus sebisa mungkin semua bentuk ibadah yang ada disono dapet ttd dari pak kyai, imam atau narasumber ceramahnya. Ya mulai dari agenda puasa, shalat tarawih, isi ceramah tarawih, kultum. Entah apa catatan itu ngebantu malaikat Rakib Atid buat bikin catatan amalan pas puasa gw apa enggak, gak tahu deh

buku kegiatan ramadhan anak

#11 Iklan Sarung

Meski peningkatan semua perlengkapan ibadah dan fashion islami seperti baju koko, gamis dan mukena meningkat pesat menjelang ramadhan hingga berakhirnya hari raya. Iklan sarung bisa dibilang iklan yang paling konsisten muncul di televisi dan papan reklame. Beberapa produsen sarung bahkan ikut terlibat sebagai sponsor utama acara ramadhan, bersama dengan iklan sirup, iklan kecap dan iklan2 lainnya.

iklan perbandingan harga sarung wadimor atlas gajah duduk

#12 Perbaikan jalur trans antar provinsi

Jalur mudik adalah elemen penting yang perlu dipersiapkan pemerintah menjelang detik-detik perpindahan manusia ke kampung halamannya. Perbaikan jalan di jalur trans antar kota, antar provinsi menandakan persiapan pemerintah lewat dinas terkait untuk mempersiapkan diri melayani masyarakat yang hendak bersilaturahmi dengan kerabat di kampung.

perbaikan jalan jalur mudik lebaran

#13 Petasan, gak ada lo gak rame

Meski diharamkan oleh bapak-bapak kepolisian toh, penjual petasan tetep aja bandel jualan barang berbahaya satu ini. Apalagi klo bukan karena permintaannya aja banyak. Gak tua muda, seneng banget beli mercon buat diledakkan. Selain masa ramadhan dan syawal, petasan juga happening pas tahun baru.

penjual petasan menjelang bulang ramadhan

Akhirul kata, Selamat menyambut datangnya bulan ramadhan nggih

iklan ramadhan lucu masjid


gambar ucapan selamat berbuka puasa dari sirup marjan (1), penanda datangnya bulan ramadhan (1), poster islam tentang minggu pertama bulan ramadhan (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda