5 Tips Cari Rumah Baru Yang Berkualitas

Semua orang ingin memiliki huniannya sendiri, baik itu orang yang sudah mapan dan lama bekerja maupun yang baru saja memulai karirnya. Setelah lama menabung untuk membeli rumah, tentunya Anda ingin memilih rumah yang terbaik, baru dan belum pernah dihuni sebelumnya. Jika Anda berpikir demikian, membeli rumah baru langsung dari developer bisa jadi solusi Anda. 

Ini Tips Cari Rumah Baru Berkualitas

Namun, sama halnya dengan membeli rumah melalui agen atau platform properti, membeli properti langsung dari developer juga merupakan hal yang tidak mudah. Banyak hal yang perlu diperhatikan agar proses jual beli ini dapat berjalan dengan lancar. Maka dari itu, berikut merupakan tips cari rumah baru langsung dari developer untuk Anda!

Memanfaatkan Agen Properti

Memilih rumah baru dari developer memang tidaklah mudah. Setiap tahunnya banyak proyek hunian yang luncur dan berkembang, tidak terkecuali di Jakarta. Jika Anda yang tidak memiliki jalur informasi mengenai hal ini, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan agen properti untuk mencari hunian yang tepat untuk Anda.

Dengan menggunakan agen properti, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Hal ini dikarenakan banyak developer yang memasarkan produknya melalui agen properti. Dengan demikian, tidak hanya Anda akan mendapatkan informasi terkini mengenai produk tersebut, namun juga informasi mengenai kisaran harga properti, fasilitas, infrastruktur, dan lainnya di kawasan yang Anda huni atau yang Anda ingin huni.

Memilih Developer yang Bereputasi

Tidak semua pengembang yang berhasil mengembangkan produknya adalah pengembang dengan berpengalaman dan bereputasi tinggi. Banyak pengembang yang bisa saja merupakan perusahaan baru yang belum lama berkarir di bidang ini. Dengan demikian, banyak keraguan yang akan Anda hadapi nantinya dengan produk yang dikembangkannya karena pengembang tersebut belum memiliki kredibilitas. Maka dari itu, Anda harus hati-hati dalam memilih hunian baru.

Jika Anda tertarik dengan rumah dari developer tertentu yang belum memiliki kredibilitas, Anda dapat mencari informasi lebih lanjut mengenai developer tersebut dan proyek yang digarapnya. Bahkan Anda dapat mengecek langsung ke lokasi tempat proyek tersebut dibangun untuk melihat apakah proyek yang mereka bangun sesuai dengan aturan dan hukum, bagaimana legalitas izin pembangunannya, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga dapat bertanya langsung pada konsumen sebelumnya dari developer tersebut.

Lakukan Survey Langsung ke Lokasi Hunian

Sebelum melakukan proses jual beli rumah, ada baiknya jika Anda melakukan survey terlebih dahulu ke lokasi hunian tersebut. Hal ini dikarenakan rumah tersebut akan menjadi tempat tinggal Anda kedepannya. Akan lebih baik jika Anda mengenai informasi sedetail mungkin mengenai hunian tersebut, lingkungan tempat hunian itu berada, apa saja fasilitas yang dapat Anda akses, aksesibilitas dari lokasi hunian, dan masih banyak lagi. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui apakah hunian tersebut benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih Sesuai Kebutuhan dan Jangan Terlalu Banyak Kustomisasi

Memilih rumah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda tidaklah mudah. Maka dari itu, poin sebelumnya merekomendasikan Anda untuk menggunakan agen properti untuk mengetahui informasi terkini seputar hunian sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Ketika Anda telah memilih hunian yang Anda inginkan, pastikan Anda memilih hunian tersebut sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Terutama beberapa developer menawarkan kustomisasi pada fasad dan denah ruangan. 

Jika Anda ingin melakukan kustomisasi, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan arsitek dan desainer. Terlebih lagi kustomisasi mengenai bagian eksterior rumah. Perubahan yang terlalu signifikan dapat membuat rumah Anda nantinya terlihat mencolok dan berbeda dibandingkan dengan tetangga Anda. Maka dari itu, jangan lakukan terlalu banyak kustomisasi pada rumah Anda. 

Tips cari rumah baru ini penting dilakukan agar Anda tidak kecewa dengan hasil kustomisasi Anda jika hasil nyatanya tidak seperti yang Anda harapkan. Terlebih lagi jika Anda melakukan kustomisasi tanpa berkonsultasi terlebih dahulu. Oleh karena itu, pikirkan matang-matang terlebih dahulu apakah kustomisasi tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

Proyeksi Perubahan Rumah di Masa Depan

Membeli rumah bukanlah sekedar membeli sebagai tempat tinggal, namun merupakan sebuah investasi jangka panjang. Besar kemungkinan jika Anda tidak akan tinggal selamanya di rumah tersebut. Maka dari itu, membeli rumah tidak hanya harus memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, namun juga harus berpikir terlebih dahulu proyeksi perubahan yang akan Anda lakukan pada rumah tersebut di masa depan.

Pertanyaan-pertanyaan seperti apakah Anda akan menjualnya di masa depan, bagaimana renovasi yang akan dilakukan di masa depan, penambahan ruangan dan sebagainya perlu Anda pikirkan dengan matang ketika mencari rumah baru. Hal ini dilakukan agar rumah yang Anda pilih tetap memiliki nilai investasi yang tinggi. Maka dari itu, tips cari rumah baru ini penting untuk dilakukan sebelum membeli rumah.

cari rumah baru

Demikian merupakan 5 tips cari rumah baru bagi Anda yang ingin membeli rumah baru langsung dari developer. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, membeli rumah melalui agen properti maupun langsung dari developer tidaklah mudah. Semua membutuhkan perencanaan dan pemikiran yang matang untuk mendapatkan hunian yang diinginkan serta hunian yang nilainya sepadan dengan uang yang Anda keluarkan.

Jika Anda tertarik untuk membeli rumah baru langsung dari developer namun kebingungan untuk memilih hunian yang tepat, Anda dapat segera menghubungi Cari Properti. Terlebih lagi jika Anda sedang mencari rumah di kawasan-kawasan ternama seperti rumah Gading Serpong, BSD, maupun Alam Sutera.

Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan informasi terkini seputar hunian yang Anda inginkan serta kelancaran dalam transaksi jual beli rumah nantinya.

Tunggu apa lagi? Segera hubungi Cari Properti dan dapatkan hunian impian Anda sekarang!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.